Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kelebihan Bisnis Sound Sistem dan 3 Taktik Menjalankannya


Bila Anda memahami atau bahkan juga cukup mengusai dengan elektro, karena itu mengawali bisnis sound sistem dapat sekali nih dicoba. Walau sedikit kedengar kuno, tetapi bila diperkirakan secara baik dan memakai taktik bisnis yang betul, usaha ini dapat memberi beberapa pundi keuntungan yang cukup lho!

Bisnis ini termasuk juga salah satunya yang berusia panjang dan kelihatannya tidak pernah mati karena terus akan diperlukan sampai beberapa puluh tahun di depan. Malah makin hari makin bertambah diperlukan. Tertarik coba? Karena itu inilah sangkut-paut bisnis sound sistem di Indonesia yang penting Anda kenali.

Kelebihan Bisnis Sound Sistem di Tanah Air

Bila Anda lihat, nyaris tiap kota dan kapubaten di negeri ini tentu mempunyai usaha sound sistem, bahkan juga sering banyaknya lebih satu, dan lokasinya bukan hanya di perkotaan tetapi juga di desa-desa.

Bukankah Anda ingin tahu kenapa jumlah usaha sound sistem dapat banyak sekali? Apa usaha ini betul-betul benar-benar memberikan keuntungan? Rupanya, dibandingkan beberapa macam usaha lain, jasa sewa sound sistem mempunyai banyak kelebihan seperti berikut:

1. Pangsa Pasar Benar-benar Luas

Jumlah warga Indonesia yang semakin bertambah tiap tahun rupanya bukan hanya punya pengaruh dalam jumlah rumah dan keperluan pangan yang semakin meningkat tetapi juga membuat beragam acara kerap dilaksanakan.

Bila diingat, beragam acara seperti lomba 17 Agustus, acara pesta pernikahan, acara khitanan, pengajian besar, konser musik, senam massal, laga olahraga, panggung seni di sekolah, dan beragam acara selingan yang lain memerlukan pengeras suara tak pernah mangkir diadakan tiap tahunnya.

Bahkan juga pada sebuah bulan dan di satu kota saja, banyaknya dapat beberapa ratus lho! Belum juga bila satu kota teratur melangsungkan pengajian besar tiap minggu dalam jumlah jamaah beberapa ribu karena pembicaranya ialah ustad populer. Karena itu dapat ditegaskan jumlah sound sistem yang diperlukan tidak cuman satu.

Nah, dengan demikian banyak acara yang memerlukan pengeras suara dan dengan intensif yang cukup kerap dan terus-terusan ada selama setahun, karena itu bisa diambil kesimpulan jika usaha sound sistem mempunyai market share sangatlah baik atau luas.

Bukan dari 1 kelompok atau satu lokasi saja, dimulai dari warga kelas bawah, menengah, serta atas, baik di dusun maupun kota selalu memerlukan peralatan ini. Sangat sayang kan bila panfsa sebesar ini dilewati demikian saja?

2. Peluang Tinggi

Harga peralatan sound sistem sendiri terhitung mahal, dan memerlukan tempat dan perawatan khusus supaya peralatan selalu pada keadaan sempurna saat dipakai.

Sekaya apa saja orang yang melangsungkan sebuah acara yang memerlukan sound sistem, kemungkinan kecil orang itu untuk beli sound sistem sendiri. 99% orang semakin lebih memutuskan untuk sewa.

Karenanya, peluang bisnis persewaan sound sistem terhitung tinggi. Pokoknya, Anda tidak susah untuk mendapati beberapa orang yang siap sewa jasa dan perlengkapan Anda, maka janganlah cemas bisnis Anda tidak laris ya.

3. Pas Jadi Side Job

Bila kebenaran Anda mempunyai tugas khusus sebagai pegawai satu perusahaan yang mewajibkan Anda bekerja sesuai jam kantor tetapi ketika yang serupa Anda memerlukan cuan tambahan, karena itu jasa persewaan sound sistem menjadi satu diantara tipe usaha rumahan yang pas untuk dicoba.

Umumnya, banyak orang melangsungkan acara saat akhir minggu, sementara hari kerja pegawai biasanya ialah Senin sampai Jumat atau optimal sampai Sabtu . Maka saat akhir minggu, Anda mempunyai waktu senggang yang dapat digunakan untuk selalu produktif.

Bila misalkan ada acara yang berjalan saat hari kerja juga, Anda masih tetap dapat jalankan bisnis ini karena umumnya tipe usaha ini tidak dapat diatasi oleh seseorang saja, tetapi berbentuk team dalam jumlah 2-5 orang ataupun lebih bergantung acara dan jumlah sound sistem yang dicarter.

Nah, di saat Anda harus masuk kantor tetapi ada yang memerlukan jasa Anda, karena itu pegawai Anda dapat mengatasinya . Maka tugas khusus Anda masih tetap jalan, begitu halnya usaha sambilan Anda.

4. Pegawai Kurang

Usaha sewa sound sistem itu tidak seperti bisnis restaurant atau cafe yang memerlukan banyak pegawai. Maknanya, ongkos operasional berbentuk upah pegawai yang perlu Anda keluarkannya tiap bulan semakin lebih sedikit, dan ini secara automatis akan membuat keuntungan yang Anda kantongi jadi lebih banyak.

Sebagai usaha sound sistem pemula atau baru dibuka, Anda bahkan juga dapat memulainya dengan dua orang saja lho. Bila Anda ingin terjun langsung, karena itu cukup karyakan seseorang saja sebagai pegawai Anda.

Tidak boleh cemas, seiring berjalannya waktu Anda dapat menambahkan jumlah pegawai kok, yakni saat bisnis mulai besar dan jumlah pelanggan Anda telah agak banyak. Bertepatan sama ini, jumlah inventaris Anda bisa juga ditambahkan.

Peralatan / inventaris / alat yang diperlukan untuk usaha sound sistem sendiri umumnya berbentuk loud speaker, power amplifier, crossover aktif, equalizer, audio mixer, microphone dan input audio, compo deck player, dan kabel-kabel dan bermacam connector untuk menghubungkan masing-masing unit.

Taktik Bisnis Sound Sistem

Semua tipe bisnis, dimana saja itu, dan seberapapun nilainya, selalu mempunyai pesaing alias kompetitor. Begitu halnya bisnis sewa sound sistem. Tetapi, kompetitor bukan jadi suatu hal yang perlu ditakutkan dan pada akhirnya justru turunkan semangat untuk mengawali bisnis.

Malah kebalikannya, Anda harus dapat mendapati taktik bisnis yang pas untuk menaklukkan beberapa kompetitor. Misalkan dalam bisnis sewa sound sistem ini, Anda dapat pakai tiga taktik berikut ini:

1. Rajut Kerja sama dengan Faksi Ke-3

Memang betul jika market share bisnis ini benar-benar luas dan peluangnya terbuka nyaris selama setahun. Tetapi, akan cukup menyusahkan bila Anda harus cari satu demi satu orang atau organisasi yang kurang lebih akan melangsungkan acara sekian hari atau minggu di depan.

Nah, karena itu, Anda dapat pakai taktik pintar menggunting lajur. Dibanding cari customer satu demi satu, semakin lebih efisien bila Anda bertandang ke EO dan / atau WO. Tetapi tidak boleh tiba dengan tangan kosong ya, Anda harus membuat proposal yang professional untuk memberikan keyakinan mereka.

Umumnya, EO telah mempunyai client berlangganan, jadi saat musim sepi acara juga, Anda tidak sepi pelanggan karena telah bekerja bersama dengan EO.

2. Pasarkan Potongan harga atau Paket

Salah satunya media promo termurah, cepat, dan gampang di zaman serba tehnologi seperti saat ini ialah internet, persisnya dengan sosial media.

Saat mempromokan bisnis jasa sound sistem secara online, beri penawaran yang menarik ke pelanggan prospektif melalui paket atau potongan harga, khususnya saat usaha Anda pertama kalinya dibuka.

Taktik ini telah banyak dipakai oleh beragam tipe bisnis dan bisa dibuktikan baik menarik banyak customer lho.

3. Beri Layanan Professional

Sebaik apa saja kualitas perlengkapan Anda, atau sekitar apa saja potongan harga yang Anda pasarkan, tetapi bila layanan yang Anda beri tidak baik, karena itu kemungkinan kecil client itu akan memakai jasa Anda kembali.

Karenanya, sejak dari awalnya berikan layanan yang professional, ramah, dan tidak pandang bulu-bulu, baik ke client kecil maupun besar. Sikap professional berikut sebagai kunci beragam tipe bisnis bisa sukses dan berusia panjang.

Bisnis sound sistem pantas diperhitungkan bila kebenaran modal usaha Anda lumayan besar dan telah mempunyai pengetahuan dasar elektro. Tidak boleh cemas dengan kompetitor karena Anda perlu memakai taktik terbaik supaya dapat semakin unggul.

Posting Komentar untuk "4 Kelebihan Bisnis Sound Sistem dan 3 Taktik Menjalankannya"