Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taktik Pemasaran Bisnis Food Truck


Bisnis food truck terakhir terus tumbuh subur di Indonesia, khususnya di beberapa kota besar. Di Indonesia, tren diawali semenjak tahun 2014 sampai 2015 lalu dan semakin berkembang mulai sejak itu. Food truck datang di beberapa moment, menyuguhkan beragam jenis sajian dimulai dari makanan Barat sampai makanan Nusantara. Keuntungan yang didapatkan juga lumayan besar. Dalam suatu moment besar, omset yang didapatkan bahkan juga bisa capai Rp20 juta setiap hari.

Daya magnet bisnis food truck ada dari kelonggaran pemilik bisnis untuk bertandang ke calon pelanggan. Food truck tak terbatas pada satu lokasi tertentu saja serta lebih gampang untuk mencapai semakin banyak customer di tempat yang baru. Anda bisa berkunjung beberapa tempat dengan sasaran pasar yang lain, seperti universitas, perkantoran, sekolah, dan lain-lain.

Namun, sudah pasti ada rintangan tertentu dalam menjalankan bisnis food truck. Meskipun tak perlu keluarkan dana sewa untuk lokasi bisnis, Anda perlu menyempatkan diri untuk mengurusi hal pemberian izin di setiap tempat yang hendak dikunjungi oleh food truck Anda.

Cari lokasi yang pas untuk food truck Anda pun bisa jadi rintangan. Disamping itu, memproses dan mengolah makanan di dapur food truck pasti lebih susah dengan semua keterbatasan dibanding dengan mempersiapkan masakan di dapur restaurant atau cafe.

Cara marketing untuk food truck juga penting, khususnya karena food truck tidak mempunyai tempat ‘mangkal' permanen. Hingga, Anda harus cermat cari langkah supaya pelanggan Anda terus setia pada Anda.Lalu bagaimana taktik marketing yang efisien untuk bisnis food truck? Berikut ialah langkah-langkah yang bisa menjadi perhatian Anda:

1. Modifikasi food truck dengan menarik

Beragam rintangan dalam bisnis food truck bisa Anda tangani dengan taktik pemasaran yang akurat. Beberapa salah satunya bisa Anda baca di artikel ini.

Food truck yang diubah dengan unik dan menarik bisa jadi media promo tertentu untuk bisnis Anda. Persiapkan konsep yang inovatif untuk modifikasi food truck Anda, sesuai menu yang dihidangkan. Penampilan yang tidak biasa akan membuat food truck Anda menjadi lebih gampang dikenang serta lebih mencolok dibanding food truck yang lain.

2. Aktif di sosial media

Food truck tidak mempunyai lokasi yang masih tetap dan condong beralih-pindah lokasi tiap hari. Maka dari itu, food truck Anda harus aktif di sosial media, hingga pelanggan setia Anda bisa memperoleh info lokasi food truck Anda tiap hari. Anda pun bisa menjalankan langkah-langkah marketing yang memikat lewat sosial media food truck Anda.

Disamping itu, video dan foto dari menu yang Anda suguhkan bisa menolong menarik pelanggan baru, sekalian jaga supaya pelanggan lama Anda masih tetap setia pada food truck Anda.

3. Pembahasan positif

Tahukah Anda jika 84% orang memercayai pembahasan online dari sebuah bisnis? Tersebut penyebabnya pembahasan positif dari pelanggan bisa jadi media promo yang efisien untuk bisnis food truck Anda . Maka, beri pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda untuk meminimalisasi timbulnya pembahasan negatif pada bisnis Anda.

Disamping itu, meminta pada pelanggan Anda untuk menyempatkan diri dan memberi pembahasan pada bisnis Anda. Kerjakan ini secara lembut dan tidak memaksakan, ya.

4. Promosi dan potongan harga

Promosi dan potongan harga biasanya efisien menarik pelanggan baru untuk coba hidangan yang dipasarkan food truck Anda. Supaya promosi dan potongan harga lebih efisien, Anda harus fleksibel mempersiapkan promosi dan potongan harga yang sesuai lokasi food truck Anda tiap hari. Misalkan, potongan harga khusus untuk siswa saat food truck ada di tempat sekitaran sekolah dan yang lain.

5. Contoh Makanan

Menu food truck Anda ialah media promo terbaik untuk Anda . Maka, tidak ada kelirunya mempersiapkan contoh makanan gratis pada calon pelanggan di food truck Anda. Jika menu Anda memang sedap, Anda tidak akan kesusahan menarik pelanggan baru.

Ringkasan

Menjalankan bisnis food truck memang penuh rintangan. Menurut Ketua Federasi Food Truck Indonesia (AFTI), Joko Waluyo, 20-30 % pebisnis food truck umumnya akan luruh dibanding dua bulan awal operasional bisnis mereka. Tetapi jika Anda sukses mendapati pelanggan setia dan tidak mengenal berserah hadapi beragam rintangan saat menjalankan bisnis food truck, bisnis ini berkesempatan memberi keuntungan dan kepuasan batin untuk Anda.

Posting Komentar untuk " Taktik Pemasaran Bisnis Food Truck"