Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Usaha Angkringan Laku Untuk Pemula


Bila dahulu angkringan hanya berada di sekitaran Solo dan Jogja, sekarang kamu bisa secara mudah menemuinya di beberapa kota besar lain. Ya, karena menunya yang simpel dan relatif murah, ketenaran angkringan semakin hari semakin meningkat. Tidak hanya bapak-bapak, bahkan juga sekarang anak muda juga tidak enggan untuk makan atau sekadar kongkow di angkiringan tepi jalan.

Mumpung pecintanya banyak, tidak ada kelirunya kamu gunakan kesempatan kali ini untuk jadi sebuah peluang usaha. Tidak perlu kebingungan masalah modal, untuk dapat membuka angkringan uang 5 juta saja cukup kok buat pemula!

Berikut tips membuka usaha angkringan untuk yang baru memulai bermodal sedang.

1. Pilih lokasi yang sesuai sasaran pasarmu

Contoh, sasaranmu adalah mahasiswa atau pegawai, karena itu bukalah angkringan disekitaran universitas atau daerah kost-kosan. Jika memang tidak ada tempat kosong, kamu dapat buka angkringan di tepi jalan yang dibolehkan untuk berjualan. Agar tidak terkena garuk petugas, pastikanlah kamu telah kantongi ijin usaha, ya!

2. Tentukan konsep angkringan, ingin dibikin simpel atau modern

Jika ingin simpel, kamu perlu mempersiapkan gerobak kayu dengan tutup terpal saja. Contoh masih tetap ada tempat, persiapkan tikar agar dapat digunakan duduk lesehan. Jika ingin dibikin modern, kamu dapat siapkan wifi gratis atau melangsungkan selingan musik akustik tiap minggunya. Memang sich lebih usaha, tetapi langkah ini akan membuat beberapa anak muda tertarik lo!

3. Membeli barang yang hendak digunakan buat membuka angkringan

Jika uang untuk modalmu usaha angkringanmu tidak banyak, mending membeli barang yang diperlukan dahulu, misalkan gerobak, bangku kayu, dan terpal. Beberapa barang seterusnya dapat kamu cicil sedikit-sedikit agar tidak ngoyo. Nah, untuk alat masaknya, gunakan dahulu yang telah kamu punyai di dalam rumah. Kan, semakin hemat tuh.

  • Gerobak angkringan Rp 2.000.000
  • Terpal ukuran lebar Rp 200.000
  • Bangku kayu Rp 120.000
  • Tempat sampah Rp 15.000
  • Nampan dan keranjang Rp 50.000
  • Termos es Rp 80.000
  • Teko Rp 30.000

4. Upayakan ada menu khusus di angkringanmu

Sebetulnya, minuman dan makanan di angkringan sangat bermacam. Tetapi, agar angkringanmu punyai keunikan, coba buat menu khusus misalkan nasi sambel pete.

Atau, jika memang tidak mau mendatangkan menu yang berbeda, kamu dapat membuat makanan dengan rasa yang unik, contoh sambal teri masak lombok ijo. Sebetulnya banyak kok trick-nya, tinggal tentukan saja yang mana betul-betul ciri khas.

5. Masih tetap lihat kebersihannya

Tidak perlu bagus, tetapi upayakan gerobakmu masih tetap bersih dan tidak ada sampah berantakan. Sampah yang bersebaran dapat mengusik kenyamanan pelanggan. Ini dapat membuat mereka berpikiran 2x untuk kembali lagi. Upayakan tempat berjualanmu bebas dari tikus dan kecoa yang kerap berkeliaran di jalanan.

6. Masih tetap kerjakan promo

Ya, kamu dapat membuat account sosial media khusus untuk angkringanmu. Atau, jika tidak mau ribet ya tawarkan saja gunakan account sosial media punyamu. Agar lebih laku, daftarkan angkringanmu di jasa delivery makanan online. Paling penting, buat banner warna ceria agar angkringanmu gampang diketemukan.

Ringkasan

Walau telah banyak angkringan di jalanan, usaha angkirngan ini masih tetap menjanjikan untuk dicoba. Apa lagi jika kamu punyai konsep dan keunikan makanan yang lumayan menarik. Memang perlu usaha semakin besar saat awalnya membuka, tetapi makin lama tentu pelanggan akan ingat dan kerap bertandang ke angkringan punyamu kok. Mudah-mudahan angkringnmu sukses dan ramai, ya!

Posting Komentar untuk " 6 Tips Usaha Angkringan Laku Untuk Pemula"