Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BISNIS JUAL BELI BUAH BUAHAN


Buah-buahan baik sekali untuk kesehatan karena memiliki kandungan vitamin, mineral, anti oksidan, serat, yang diperlukan badan dan baik untuk system pencernaan dan metabolisme badan. Beberapa orang suka konsumsi buah-buahan fresh, selain rasanya nikmat, nilai nutrisi pada buah-buahan mempunyai beragam faedah untuk badan, dengan konsumsi buah-buahan tiap hari dipercayai bisa jaga kecantikan untuk wanita dan tingkatkan kesehatan badan pria. Hingga tidaklah aneh jika beberapa orang beli buah-buahan untuk dimakan tiap hari sebagai menu makanan sehat. Tidak cuma untuk orang sehat saja, orang yang terbujur sakit juga membutuhkan buah-buahan untuk menolong percepat proses pengobatan. Ini memiliki arti jika buah-buahan menjadi makanan yang harus dimakan dan tentu banyak dicari orang sehari-harinya.

Berdasar realita itu, kita bisa manfaatkan satu kesempatan usaha yang menggiurkan dan dapat anda tekuni. Bermodal yang relative murah, tahan kritis, dan memberi keuntungan yang cukup, anda dapat memperdalam usaha jual buah-buahan fresh. Tetapi saat sebelum anda memilih untuk memperdalam usaha ini, anda sebaiknya perlu pahami beberapa poin utama sekitar karakter dan tehnik penyimpanan buah-buahan, seperti berikut :

Buah-buahan terhitung makanan yang mempunyai karakter gampang berbeda rasa, warna, berbau, struktur, dan lain-lain hingga gampang hancur atau busuk jika salah dalam soal simpan dan mengatasinya.

Buah-buahan yang kelamaan diletakkan akan busuk dan kurang fresh, hingga penting diingat kapan saatnya anda harus beli stok buah supaya sedikit tidak untung

Buah-buahan yang fresh mempunyai beberapa ciri : tidak benyek, wangi sama sesuai wewangian buah itu, dan warna sama sesuai ciri khas buah itu. Contoh jeruk warna orange, pisang warna kuning, apel warna merah, dll

Ada buah-buahan tertentu yang memiliki sifat angin-anginan yang banyak atau dapat diketemukan pada pada musim tertentu saja, misalkan buah durian, rambutan, manggis, duku, cempedak, dll

Beberapa macam buah-buahan akan hasilkan gas ethylene saat dipanen misalkan buah pisang, papaya, mangga, apel, sawo, alpukat, dll. Di satu segi, gas berikut sebetulnya yang membuat buah tipe itu jadi masak, tetapi di lain sisi bisa juga menghancurkan buah-buahan yang lain yang peka pada gas itu. Itu penyebabnya kenapa buah-buahan itu perlu diperam lebih dulu agar masak. Buah tipe ini dikenali dengan istilah buah klimaterik. Sementara buah-buahan tipe non klimaterik, baru bisa dipanen ketika telah betul-betul masak, misalkan semangka, jeruk, nenas, anggur, dll.

Tehnik penyimpanan buah harus juga anda ketahui karena hampir semua buah-buahan benar-benar sensitive dengan temperature udara. Ada buah yang perlu diletakkan dalam almari pendingin atau di lokasi yang sejuk dengan temperatur 3 sampai 7 derajat celcius supaya masih tetap fresh dan ada buah yang dapat diletakkan pada temperatur ruang, berikut sejumlah contoh buah yang perlu diletakkan di almari pendingin supaya bertahan lama:

· Ketimun, belimbing, harus diletakkan pada kondisi kering, dibungkus dalam kantong plastik atau kantong kertas

· Buah apel, pear, plum, strawberry, anggur, cerry yang telah masak seharusnya dibungkus dalam plastic yang dikasih lubang udara

7. Tetapi ada pula buah-buahan yang tak perlu diletakkan dalam almari pendingin (cukup dalam ruang), misalkan :

· Nenas, yaitu dengan menggunting daun yang ada di sisi teratas, selanjutnya tempatkan nenas dengan status kebalik.

· Jeruk dan markisa, dapat diletakkan pada temperatur ruang asal ditempatkan dalam kantong plastic yang dikasih perekat (seperti plastic pada kartu undangan) atau pada kantong kertas.

· Mangga, melon, semangka, alpukat, papaya, jambu, sawo, salak, nangka, dapat diletakkan pada temperatur ruang selama tidak terserang cahaya matahari langsung. Untuk alpukat, jambu, sawo, seharusnya dibuntel dengan kantong kertas.

· Pisang seharusnya digantung karena bila ditempatkan pada meja atau di rack, ada sisi buah pisang yang ketekan kelamaan, dan warna hitam atau gelap dan berasa benyek bila digenggam. Saat beli pisang dari penyuplai cari yang tersisa sedikit warna hijau (tidak boleh kuning semua) supaya bisa diletakkan semakin lama dan masak secara alami.

8. Buah-buahan yang belum masak tidak boleh diletakkan dalam almari pendingin karena perlambat buah jadi masak (masak). Buah-buahan semacam ini seharusnya ditempatkan pada rack buah misalkan mangga, apel, alpukat, dll

9. Check dengan teratur buah-buahan yang diletakkan, bila ada buah yang busuk selekasnya dipisah dan dibuang, karena bakteri pada buah yang busuk bisa mengakibatkan buah lain cepat jadi busuk.

10. Bila anda simpan buah-buahan dalam almari pendingin, menjaga kebersihannya dan selekasnya buang buah yang busuk untuk kurangi berkembang biaknya bakteri pada almari pendingin.

Nach dari rincian di atas, jika anda tertarik ingin memperdalam usaha ini yok, supaya Sukses Usaha Jual Buah-buahan Fresh, berikut :

Mencari lokasi vital yang ramai hilir mudik orang, misalkan di tepi jalan raya, dekat perumahan, perkantoran, sport center, tempat rekreasi, rumah sakit, pasar, dll. Lokasi favorite khususnya disekitaran rumah sakit, argumennya karena customer kerap beli buah-buahan fresh sebagai oleh-oleh (oleh-olehan) saat menjenguk orang yang sakit. Lokasi favorite yang lain disekitaran perkantoran

Kerjakan survei saat sebelum lakukan pembelian buah-buahan dari petani,penyuplai atau pedagang pengumpul di sentral buah-buahan, supaya didapat buah-buahan yang fresh dan berkualitas baik sama sesuai keinginan customer.

Buah-buahan yang anda jual ialah yang terbanyak dicari orang misalnya : jeruk, apel, pear, anggur, pepaya, pisang, belimbing alpukat, mangga, melon, semangka, jambu, sawo, duku, strawberry, nenas, markisa, manggis, durian, rambutan, dll.

Sediakan perlengkapan yang diperlukan seperti rack buah (display), timbangan manual/digital, alat penyimpanan seperti kulkas buah atau freezer, dll

Tehnik pembikinan rack buah perlu jadi perhatian dimulai dari penyeleksian bahan, latar belakang, warna dan tehnik penerangan (lighting), terhitung langkah pengaturan buah pada rack (display) harus pas dan efektif (ergonomis), selainnya akan membuat penampilan buah kelihatan fresh dan menarik, akan mempermudah calon konsumen menyaksikan buah yang hendak dibeli. Anda dapat menambah cermin sebagai latar belakang rack hingga saat buah diatur kelihatan ramai dan menarik.

Tentukan buah dengan ringkat kematangan yang, tidak boleh terlampau masak atau terlampau mentah. Dengan sediakan buah-buahan yang fresh dan cukup kematangannya, toko anda akan laku diserang customer

Membersihkan buah yang anda membeli dari penyuplai dengan sikat atau ijuk, hingga secara penampilan buah kelihatan bersih, tanpa bintik sisa getah, dan berwarna alami.

Sortir buah berdasar ukuran yang hampir serupa, hingga anda dapat jual pada harga yang lain sama sesuai ukuran. Langkah lain, anda juga bisa lakukan sortir berdasar kualitas buah (premium, super atau standar)

Tetapkan nilai jual yang bersaing, relative murah namun tetap berkualitas, hingga customer anda makin bertambah sehari-harinya. Tingkat keuntungan rerata yang dapat anda peroleh sekitaran 30 sampai 40 %.

Jangan sampai jual buah yang telah busuk atau hancur karena konsumen setia yang sedih tidak beli buah datang dari toko anda

Siapkan buah-buahan sebagai tester, dan calon konsumen seharusnya dipersilahkan coba tester buah-buahan itu dengan gratis.

Coba gagasan inovatif, dengan tawarkan parcel buah-buahan ke customer yang beli buah sebagai oleh-oleh (oleh-olehan). Siapkan keranjang buah dari anyaman rotan dengan beragam ukuran, lalu isikan dengan berbagai tipe buah sama sesuai keinginan customer, selanjutnya buntel dengan plastic yang umum dipakai untuk parcel. Dengan membuat parcel buah-buahan, selainnya ringkas, menarik, berkesan berkualitas, dan untuk anda sendiri tentu saja dapat datangkan tambahan keuntungan karena umumnya nilai jual parcel buah-buahan tambah mahal dibanding harga biasa buah-buahan yang dibeli secara unit tanpa paket.

Pasang papan nama berbentuk neon sign/neon box dan banner ukuran besar dengan warna yang memikat perhatian, hingga membuat orang ingin tahu untuk singgah ke toko anda

Pasang papan panduan harga promosi untuk buah-buahan tertentu yang ingin anda beri penawaran potongan harga. Contoh: "Mangga Arum Manis, Harga Ramai Rp. 15.000,-/Kg" (cuma contoh)

Bila anda mempunyai ruang yang relative luas, tidak ada kelirunya anda membuat usaha turunan di lokasi yang serupa yaitu usaha minuman juice buah. Hingga bila customer ingin nikmati langsung juice dari buah-buahan yang dipasarkan dapat anda layani. Di lain sisi, tentu saja ini akan menambahkan pendapatan buat anda.

Bila anda berpikir untuk sewa tempat vital relative mahal dan anda tidak mempunyai dana yang cukup, sementara anda sangat ingin menjalankan bisnis buah-buahan, karena itu anda tak perlu cemas karena jalan keluarnya anda perlu sediakan mobil pick up (bak terbuka) yang diubah untuk bawa dan sebagai rack buah-buahan yang hendak dipasarkan. Mencari lokasi parkir di lokasi yang teduh, vital, dan tidak mengusik arus jalan raya, dan anda juga bisa jualan buah-buahan dengan system mobile (beralih tempat)

Posting Komentar untuk " BISNIS JUAL BELI BUAH BUAHAN"