Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengelola Usaha Konveksi Agar Sukses Raih Untung

Usaha konveksi kerap disama-artikan dengan usaha garmen, walau sebenarnya ke-2 tipe usaha ini berlainan. Pemahaman usaha konveksi sendiri kenyataannya berlainan.

Usaha konveksi ialah usaha yang terhitung barisan kecil-menengah yang sasaran produksinya termasuk fleksibel sesuai keinginan dari pelanggan. Biasanya di bawah 500 potong satu bulan dan cuma disokong belasan sampai beberapa puluh karyawan saja

Berlainan dengan usaha garmen yang berada di pabrik dan mempunyai berton-ton kain dan beberapa ratus pegawai dengan mesin jahitnya semasing. Usaha garmen mampu menghasilkan baju sampai beberapa ribu dalam satu bulan.

Bila kamu tertarik mengawali bisnis konveksi, Lifepal telah mempersiapkan rangkaian infonya. Agar lebih terang, baca secara lengkap yok!

Tips pandai mengawali usaha konveksi

Kita pasti ingin usaha konveksi yang ditempuh bisa semakin berkembang dan memperoleh beberapa keuntungan. Tetapi tidak ada satu juga usaha yang bisa dilaksanakan tanpa alami masalah.

Oleh karena itu, turuti tips berikut supaya usaha yang dirintis bisa berjalan baik.

1. Tetapkan produk konveksi yang hendak dibuat

Pertama kali, tetapkan produk konveksi yang hendak jadi spesialis usaha kita. Misalkan, kita bisa layani pembikinan kaos, polo shirt, jaket, seragam, dan baju muslim.

Tetapi di satu segi, kita konsentrasi menghasilkan jaket sebagai spesialis bisnis konveksi. Karena itu beberapa orang akan mengenali usaha kita sebagai konveksi yang unggul dalam pembikinan jaket.

2. Persiapkan modal usaha

Sesudah ketahui tipe konveksi yang hendak dijalankan, karena itu sekarang persiapkan modal usaha. Tak perlu anggaran yang terlampau besar, karena usaha ini bisa diatur dengan beberapa orang tidak seperti garmen yang mewajibkan kita banyak memiliki karyawan.

3. Siapkan lokasi usaha

Salah satunya aspek khusus dalam tentukan usaha ialah pilih tempat yang akurat. Bila tidak mempunyai modal yang terlampau besar atau mempunyai rumah yang lumayan besar, karena itu usaha konveksi bisa dijalankan di dalam rumah.

Tetapi, bila modal yang dipunyai lumayan besar karena itu kita bisa lakukan sewa ruang di tempat yang lebih strategis.

4. Kerjakan promo pemasaran

Untuk memancing ketertarikan calon pelanggan, buat taktik promo pemasaran yang unik, misalkan manfaatkan sosial media, membagi brosur atau edaran, memasangkan spanduk, dan memberi diskon untuk setiap pelanggan pertama.

5. Fasilitas yang diperlukan

Sesudah kita ikuti beberapa tips di atas, karena itu kita harus mempersiapkan beberapa fasilitas, dimulai dari pengadaaan:

  • Mesin jahit.
  • Mesin obras.
  • Imesin Overdeck.
  • Mesin rantai.
  • Mesin potong.
  • Mesin Steam.
  • Perlengkapan menjahit yang lain.

Perkiraan modal dan keuntungan

Modal yang diperlukan untuk meniti kemungkinan tidak sekecil ongkos yang hendak dikeluarkan saat kita meniti usaha laundry. Untuk memperjelasnya silahkan saksikan perkiraan ongkos yang telah Lifepal persiapkan di bawah ini.

Perkiraan investasi awalnya untuk meniti bisnis konveksi

Hal pertama kali yang harus kita persiapkan ialah modal untuk investasi awalnya, untuk beli mesin, dan peralatan simpatisan yang lain. Berikut rinciannya.


Karena itu, investasi awalan yang harus kita persiapkan ialah Rp37,lima juta. Anggaran yang dikeluarkan sebagai investasi awalnya memang besar, tetapi angka itu bisa semakin bertambah atau menyusut bergantung berapa komplet yang perlengkapan yang kita persiapkan.

Perkiraan ongkos operasional bulanan

Sesudah kita mempersiapkan anggaran untuk investasi awalnya, karena itu kita harus juga mempersiapkan ongkos operasional /bulannya. Berikut perincian yang perlu kita persiapkan.


Karena itu perkiraan ongkos yang perlu kita persiapkan /bulannya untuk usaha konveksi ialah Rp8,35 juta.

Perkiraan keuntungan /bulan

Misalkan, dalam satu hari kita bisa memperoleh omset pemasaran sejumlah Rp1 juta. Karena itu keuntungan yang didapatkan dalam satu bulan seperti berikut.

Maka keuntungan yang hendak didapatkan dalam satu bulan ialah Rp21,650 juta. Karena itu bila keuntungan itu terus didapat secara konstan, dalam waktu 2 bulan kita bisa kembalikan anggaran investasi awalan yang telah dikeluarkan sejumlah Rp37,lima juta.

Beberapa macam masalah yang ditemui di usaha konveksi

Tiap meniti sebuah usaha tentu saja kita akan hadapi beragam tipe masalah. Berikut ialah masalah yang umum dirasakan saat mengelola bisnis konveksi.

1. Dana yang minim

Meniti usaha konveksi memang memerlukan modal yang sedikit. Oleh karena itu dibutuhkan perkiraan modal untuk menjalankannya.

Langkah memperoleh anggaran untuk memenuhi modal bisa dilaksanakan dengan 2 langkah, yang pertama dengan menabung. Langkah semacam ini memang lumayan lama tetapi membuat kita lebih tenang.

Langkah ke-2 yang bisa dilaksanakan dengan ajukan utang modal usaha ke bank. Memang bisa membuat kita memperoleh modal bisa lebih cepat, tetapi kita harus siap dengan ongkos angsuran /bulannya yang perlu kita bayarkan on time.

2. Barang reject atau return

Tiap pemilik usaha konveksi pasti ingin produk yang dijualnya mempunyai kualitas bagus. Tetapi, ada-ada saja produk yang reject atau return, di mana produk gagal lolos quality kontrol. BIasanya pemicu ini terjadi ialah produk yang dibuat pada kondisi hancur atau salah pembuatan.

3. Ada inflasi

Keadaan keuangan negara memang sangat punya pengaruh pada daya beli penduduknya. Karena itu saat negara alami inflasi, daya beli warga akan turun. Karena naiknya harga di semua barang di pasar.

4. Peralihan industri model yang cepat

Peralihan yang semakin cepat pada trend sebuah baju membuat beberapa pemilik usaha konveksi kerap alami rugi karena lambannya masuk pasar sementara ketenaran produk itu telah turun.

Oleh karenanya, tetaplah lakukan penelitian dengan cepat berkenaan produk yang trend di dunia model sekarang ini.

Mengelola bisnis konveksi memanglah tidak selama-lamanya memberi untung yang banyak, oleh karena itu diperlukan keuletan dan kesabaran dalam menjalankannya.

Gunakan tehnologi digital yang berkembang sekarang ini untuk ketahui beragam trend baju supaya dari hasil produk yang kita tawarkan laris di pasar.

Jagalah bisnis konveksi kamu dengan asuransi

Tidak hanya tehnologi, kamu seharusnya manfaatkan asuransi membuat perlindungan keuanganmu. Intinya, kamu bisa beli asuransi properti.

Karena ada faedah asuransi properti yang membuat perlindungan keuanganmu, kamu bisa terbebas dari rugi materi karena kerusakan yang menerpa aset-asetmu.

Contoh rugi materi yang beresiko kamu rasakan, misalkan rugi karena kekeliruan tehnis pada mesin konveksi, ruang usaha yang hancur karena kebanjiran, kehilangan asset usaha karena perampokan, dan sebagainya.

Posting Komentar untuk " Tips Mengelola Usaha Konveksi Agar Sukses Raih Untung"