Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Sukses Bisnis Franchise Untuk Pemula


Wiraswasta ialah salah satu pekerjaan yang paling disukai warga Indonesia. Ini dibuktikan dengan makin ramainya usaha bisnis seperti franchise. Bisnis franchise ini bisa dijadikan sumber penghasilan khusus, atau penghasilan sambilan seperti bisnis franchise yang banyak ditekuni kelompok selebritis. Lalu, Apa Itu franchise?

Franchise ialah bisnis yang termasuk oke dan bisa dijalankan bermodal kurang. Tetapi, sudah pasti disamakan dengan tipe franchise yang hendak diputuskan. Meski begitu, bisnis franchise mempunyai peluang untung dan rugi yang serupa dengan tipe usaha yang lain. Karena itu untuk pemula yang merencanakan buka bisnis franchise seharusnya ketahui rules apa yang perlu dimengerti dalam bisnis ini.

Saat sebelum kami menerangkan mengenai apa tips sukses bisnis franchise, berikut ini kami akan menerangkan lebih dulu mengenai makna franchise.

Mengenali Apa Itu Bisnis Franchise

Pada umumnya franchise ialah usaha untuk ikut serta menjalankan bisnis yang sudah mempunyai merek yang kuat dan populer.

Di Indonesia franchise juga dikenal dengan istilah waralaba. Dalam bisnis franchise ada istilah-istilah umum, misalnya :

1. Pemberi Waralaba (Franchisor)

Sebagai perorangan atau tubuh usaha yang memberikan hak ke orang lain untuk manfaatkan merek dan atau alat/material yang ada hubungannya dengan merek itu.

2. Yang menerima Waralaba (Franchisee)

Sebagai faksi yang terima hak dan faedah dari merek itu.

3. Ongkos Waralaba (Franchise Fee)

Sebagai ongkos yang dibutuhkan untuk memulai usaha waralaba (tertera dalam surat kontrak), salah satunya ongkos lisensi untuk memakai merek dan ongkos royalti.

Keuntungan Dalam Menjalankan Bisnis Franchise

1.Bisnis franchise secara umum disokong oleh pelatihan (training) dan diskusi langsung pada franchisor jikamana ada kesusahan saat menjalankan bisnis.

2. Bisnis franchise mempunyai konsep bisnis yang terang hingga franchisee tinggal mengikuti konsep khusus.

3. Memakai sistem yang dipercayai bisa menolong kontrol bisnis.

Kekurangan Dalam Menjalankan Bisnis Franchise

1. Bila Anda tidak berhati-hati ketika menentukan franchise dan telanjur menyerahkan ongkos dengan jumlah yang besar bisa mengakibatkan gulung alas.

2. Beberapa franchisor sudah memutuskan keuntungan untuk hasil. Tetapi, seringkali franchisor tidak bertanggung-jawab saat franchisee mendapatkan kesusahan dalam menjalankan bisnis.

3. Jika franchise khusus hadapi permasalahan, karena itu langsung akan memberi imbas negatif ke franchise yang lain.

Jika Anda merencanakan buka bisnis franchise tetapi belum mempunyai ide tipe franchise apa yang hendak diputuskan, berikut ini ada contoh-contoh franchise di Indonesia yang terkenal dan hasilkan keuntungan yang besar, misalkan :

  • Franchise Makanan

Makanan yang biasa dalam bisnis feanchise seperti ayam goreng krispi, ayam keprek, bakso, dan lain-lain.

  • Franchise Minuman

Francihe minuman tipe bubble dan boba dan franchise kopi terhitung franchise terlaku dan banyak memiliki pecinta.

Tips Sukses Bisnis Franchise

Nah, jika Anda sudah mengetahui franchise tipe apa yang hendak dijalankan, karena itu untuk cara seterusnya Anda harus ketahui tips supaya bisnis yang Anda sukses dan populer.

1.Tetapkan Sistem Marketing yang Pas

Franchise ialah satu bisnis yang memerlukan sistem marketing yang akurat. Sebaiknya lakukan eksperimen pada sistem marketing, seperti memakai digital pemasaran atau edaran, saat sebelum betul-betul menjalankan bisnis franchise supaya tidak ada rugi di periode kedepan.

Selainnya pilih sistem marketing, bisnis franchise yang hendak dijalankan harus juga disamakan dengan tekad kemampuan dari franchisee. Walau beberapa tawarkan training saat sebelum mengawali bisnis, tetapi kemauan kuat untuk belajar dan up-grade mengenai pengetahuan bisnis adalah modal dasar mengawali bisnis franchise.

2.Tentukan Gagasan Bisnis dan Goal

Saat sebelum menjalankan bisnis franchise seharusnya tentukan lebih dulu gagasan bisnis Anda, terhitung masalah bujet keuangan. Dalam gagasan bisnis harus tercantum angka riel dari beberapa biaya yang hendak dikeluarkan. Oleh karenanya, saat sebelum membuat gagasan bisnis terhitung bujet keuangan karena itu perlu dilaksanakan praktik langsung atau mungkin dengan diskusi dengan rekanan bisnis.

Walau bisnis franchise ialah bisnis turunan yang pasti akan ikuti keunikan franchise khusus, tetapi tidak ada kelirunya untuk melakukan modifikasi sistem yang ada. Kerjakan beberapa eksperimen bila dipandang perlu untuk capai goal bisnis Anda.

3.Berikan Konsentrasi Pada Marketing dan Layanan Customer

Marketing lewat media sosial sebagai salah satunya cara pas untuk memperoleh tanggapan cepat dari customer. Karena itu bikinlah design produk menarik sebagai trick jual produk Anda. Dan layanilah komsumen semestinya raja, maknanya jikamana ada pertanyaan sekitar produk atau bahkan juga protes dari customer, seharusnya disikapi secara ramah dan arif. Agar berkompetisi dengan pesaing, berilah potongan harga atau voucer ke customer sebagai apreasiasi sudah beli produk atau daya pikat buat beli produk Anda.

4.Kerjakan Pengamatan Pasar

Franchise ialah bisnis yang memberikan keuntungan walau banyak pesaing. Jikamana sistem bisnis yang kita lakukan tidak disamakan dengan keadaan dan ketertarikan berbelanja warga yang mudah berbeda, pasti bisnis kita tidak laris di pasar. Seharusnya lakukan pengamatan untuk mengawasi, perbedaan bahkan juga penilaian pada beberapa pesaing disekitaran Anda.

5.Harus Punyai Kantor Off-line

Franchisee harus mempunyai kantor off-line. Rumah individu atau ruangan kerja bisa digunakan sebagai kantor off-line sebagai bukti integritas profesionalitas dalam menjalankan bisnis franchise. Adapun faedah dari kantor off-line ini untuk mempermudah dan memaksimalkan koordinir dalam team, khususnya saat dibutuhkan penilaian kerja.

Ringkasan

Begitu keterangan kami berkenaan pemahaman franchise dan beberapa tips sukses menjalankan bisnis franchise. Oh ya, dalam mengelola bisnis berbasiskan franchise nanti Anda pun akan memerlukan beragam jenis saluran marketing untuk menarik banyak pelanggan.

Posting Komentar untuk " 5 Tips Sukses Bisnis Franchise Untuk Pemula"