Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep dan Taktik Usaha Angkringan Supaya Laku dan Memberikan Keuntungan



Dengar kata angkringan yang tebersit di kepala ialah tempat makan di tepi jalan dengan sajian beragam jenis jajan seperti gorengan dan sate-satean. Disamping itu wedang jahe atau jahe susu menu unggulan dari warung angkringan. Usaha angkringan ini lebih banyak ditemui di wilayah Solo dan sekelilingnya dan Wilayah Spesial Yogyakarta.

Jika dahulu makan atau minum di warung angkringan hanya mereka yang berkantong tipis, orang ndeso yang tak pernah mengenal cafe, atau kaum-kaum tepian yang lain seperti tukang becak tapi saat ini semuanya tidak berlaku kembali.

Angkringan saat ini telah naik tingkat, naik kelas tidak cuma punya golongan marjinal tapi sebagian besar kelompok sukai dengan konsep angkringan. Beberapa hal besar terjadi bermula dari sekadar percakapan di warung angkringan.

Konsep angkringan zaman now tidak lagi sekadar gerobak dengan tenda di trotoar tepian jalan. Angkringan telah berbeda bentuk jadi tempat kongkow exclusive bahkan juga acara politik juga banyak diadakan di cafe angkringan, apa lagi pada musim pilkada seperti sekarang ini. Karena angkringan dipandang seperti lambang merakyat karena itu diharap sanggup menarik semakin banyak warga.

Usaha angkringan sekarang ini mulai dilirik oleh beberapa wiraswasta muda, mereka melirik bisnis ini karena dipandang benar-benar menjanjikan. Bisnis angkringan apakah yang mempunyai potensi dapat raih beberapa keuntungan di periode saat ini.

Ketahui Beberapa hal Sekitar Peluang Usaha Angkringan yang Laku dan Memberikan keuntungan

1. Konsep Usaha Angkringan

Buang pola pikir angkringan ialah warung tenda tepi jalan dengan lampu remang-remang dan makanan murahan. Angkringan saat ini ialah tempat anak muda bahkan juga beberapa politikus terlibat perbincangan.

a. Cafe Angkringan

Bagaimana bila situasi cafe dibawa ke konsep angkringan. Angkringan yang kekinian dengan beragam sarana yang komplet untuk beberapa pengunjung seperti wifi, parkir yang luas, ruang ber-AC, dan sarana-fasilitas cafe kekinian yang lain. Masih tetap dengan menu ciri khas ala-ala angkringan tepi jalan tapi dengan menambah cita-rasa, pengepakan dan langkah penyuguhan yang lebih kekinian.

Dan untuk perlengkapan didalamnya untuk menjaga situasi angkringan pilih mebel dari kayu atau bambu. Janganlah lupa topeles-toples dan beberapa lampu kuno classic dapat terpasang sebagai dekornya.

Menu unggulan angkringan atau di wilayah Solo disebutkan dengan hik ialah wedang jahe dan nasi kucing. Bila di warung hik dan angkringan tepi jalan wedang jahe dihidangkan cukup dengan gelas biasa karena itu di cafe angkringan anda dapat suguhkan dengan cangkir kuno yang umum disebutkan dengan cangkir blirik misalkan.

Begitu juga dengan nasi kucing bukan dihidangkan dengan dibuntel kertas koran dan kertas minyak saja tapi pakai piring blekyang sebagai pasangan cocok untuk cangkir blirik. Melengkapi dengan teko blirik bila customer pesan 1 meja untuk sebagian orang.

Sebetulnya konsep cafe angkringan tidak selalu harus dalam ruangan tapi juga bisa dibikin dengan konsep outdoor atau luar ruang. Atau penyatuan indoor dan outdoor. Namun yang perlu diperhitungkan ialah bila membuat konsep cafe outdoor karena itu pilih lokasi yang tidak begitu dekat pada jalan raya karena secara automatis dengan ruang yang terbuka atau outdoor beberapa suara yang berada di sekelilingnya semakin lebih terang kedengar, bila tempatnya dekat pada jalan raya maka berisik dan kurang nyaman.

b. Konsep Rumah Tua

Bila anda tiba ke kota Solo karena itu anda akan mendapati banyak angkringan kekinian yang memakai beberapa rumah tua warisan Belanda atau rumah kuno punya keluarganya yang umumnya berwujud joglo sebagai tempat membangun usaha angkringan. Dan konsep ini rupanya bagus sekali pengunjung.

Selainnya dapat nikmati sajian ala-ala angkringan mereka bisa juga bernostalgia dengan periode kecil atau sekadar rasakan atmosfer makan di dalam rumah kuno atau rumah tua.

Ini nyaris serupa dengan konsep yang digotong oleh beberapa pebisnis kain batik, di mana mereka jadikan situasi kekunoan untuk memberi pengalaman yang tidak terlewatkan oleh beberapa pengunjungnya. Sukur-sukur anda mempunyai rumah warisan leluhur yang masuk kelompok rumah kuno anda dapat pakai tanpa pikirkan uang kontraknya. Telah hemat di modal awalnya bukan.

2. Jaga Menu Asli Angkringan

Konsep kekinian pada cafe angkringan janganlah sampai buang dan hilangkan keunikan dari angkringan tersebut satu diantaranya ialah tipe menunya. Secara umum makanan yang dipasarkan di angkringan ialah beragam jenis gorengan, bermacam sate, nasi kucing dan bermacam nasi buntel yang lain dengan lauk sayur yang simpel tetapi nikmat misalkan orak-arik, orek tempe, telur dadar.

Keasyikan makan di angkringan ialah nasi pulen dan renyah dibarengi lauk sayur yang sederhana dan dikonsumsi dengan sate-satean sebagai pendamping. Jaga ini dan angkat dalam cafe angkringan kekinian.

Begitu juga dengan menu minumannya, angkringan tidak jual minuman yang aneh-aneh, umumnya selainnya unggulannya wedang jahe ada wedang uwuh, teh, jeruk, kopi dan susu. Cuma sesimpel hanya itu. Kalaulah ingin menambah macam masih tetap pakai tipe minuman barusan sebagai basicnya, misalkan dengan menambahkan tipe kopi, atau juga bisa tambah minuman kesehatan seperti STMJ misalkan.

3. Buat Kenyamanan

Satu perihal yang kemungkinan tidak dapat didapat saat makan di warung angkringan kaki lima atau hik kemungkinan ialah perasaan nyaman. Bagaimana juga dengan situasi warung tenda yang ada di atas trotoar tepi jalan tentulah suara berisik dari mesin kendaraan yang melalui tidak dapat dijauhi.

Disamping itu kebersihannya kemungkinan kurang terbangun, makanan yang sering tidak tertutupi hingga bisa banyak debu yang melekat, lalat, semut atau serangga yang lain. Perihal ini pula yang membuat orang dari kelompok menengah malas tiba dan makan di warung angkringan atau hik tepi jalan.

Tidak ingin tiba tidak berarti tidak tertarik, pakai peluang ini untuk menggandeng mereka yang sebetulnya ingin rasakan dan mencicip nikmatnya sajian minuman dan makanan ciri khas angkringan tapi karena beberapa hal tertentu malas dan malas jika harus ke warung kaki lima.

Angkringan dengan konsep kekinian tapi mengangkat menu tradisionil sebagai ciri-ciri uniknya tentulah akan lumayan menarik untuk mereka kelompok kelas menengah ke atas ini. Dan janganlah lupa kelompok menengah ke atas secara umum berkantong cukup tebal, mereka tidak enggan mengambil kantong untuk dapat makan nikmat.

4. Pilih Lokasi yang Pas

Kunci keberhasilan dari sebuah bisnis atau usaha tidak terlepas dari penyeleksian lokasi yang akurat. Pertama tentu saja pilih lokasi di mana tempat itu sebagai lokasi yang relatif ramai atau kerap dilalui oleh orang.

a. Di Jalan Khusus Atau Lajur Penyambung

Jika memungkinkannya pilih tempat di mana jalan itu sebagai lajur khusus sebuah kota atau lajur penyambung antara 2 kota yang notabene akan kerap disinggahi oleh mereka yang lakukan perjalanan untuk sekedar istirahat melepaskan capek dan menjejal perut. Apa lagi di periode banyak orang lakukan perjalanan luar kota sama dalam saat liburan atau lebaran.

Makin tingginya tingkat mobilisasi orang yang melancong dengan memakai kendaraan individu untuk tempuh jarak yang lumayan jauh karenanya sebagai peluang untuk mengincar pasar. Mereka pasti istirahat dan makan, umumnya mereka akan condong pilih tipe makanan yang sederhana dan tak perlu menanti waktu lama. Seringkali malah mereka cuma akan beli makanan untuk dibawa dan dikonsumsi dalam mobil. Rest tempat menjadi opsi.

b. Di Dekat Pusat Keramaian

Atau juga bisa membangun usaha angkringan di lokasi dekat pusat-pusat keramaian warga seperti pasar, alun-alun kota, sekolahan, pusat perkantoran dan pusat belanja. Banyaknya orang yang ada di sekitaran tempat itu banyak sehari-harinya dan ini menjadi kekuatan pasar yang baik untuk memperkenalkan bisnis makanan punya anda.

c. Di Wilayah Industri

Di wilayah pusat industri di mana banyak pabrik berdiri disitu sebagai lokasi yang paling potensial. Ingat beberapa karyawan pabrik banyaknya lumayan banyak tidak cuma beberapa ratus tetapi beberapa puluh ribu dan ini sebagai market share yang besar. Apa lagi umumnya pabrik mempunyai jam operasional 24 jam sepanjang 7 hari dengan kata lain tidak pernah liburan, jadi dengan membangun bisnis kuliner di dekat pabrik kekuatan lakunya tidak terbatas pada pukul, karena karyawan pabrik selalu perlu makan. Yang perlu tidak boleh jual minuman dan makanan pada harga yang terlampau mahal.

d. Di Wilayah Permukiman Atau Perumahan

Lokasi yang baik yang lain untuk mengawali bisnis angkringan ialah wilayah sekitaran permukiman warga atau di dekat kompleks perumahan. Apa lagi bila di perkotaan di mana mayoritas warganya mempunyai tingkat kegiatan di luar rumah yang tinggi entahlah untuk sekolah, kuliah atau bekerja.

Dengan aktivitas harian yang tinggi di mana orang keluar dari rumah pagi hari dan baru kembali lagi ke rumah sore atau bahkan juga malam hari mambuat mereka bahkan juga tidak sebelumnya sempat mengolah sendiri makanannya. Opsi mereka ialah secara ringkas yakni beli makanan di luar rumah.

Belum juga bila mereka kehadiran tamu di dalam rumah, entahlah itu keluarga, saudara, rekanan kerja atau sekadar kenalan. Orang yang hidup di kompleks perumahan ditambah yang mereka kelompok menengah umumnya untuk melayani tamu-tamunya mereka akan cari penjual makanan yang dekat sama wilayah tempat tinggalnya. Tidak tutup peluang bila dirasakan warung angkringan anda mempunyai lokasi yang nikmat dan membahagiakan ditambahkan menu minuman dan makanan yang sedap karena itu mereka akan ajak tamunya tiba langsung.

5. Langkah Marketing / Taktik Marketing Bisnis Angkringan

Usaha dalam sektor apa saja terhitung usaha angkringan memerlukan marketing atau pemasaran yang maksudnya mambuat orang ketahui anda ada. Bagaimana orang ingin tiba jika mereka tidak paham jika ada tempat makan angkringan yang unik dan membahagiakan. Seperti kata peribahasa tidak mengenal jadi tidak sayang.

Banyak langkah pemasaran dan promo yang efisien yang dapat dilaksanakan supaya angkringan anda dikenali orang tetapi dengan ongkos yang sedikit atau bahkan juga promosi gratis.

a. Gunakan Moment Keramaian Warga

Di kota tempat anda buka angkringan tentu saja kerap ada beberapa acara di mana bisa banyak warga yang tiba ke situ seperti acara pentas musik, karnaval, pasar malam dan semacamnya. Pakai peristiwa ini untuk memperkenalkan angkringan anda.

Langkah yang termudah yakni dengan cetak flyer selanjutnya membagikan dengan gratis ke penggunjung acara itu. Yang anda perlukan hanya ongkos untuk membikin flyer yang sebetulnya dapat anda bikin sendiri dengan mesin printer. Biayanya murah dan cukup efisien sebagai media promo.

b. Turut dalam Bazzar

Saat ini sedang musim sekali EO melangsungkan bazzar di mall-mall, mengapa tidak coba turut jadi pesertanya. Bazzar umumnya akan mengisap perhatian warga hingga dengan tergabung sebagai peserta pada acara ini anda tak perlu repot membuat promo sendiri. Orang akan tiba sendirinya dan memulai mengenali anda.

Bila sepanjang bazzar tidak dapat atau mungkin tidak memungkinkannya tampilkan keseluruhnya menu selengkapnya karena itu cukup siapkan saja beberapa menu sebagai unggulan dan tiap orang yang bertandang ke booth anda langsung bisa ditawari untuk tiba ke angkringan punya anda bila inginkan menu yang lain yang pasti tidak kalah nikmat dan sedap.

c. Menjadikan Customer Sebagai Orang Pemasaran

Sadar atau mungkin tidak sadar di zaman saat ini apa lagi di tengah-tengah dunia digital semua apa saja baik atau jelek akan cepat sekali menebar terhitung segalanya mengenai cafe angkringan punya anda. Yang terbanyak dan umumnya cukup dipercaya oleh seseorang ialah komentar atau referensi dari customer atau orang yang dulu pernah tiba makan ke angkringan anda.

Bila customer ini sekali tiba sedih, karena itu kekesalannya dapat demikian cepat menebar dan itu akan bikin rugi karena seseorang tanpa tiba dan merasainya sendiri akan condong memandang hal jelek itu betul ada.

Demikian sebaliknya, bila kesan-kesan yang mereka peroleh sesudah tiba ke angkringan ialah suatu hal yang bagus karena itu tanpa disuruhpun beberapa customer ini akan merekomendasikannya ke seseorang.

Karena itu upayakan sedapat mungkin tiap customer yang tiba akan pulang dengan masa lalu dan kesan-kesan yang membahagiakan hingga anda dapat manfaatkan mereka sebagai "pegawai' pemasaran. Referensi customer ini ialah langkah pertama membuat branding yang bagus untuk bisnis anda.

d. Beri Komplimen Ke Pelanggan Setia

Seperti telah diterangkan awalnya jika referensi customer apa lagi yang menjadi pelanggan masih tetap sebagai hal yang penting untuk perubahan bisnis. Tapi sebagai bolak-balik supaya pelanggan itu makin berasa senang dan suka berikan komplimen atau hadiah ke mereka. Bentuknya dapat berbentuk voucer makan atau yang lain.

Pelanggan yang berasa diberi service secara baik semacam itu akan makin terus-menerus mempromokan tempat makan punya anda ke seseorang bahkan juga tanpa disuruh. Dan ini akan buka peluang raih pelanggan yang setia lebih banyak.

e. Beri Contoh Produk Secara Gratis

Anda tentu pernah waktu jalan-jalan di pusat belanja atau supermarket mendadak ada orang mendekati untuk memberi contoh produk dengan gratis. Yang terbanyak ditemui ialah produk susu atau camilan dalam paket. Langkah pemasaran ini dapat anda ikuti untuk memperkenalkan beberapa menu dari usaha kuliner angkringan punya anda. Dengan menikmati rasanya bukan mustahil orang akan berminat untuk membeli apa lagi bila dirasakan pas dengan lidah dan hasrat mereka.

f. Gunakan Media Sosial

Siapa sih yang tidak mempunyai dan tidak main media sosial pada jaman saat ini? Nyaris tidak ada. Dimulai dari anak SD sampai orangtua nyaris semua tahu dan memakai sosial media. Keuntungan dari pemakaian sosial media ialah capaiannya yang luas tanpa kita harus berusaha susah payah keluar dari rumah. Gunakan dengan optimal sosial media punya anda untuk memperkenalkan dan pasarkan bisnis angkringan anda.

g. Merajut Kerja sama dengan Layanan Online

Zaman serba ringkas satu diantaranya berpengaruh pada makin bertambahnya keinginan lewat layanan pengiriman online. Di beberapa kota besar yang banyak kemacetan orang condong malas keluar dari rumah atau pergi cuma untuk cari makan jalan keluarnya dengan memakai jasa pengiriman online.

Bersatulah dalam jasa pengiriman online ini hingga produk minuman dan makanan yang dipasarkan di angkringan anda hingga untuk nikmati menu angkringan tidak harus ribet tiba. Langkah ini juga efisien untuk mengantongi customer dan pelanggan lebih banyak tak perlu ribet.

Ringkasan

Begitu pembahasan berkenaan Konsep dan Taktik Usaha Angkringan Supaya Laku dan Memberikan keuntungan. Semoga pembahasan di stas berguna untuk Anda semua. Terima kasih dan mudah-mudahan sukses

Posting Komentar untuk " Konsep dan Taktik Usaha Angkringan Supaya Laku dan Memberikan Keuntungan"