Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ide Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang bisa jadi Peluang Usaha


Kreasi memang bisa datangkan uang. Lebih untung lagi bila kreasi itu mampu hasilkan beragam kerajinan tangan yang dibuat dari barang bekas. Dengan manfaatkan barang bekas dalam pembikinannya, karena itu usaha ini akan memerlukan modal yang semakin sedikit daripada memakai bahan yang baru. Disamping itu, memakai barang bekas kurangi sampah, hingga lebih ramah lingkungan. Banyak barang bekas yang bisa dijadikan kerajinan tangan, misalkan botol plastik, koran, kardus, kaleng, kain perca, bekas paket produk, dan lain-lain. Baca artikel di bawah untuk memperoleh ide beragam kerajinan tangan dari barang bekas yang pantas dipasarkan.

Peluang Usaha Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Barang bekas bisa mempunyai nilai ekonomis bila digunakan atau dikreasikan secara baik, karena tidak seluruhnya barang bekas bisa langsung dibuang demikian saja. Ada peluang usaha yang baik bila kamu cermat memakainya.

Selainnya kurangi jumlah sampah yang mencemarkan lingkungan, memproses kembali barang bekas hingga jadi benda yang lain pantas untuk ditawarkan membuat aktor usaha ini bisa untung besar, terutama bila kerajinan tangan mempunyai nilai seni yang tinggi hingga nilai jualnya juga tinggi.

Misalkan saja, potongan kayu papan bekas yang ada di sekitar rumah bisa diproses menjadi lagi rack, meja, bangku atau kerajinan tangan dengan penampilan warna yang elok. Contoh lain ialah botol plastik bekas minuman atau potongan kain yang menimbun di dalam rumah, bisa diproses kembali jadi tempat pensil, tas, dan beragam barang rumah tangga.

Sebetulnya tidak susah untuk mengawali mengawali bisnis daur ulangi barang bekas ini, modal yang diperlukan juga kurang. Yang paling tentukan kesuksesan usaha ini ialah kreasi yang tinggi, dan bukan uang sebagai jadi modal intinya.

Promo dan marketingnya juga gampang, bisa dilaksanakan dengan off-line atau online, ditambah di jaman serba digital saat ini, sosial media, web, dan beragam program bisa digunakan untuk arah ini. Pokoknya, dengan memproses barang bekas jadi barang yang lain berharga ekonomis, kamu bisa jalankan bisnis bermodal kecil tetapi untung besar.

Ide Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Bila kamu tertarik ingin mengawali usaha membuat kerajinan tangan dari beberapa barang yang tidak kepakai kembali tetapi tetap kebingungan, berikut contoh-contoh ide kerajinan tangan dari beragam barang bekas yang bisa kamu untuk jadikan rekomendasi untuk coba berkreatifitas.

1. Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Botol bekas yang telah kedaluwarsa seharusnya tidak boleh dibuang, karena bisa digunakan jadi barang yang lebih bermanfaat. Karena sebagai salah satunya tipe sampah yang terbanyak diketemukan, tidak susah untuk memperoleh botol bekas sebagai material dasar pembikinan kerajinan tangan yang memikat.

Banyak tipe barang yang bisa dibikin berbahan botol bekas. Berikut tiga contoh kerajinan tangan yang bisa dibuat berbahan botol bekas.

  • Pot untuk Tanaman Hias

Botol bekas bisa dikreasikan jadi pot untuk tanaman memiliki ukuran kecil. Untuk membuat, tidak perlu modal banyak, bahkan juga bisa kurang dari Rp50 beberapa ribu saja. Design pot bisa dibikin jadi bermacam-macam, misalkan kepala hewan, watak kartun, dan lain-lain. Diperlukan cutter dan cat akrilik supaya pot tanaman itu kelihatan makin menarik.

Selainnya bisa kurangi sampah, botol bekas dapat dijadikan media penghijauan disekitaran lingkungan kita supaya kelihatan lebih cantik dan asri.

  • Tempat Alat Catat

Botol bekas bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat tempat untuk alat catat. Triknya juga gampang, yakni dengan membolongi botol bekas di bagian atas dan bawah sama ukuran lubang yang bawah semakin besar. Selanjutnya, lapisi botol bekas itu dengan cat warna putih dan sesudah kering bisa dibikin beberapa gambar menarik sesuai dengan selera. Makin bagus gambar pada tempat itu, makin mahal juga nilai jualnya. Bukan mustahil satu kerajinan tangan itu bisa hasilkan untung berulang-kali lipat dari modalnya.

  • Penyangga Pengisi daya Handphone

Ketika akan isi battery handphone tetapi setop contact yang ada terlampau tinggi, jalan keluarnya ialah memakai penyangga pengisi daya yang bisa dibikin dari botol bekas. Langkah membuat juga lumayan gampang, yakni dengan menggunting botol bekas sesuai ukuran handphone yang diharapkan. Selanjutnya, buat lubang sesuai ukuran dan lokasi lubang pengisi daya pada handphone. Baru tempat penyangga itu dihias dengan sangat menarik sampai pantas untuk dipasarkan.

2. Kerajinan Tangan dari Koran dan Majalah Bekas

Koran dan majalah bekas umumnya banyak didiamkan sampai menimbun dan pada akhirnya dipasarkan ke pengepul. Walau sebenarnya barang ini bisa diganti jadi barang yang memikat dan mempunyai nilai ekonomis, misalkan jadi tas, guci, tempat tisu, tempat buah, vas bunga, dompet, keranjang dan ada banyak kembali.

Jalankan bisnis dari daur ulangi majalah atau koran bekas pun tidak memerlukan modal yang banyak, tapi bisa dipasarkan sampai hasilkan keuntungan yang lumayan besar. Harga yang ditetapkan tentu saja disamakan dengan kekhasan dan tingkat kesusahan saat membuat produknya.

Untuk kumpulkan bahan, bisa dilaksanakan dengan minta kontribusi ke beberapa tetangga lingkungan rumah, atau tiba langsung ke pengepul barang bekas. Pembikinan produk bisa dilaksanakan dengan menggulung kertas yang selanjutnya diatur atau disulam, atau bisa dengan membuat jadi lipatan kecil lalu disulam.

3. Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas

Seperti botol bekas, kardus sebagai barang bekas yang gampang diketemukan. Beberapa orang yang jual kardus bekas ke tukang loak supaya mendapatkan uang. Tetapi, dengan sedikit kreasi, kardus bekas bisa hasilkan lebih uang banyak.

Walau sampah kardus ini ramah lingkungan karena bisa tergerai, tetapi tidak ada kelirunya coba membuat kreativitas unik dan tentu saja bisa menambahkan daya nilai dari sampah kardus itu.

Salah satunya kreativitas dari kardus bekas ialah membuat rumah-rumahan atau tempat untuk bermain untuk kucing piaraan. Cukup dengan sedikit modal, yang bahkan juga tidaklah sampai Rp50 ribu untuk beli bahan tambahan, rumah-rumahan ini bisa dibikin plus tambahan bahan berbentuk kain bekas, jarum dan selotip. Bila hasil kerajinan tangan ini bisa dibikin dengan menarik, nilai jualnya bisa capai beberapa ratus ribu rupiah. Disamping itu, kardus bekas bisa dijadikan tempat buku, tempat make-up, miniatur seperti mobil-mobilan dan mainan anak yang lain.

4. Kerajinan Tangan dari Sedotan

Setiap tempat makan tentu kita akan gampang sekali menjumpai sedotan, yang umumnya langsung akan dibuang setelah dipakai. Banyaknya yang banyak dan gampang untuk diproses membuat sedotan bekas menjadi satu diantara bahan terkenal untuk dijadikan kerajinan tangan dan laris di pasar.

Bila kita memakainya dengan inovatif, karena itu sebuah sedotan yang awalannya kelihatan biasa saja bisa menjadi satu kerajinan yang memikat, misalkan untuk membuat hiasan berwujud bunga, kotak pensil, taplak meja, hiasan dinding, frame photo, tas, sandal, kalung, dan lain-lain. Hanya perlu sedikit modal untuk beli kertas krep, lem tembak dan didalamnya, sedotan bisa dibikin jadi beragam kreativitas.

5. Kerajinan Tangan dari Kaleng dan Besi Bekas

Kaleng bekas sering dipandang sampah, karena itu tidaklah aneh bila beberapa orang langsung membuangnya. Walau sebenarnya kaleng bekas masih bisa digunakan jadi beragam jenis kreativitas hiasan atau dekor yang lucu dan unik.

Ada beragam kerajinan tangan yang bisa dibikin dari kaleng bekas, misalkan tempat alat catat, tempat capit rambut, pot tanaman, dan ada banyak yang lain. Banyak juga yang inovatif memproses kaleng bekas jadi miniatur mainan yang unik, lampu hias, sampai jadi kerajinan patung pajangan yang bahkan juga pantas untuk jadi komoditi export.

6. Kerajinan Tangan dari Plastik Paket Bekas

Banyak paket bekas beragam produk, misalkan bekas minuman, makanan ringan, sabun bersihkan, dan lain-lain, yang dibuang demikian saja dan pada akhirnya mencemarkan lingkungan karena tidak bisa tergerai.

Dengan kreativitas yang tinggi, bingkisan itu bisa disihir jadi sebuah kerajinan tangan atau produk yang bisa digunakan kembali dan tentu saja bisa dipasarkan seperti tas, dompet, tempat tisu, tempelan kulkas dan lain-lain.

Selainnya tidak memerlukan modal banyak, barang yang dibuat dari anyaman bingkisan minuman ini mempunyai harga jual yang lumayan tinggi hingga bisa memperoleh keuntungan yang banyak.

Jika kamu berasa kesusahan saat penghimpunan bingkisan sendiri, coba minta kontribusi ke tetangga lingkungan rumah atau tiba langsung ke tengkulak. Bila perlu, beri harga yang sesuai jumlahnya bingkisan yang sudah dihimpun supaya percepat proses penghimpunan bingkisan.

Bingkisan yang sudah terkumpul seharusnya dicuci lebih dulu sama air saja supaya bingkisan bersih dari tersisa bubuk minuman atau detergent. Sesudah kering, bingkisan bisa dikreasikan jadi bermacam-macam.

7. Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Kain perca berbentuk kain bekas yang telah terpenggal kecil tidak teratur, yang umumnya sebagai kain tersisa pembikinan pakaian. Potongan kain ini bisa kita pakai kembali dan dibikin jadi barang yang memikat misalkan tas, sepatu, sprei, sandal, dompet, aksesori, tempat tisu, keset dan ada banyak yang lain yang tentu saja bisa dipasarkan.

Untuk membuatnya, potongan kain dengan beragam jenis pola itu bisa dijahit kembali hingga jadi satu kain baru. Dengan demikian, penampilan produk jadi lebih menarik. Modal yang penting dipersiapkan sedikit, minimal cukup untuk beli peralatan yang diperlukan, seperti mesin jahit, benang, aksesori, dan lain-lain.

Bila kamu serius untuk membuat beragam kreativitas dari kain perca, cari kain perca di sejumlah konveksi sekitaran rumah. Jika pemilik memberi harga per karung kain perca, karena itu tawarlah hingga memperoleh harga terjangkau.

Atur dan membersihkan kain perca dari potongan pola-pola yang tidak teratur atau benang-benang kusut. Gabungkan beberapa jumlah perca dengan dijahit tiap pinggirannya hingga jadi lembar kain baru. Bikinlah skema lebih dulu pada kainnya supaya lebih gampang saat proses pembikinan produk. Kemudian, tambah aksesori supaya produk jadi lebih menarik.

8. Kerajinan Tangan dari Kayu Bekas

Kayu bekas atau yang berwujud palet kayu umumnya gampang diketemukan setiap gudang barang atau pertokoan besar electronic untuk dijadikan alas saat pengiriman barang. Bila palet kayu itu tidak kepakai kembali, tentunya akan dibuang atau dibakar.

Walau sebenarnya, palet kayu bekas bisa diproses menjadi lagi barang gunakan yang mempunyai harga tinggi. Bahkan juga sekarang, beberapa rumah, perkantoran, toko, dan coffee shop atau cafe yang menggunakan beberapa barang industri bekas yang dijadikan mebel. Dimulai dari meja, kursi atau sofa, rack kecil, tempat tidur dan lain-lain.

Modal yang diperlukan memang lumayan besar, karena kamu harus kumpulkan palet kayu bekas dari beragam gudang dan pertokoan, dan tentu saja tidak gratis. Disamping itu, memerlukan peralatan lain seperti cat, paku, gergaji, busa, kain, dan lain-lain. Karena modalnya tidak bisa disebut sedikit, karena itu keuntungan yang didapatkan juga besar, bahkan juga bisa capai beberapa ratus juta sampai milyaran rupiah.

Supaya kamu bisa memperoleh harga palet kayu bekas yang paling murah, lakukan survey lebih dulu di beberapa tempat. Harga juga sedapat mungkin ditawar sampai memperoleh harga yang diharapkan. Bikinlah kreativitas yang unik dari palet kayu itu. Penyelesaiannya harus juga rapi hingga menarik untuk dipasarkan.

9. Kerajinan Tangan dari Ban Bekas

Ban bekas kerap diganti jadi barang baru yang serba unik dan mempunyai nilai manfaat yang tinggi, dimulai dari pot bunga memiliki ukuran besar sampai furniture yang nyaman, seperti bangku malas dan lain-lain.

Untuk membuat jadi lebih nyaman, ban bekas bisa dibalut memakai benang wol dengan warna yang sesuai selera. Kamu bisa memakai kerajinan tangan dari barang bekas ini dalam ruang tidur, ruangan rileks, atau ruangan tamu yang luas.

Ban bekas memanglah tidak gampang untuk didaur ulang lagi karena ukuran besar, tetapi hal ini bisa jadi satu keunggulan. Apabila sedikit yang tertarik untuk memakainya, kompetisi usaha ini tidak begitu ketat.

10. Kerajinan Tangan dari Stik Es Cream

Stik es cream sebetulnya sebagai barang bekas yang bisa digunakan kembali untuk beragam tipe kerajinan tangan yang memikat, unik, dan gampang untuk dikreasikan.

Kelompok stik es cream bisa dibuat jadi frame photo, miniatur menara, museum, rumah, atau miniatur transportasi, yang memiliki peluang untuk datangkan keuntungan.

Ringkasan

Jumlahnya barang bekas yang bisa didapat dengan gratis membuat usaha kerajinan tangan dari barang bekas mempunyai potensi hasilkan untung yang tinggi. Siapa saja yang bisa membuat beberapa bahan itu pasti bisa mengantongi penghasilan dengan memperdalam usaha ini.

Ketrampilan untuk bisa hasilkan kerajinan tangan dari barang bekas ini tidak berarti susah untuk didalami. Tiap orang mempunyai peluang untuk bisa menekuni usaha ini asal rajin, stabil dan berani coba membuat kerajinan dimulai dari yang gampang dibikin lebih dulu. Selamat mempraktikkan!

Posting Komentar untuk " 10 Ide Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang bisa jadi Peluang Usaha"