Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Bisa Sukses dengan Lakukan 10 Tips Tepat Ini


Bisnis jual beli mobil bekas telah makin ramai di Indonesia. Ini bisa kita saksikan dari jumlahnya iklan mobil bekas yang bisa kita dapatkan di beberapa situs marketplace otomotif seperti; Mobil123, Carmudi, Rajamobil, MobilBekas, dan beberapa situs yang lain.

Peluang usaha yang ini banyak dijalankan pelaku bisnis kecil atau besar karena banyak keinginan dari warga Indonesia, dan keuntungan yang bisa didapat dari bisnis jual beli mobil bekasa ini cukup menjanjikan lho.

Kenapa keinginan mobil bekas di Indonesia lumayan tinggi? Harga mobil seken yang condong tambah murah daripada mobil baru ialah argumen khusus kenapa keinginan akan mobil bekas lumayan tinggi di Indonesia.

Yakin atau mungkin tidak, keinginan customer untuk beli mobil bekas dari tahun ke tahun alami kenaikan. Ini karena makin tingginya nilai jual mobil baru. Keinginan yang tinggi itu buka peluang untuk aktor bisnis jual beli untuk buka usaha di bagian showroom mobil bekas.

Tips Mengawali Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Mengawali bisnis jual beli mobil bekas tidak langsung dilaksanakan tanpa pemikiran. Bisnis bermodal yang besar ini perlu memerhatikan beberapa poin utama supaya sukses. Anda perlu ketahui beberapa tips berikut untuk mengawali bisnis juali beli mobil bekas supaya tidak alami rugi.

1. Mempunyai Tempat Pemasaran/ Showroom Mobil Bekas

Jual kendaraan seperti mobil, tentu saja Anda memerlukan tempat untuk memperlihatkan produk yang Anda jual. Hal yang perlu diperhitungkan untuk cari tempat atau showroom mobil ialah luasan atau daya tampung.

Anda tak perlu jual banyak mobil, sekurang-kurangnya Anda bisa memperlihatkan minimum 5 tipe mobil pada sebuah showroom dengan tipe berlainan. Lokasi showroom harus strategis dan di tepi jalan besar supaya gampang disaksikan oleh seseorang.

Anda tak perlu beli show room, Anda bisa sewa bangunan di tepi jalan lebih dulu. Bersamaan berjalannya bisnis Anda, Anda bisa beli showroom itu.

2. Tidak boleh Beli Mobil Bekas dari Makelar

Selainnya lokasi pemasaran, Anda pasti memerlukan barang yang hendak dipasarkan, dalam masalah ini ialah mobil bekas. Seharusnya menghindar untuk beli mobil bekas dari makelar mobil karena Anda akan memperoleh harga semakin tinggi dari yang semestinya Anda peroleh dari pemilik mobil asli.

Ini akan membuat keuntungan yang Anda peroleh makin kurang. Beli mobil bekas lewat makelar dikhawatir tidak ada agunan pada keadaan mobil bekas. Bila Anda beli dari pemilik aslinya, karena itu Anda bisa lakukan pengujian langsung pada keadaan mobil.

Upayakan untuk jual mobil yang berkualitas walau bekas. Bila Anda berasa kesusahan memperoleh mobil bekas, Anda bisa ketempat lelang mobil bekas yang umumnya datang dari pemilik yang credit macet.

3. Lihat Persyaratan Mobil Bekas yang Dipasarkan

Untuk beli mobil bekas yang hendak dipasarkan kembali perlu menimbang banyak hal supaya gampang terjual, diantaranya seperti berikut:

  • Tipe mobil yang terbanyak disukai warga (contoh: Honda Jazz, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan lain-lain).
  • Mobil keluaran optimal 5 tahun akhir semakin banyak disukai dibanding mobil bekas keluaran lama. Mobil keluaran terkini selalu mempunyai nilai yang semakin tinggi dibanding mobil lama.
  • Mobil harus memiliki sifat legal, dalam pengertian mempunyai kelengkapan beberapa surat kendaraan seperti STNK dan BPKB. Mobil yang tidak mempunyai identitas akan susah untuk terjual, jauhi jual mobil bekas yang tidak punyai beberapa surat.

4. Survey Harga Mobil Bekas

Seharusnya bila Anda ingin beli mobil bekas yang hendak dipasarkan kembali, kerjakan survei harga lebih dulu supaya terbebas dari penipuan. Contoh saja Anda memperoleh mobil bekas dengan harga Rp120 juta, tetapi rupanya harga pasarnya cuma Rp110 juta pasti Anda akan alami rugi yang besar.

Analisis harga jual di pasar penting untuk jaga kualitas showroom Anda, apa terlampau mahal atau terlampau murah juga tidak baik.

5. Tingkatkan Harga Jual dengan Pembaruan Simpel

Anda bisa tingkatkan nilai jual mobil bekas yang Anda beli dengan sedikit lakukan pembaruan. Bila bodi mobil ada yang lecet, Anda bisa lakukan sedikit pengecatan supaya bodi mobil terlihat mulus.

Tunjukkan mobil bekas Anda pada kondisi bersih dan sebagus-baiknya untuk memancing ketertarikan customer. Selainnya dari bodi, Anda bisa membenahi beberapa mesin mobil yang dipandang memiliki masalah.

Dalam masalah ini Anda memerlukan tenaga kerja yang kuasai mesin mobil agar Anda bisa tawarkan mobil bekas tetapi dengan peforma sama seperti yang diharap customer.

6. Membuat Rekanan Bisnis dengan Faksi Lain

Untuk mengawali sebuah bisnis, rekanan jadi factor yang penting. Bisnis yang sehat seharusnya tidak dilaksanakan perorangan. Contoh untuk mengawali bisnis jual beli mobil bekas tentu saja Anda memerlukan modal uang yang besar dan lokasi pemasaran.

Dengan lakukan kerja sama dengan rekanan, Anda bsia manfaatkan hal itu untuk cari sumber kontribusi baik dan atau persewaan lokasi.

7. Selalu Patuhi Hukum yang Berlaku di Indonesia

Semua tipe bisnis tentu punyai ketentuan dan hukum yang memayungi supaya seluruh pihak yang berkaitan dalam transaksi jual beli mobil bekas tidak ada yang dirugikan. Maka dari itu, yakinkan Anda selalu ikuti ketentuan bisnis jual beli mobil dan runduk pada hukum yang berjalan.

Pelanggaran ketentuan dan hukum dalam bisnis jual beli mobil bekas bisa berpengaruh besar untuk keseluruhnya bisnis Anda. Satu laporan customer yang berasa dirugikan yang selanjutnya menyebar akan membuat nama baik bisnis mobil bekas Anda jadi hancur. Dan hal terjelek yang bisa terjadi ialah Anda bisa bermasalah dengan faksi berwajib.

Ringkasan

Tersebut beberapa kiat sukses yang bisa Anda coba untuk mengawali bisnis jual beli mobil bekas. Walau kelihatan memerlukan modal yang besar, tetapi keuntungan yang bisa Anda peroleh dari pemasaran satu mobil saja bisa benar-benar berarti. Selamat mempraktikkan!

Posting Komentar untuk " Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Bisa Sukses dengan Lakukan 10 Tips Tepat Ini"