Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kesempatan Bisnis Peternakan yang Gampang Diperkembangkan dengan Modal Kecil

10 Peluang Bisnis Peternakan yang Mudah Dikembangkan dengan Modal Kecil

Sedikit orang yang ingin menekuni dalam bisnis peternakan, sebuah usaha memiara, membiakkan, dan memperoleh dari hasil hewan ternak.

Akan tetapi, keperluan manusia atas hewan ternak sebagai bahan baku yang mendukung industri kulineran condong makin bertambah. Ini pasti mengakibatkan kesempatan kenaikan omset untuk sang empunya bisnis peternakan.

Kesempatan bisnis peternakan yang bisa diawali bermodal kecil ialah seperti berikut:

Beternak Ayam

Beternak ayam bisa dengan diawali sebidang tanah yang ideal untuk tempat kandang dan tempat ayam cari makan. Akan tetapi, peternak ayam rumahan—baik ayam daerah, ayam petelur, atau ayam potong harus pastikan supaya peternakan kecilnya tidak mengusik tetangga dan sekitar lingkungan.

Beternak Burung Puyuh

Walau tidak sekitar kulineran daging ayam, daging burung puyuh sebagai material dasar yang mulai kerap dicari oleh restaurant-restoran kelas menengah ke atas. Rasanya yang unik membuat kulineran dari daging burung puyuh ini mulai disukai oleh warga, dari sisi telurnya yang pasti sudah lumayan lama disukai.

Beternak Ikan Lele

Beternak ikan lele sebagai salah satunya pilihan bisnis peternakan yang pantas diperhitungkan, ingat terkenalnya makanan hasil olahan lele; satu diantaranya ialah pecel lele yang bisa ditemui nyaris dimanapun.

Kecepatan memetik ikan lele bergantung dari berapa rutinnya ternak itu dikasih makan. Lumayan gampang, kan?

Beternak Bebek

Daging dan telur bebek dicari karena struktur dan rasanya yang unik, berlainan dari daging dan telur ayam. Dalam perawatannya, kandang dan tempat peternakan bebek juga harus dijaga kebersihannya. Disamping itu, faktor penerangan dan pengelompokkan bebek sesuai ukuran penting diingat.

Beternak Kelinci

Walau belum setenar ayam atau bebek, bisnis peternakan kelinci sebagai salah satunya kesempatan yang prospektif omset lumayan besar. Masakan daging kelinci seperti abon, sate, nugget bahkan juga bisa di-export sampai luar negeri.

Selainnya kebersihan dan lokasi kandang, lingkungan peternakan kelinci harus terlepas dari pencemaran udara, baik berbentuk berbau tidak lezat atau asap, dan suara berisik.

Beternak Kambing

Beternak kambing bisa diawali dari memperbesar beberapa ekor kambing di kebun belakang rumah—di lokasi yang tidak mengusik sekitar lingkungan.

Seharusnya kambing digembalakan untuk merumput di padang rumput dan tidak didiamkan berkeliaran di jalanan hingga tidak mengusik aktivitas publik umum.

Beternak Udang

Selainnya dibuat jadi krupuk, terasi, dan rempeyek, udang sebagai salah satunya komoditi khusus di restaurant-restoran makanan laut. Maka dari itu, produsen udang banyak dicari oleh pengusaha-pengusaha kulineran di Indonesia.

Tak perlu dengan buka tambak dengan ukuruan yang cukup besar, Anda dapat lakukan ternak udang memakai kolam terpal di dalam rumah Anda.

Beternak Belut

Belut sebagai komoditi yang sedikit disukai. Kemungkinan memiliki bentuk yang seperti ular dan licin mengakibatkan tidak seluruhnya orang gampang menikmatinya. Tetapi, olahan belut seperti krupuk, keripik, rendang, sate, bahkan juga spaghetti belut mulai dipasarkan di beberapa toko dan rumah makan.

Beternak Jangkrik

Walau bukan kulineran yang biasa di Indonesia, jangkrik diperbudidayakan untuk dipasarkan ke peternak atau pencinta burung kicauan. Sepanjang terbangun kebersihan tempat dan diberi konsumsi makanan dengan teratur, jangrik bisa hidup dalam tempat simpel seperti drum sisa minyak atau ember sisa cat.

Beternak Ikan Hias

Peternak ikan hias mendapat keuntungan dengan memperbesar bibit ikan jadi ikan dewasa yang elok dan mempunyai harga jual tinggi di kelompok fansnya. Keterlibatan teratur dalam pakta atau pameran ikan hias sebagai salah satunya langkah membuat rekanan dan memacu omset di bagian ini.

Ringkasan

Untuk Anda yang tertarik untuk memulai atau berpindah karier ke bisnis peternakan, tidak boleh ragu. Bermodal kecil dan kemauan yang kuat, dan dengan bekal kesabaran menjaga hewan ternak Anda, bisnis peternakan sebagai alternative yang prospektif keuntungan yang cukup.

Bisnis apa saja, terhitung bisnis peternkan membutuhkan proses pengendalian ongkos yang terancang dan harus terkonsep secara baik. Lakukan pembukuan di proses bisnis peternakan yang Anda bangun, dengan demikian semua arus penghasilan dan pengeluaran dapat terlihat dengan detil.

Untuk mempermudah proses pembukuan pada bisnis, Anda dapat coba memakai software akutnansi yang gampang dipakai dan pas untuk banyak tipe usaha. Misalnya ialah seperti Akirate Online.

Akirate Online ialah software akuntansi berbasiskan cloud yang telah dikebangkan semenjak 20 tahun kemarin dan telah dipakai oleh lebih dari 300 ribu pemakai dari beragam tipe bisnis di Indonesia.

Anda bisa juga memakai Akirate Online dengan gratis sepanjang 30 hari lewat link ini.

Posting Komentar untuk "10 Kesempatan Bisnis Peternakan yang Gampang Diperkembangkan dengan Modal Kecil"