Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasukan Kartu ATM BRI yang Benar, Anti Penipu

cara memasukan kartu atm bri - Setiap pembukaan rekening baru, nasabah akan diberikan buku tabungan dan juga ATM (sebagian bank tidak). Pengalaman pertama untuk membuka buku rekening memiliki kesan tersendiri. terutama nasabah pemula yang belum pernah membuka rekening dan memasukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM pasti ada rasa takut salah dan lainya. Terlebih masyarakat yang berada di pedesaan. Penulis akan menjelaskan lebih detail mengenai cara memasukkan kartu ATM BRI yang benar, dan beberapa ritual yang dilakukan sebelum memasukkan kartu ATM.

Cara Memasukan Kartu ATM BRI
Cara Memasukan Kartu ATM BRI

Kartu ATM BRI

ATM merupakan sebuah alat pembayaran yang diluncurkan oleh pihak bank untuk mempermudah setiap transaksi para nasabah. Seperti cek saldo, setor tunai, tarik tunai dan transaksi lainya.

Sudah banyak jenis tabungan yang diluncurkan oleh BRI. Setiap jenis tabungan memiliki keunggulan tersendiri, seperti tabungan BRItama warna biru yang memiliki layanan terbaik. Jenis tabungan ini awalnya masuk dalam jaringan MasterCard, namun baru baru ini pihak BRI beralih ke GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional dari dalam negri untuk meminimalisir biaya adminitrasi.

Limit transfer dari tabungan BRItama warna biru hingga Rp50.000.000 perhari untuk transfer sesame BRI.

Persiapan sebelum Memasukan kartu ATM BRI

Seperti anda ketahui selain mobile banking, kartu ATM menjadi kunci transaksi pada tabungan. Nasabah bisa transfer, setor dan tarik uang menggunakan kartu ATM. Oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan aksi pencurian ketika nasabah lengah. Bukan dari pihak bank tidak menjaga keamaan pengguna ATM, namun keteledoran dan ketidak tahuan nasabah sebagai sasaran penipu.

Berhati-hati dalam transaksi menjadi modal pertama yang harus nasabah lakukan. Transaksi lebih mudah menggunakan ATM, sehingga banyak nasabah menyepelekan ketika transaksi. Dibawah ini ritual sebelum memasukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM.

  • Cek terlebih dahulu rekening aktif atau tidak (jika kartu ATM lama tidak dipergunakan). Tanda rekening atau kartu ATM tidak aktif, ketika kartu ATM dimasukkan mesin ATM tiba-tiba tertelan.
  • Harap perhatikan mesin ATM, kartu ATM dan mesin ATM harus satu bank, jika bank BRI maka mesin ATM BRI. Namun untuk bank BRI bisa menggunakan ATM bank lain yang sudah terintregitas dengan LINK.
  • Pastikan anda memasukan kartu pada lobang yang tepat. Pada umumnya lobang kartu berada pada sisi kanan. Jika pada mesin ATM khusus tarik tunai saja, lobang kartu berada di sisi kanan. Lobang berada ditengah pada mesin setor tunai (namun ada mesin setor tunai, lobang kartu berada disebelah kanan).
  • Cek lobang tempat memasukkan kartu, jika ada yang mencurigakan harap pindah ke mesin ATM yang lain. Sudah banyak kasus pembobolan dengan cara menyiasati lobang kartu ATM.
  • Dilarang nasabah melapisi kartu ATM dengan benta apapun, sepertilaminating, kertas atau yang lain ketika memasukkan ke  dalam mesin ATM.
Cara Memasukan Kartu ATM BRI

Cara Memasukan Kartu ATM BRI

  1. Pada saat memasukkan kartu ke dalam mesin ATM, Posisi kartu harus pas.
    1. Tulisan debit BRI dan Logo GPN berada diatas. 
    2. Warna hitam vertikal berada dibawah.
    3. Chip berwarna kuning di letakkan didepan.
  2. Masukkan kartu ATM perlahan (dengan posisi seperti diatas), otomatis mesin akan menelan kartu.
  3. Tidak perlu ditahan ketika mesin menelan kartu.
  4. Sesudah ditelan, mesin akan memproses, tunggu sebenar. Lalu akan muncul menu.
    1. Pilih bahasa
    2. Masukkan PIN
    3. Pilih transaksi apa yang dilakukan.
  5. Setelah melakukan transaksi, otomatis mesin akan memberi pertanyaan, apakah ada transaksi lain, silahkan pilih tidak jika tidak ada, silahkan pilih iya jika ada.
  6. Jika tidak ada transaksi lainya, maka mesin otomatis mengeluarkan kartu ATM secara otomatis.

Salah Memasukan Kartu ATM BRI

Mesin ATM di rancang untuk keamanan dan kenyamanan nasabah ketika menggunakan. Ketika nasabah salah posisi kartu ketika memasukkan kartu ATM, maka mesin otomatis tidak menelan, meskipun di paksa dengan mendorong kartu, mesin tidak akan menelan.

Hal itupun terjadi jika nasabah memasukkan kartu ATM dilain bank. Otomatis mesin tidak akan menelan.

Namun beda Ketika rekening anda terblokir, kartu ATM anda tertelan otomatis dan mesin akan memberi peringatan. Jika mengalami hal tersebut, nasabah harus cepat pergi ke kantor cabang terdekat.

Bukan hanya masalah kartu ATM tertelan masalah kartu ATM hilang atau masalah lainya yang berkaitan dengan bank, penulis merekomendasikan langsung pergi ke kantor cabang terdekat, agar langsung diatasi oleh pihak bank dan prosesnya akan lebih cepat.

Joko
Joko Suka nulis dan Suka kamu

Posting Komentar untuk "Cara Memasukan Kartu ATM BRI yang Benar, Anti Penipu"