Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Langkah Mengawali Bisnis Kopi Untuk Pemula, Kepoin Yok!


Sekarang ini, makin banyak muncul warung atau cafe yang sediakan beragam jenis kopi. Seperti jamur pada musim penghujan, beberapa orang bahkan juga kebingungan ingin kongkow di warung kopi mana. Ini karena kopi sudah menjadi satu diantara minuman terpopuler di Indonesia dari dahulu.

Minuman kopi tidak mengenali kelompok, baik itu kelas bawah atau kelas tinggi. Karena itu, banyak pebisnis di Indonesia yang coba buka kedai-kedai kopi, yang punyai peluang bisnis besar dan menjanjikan.

Walau demikian, semua bergantung dari langkah pengendaliannya. Jika pengendalian dan managementnya baik, karena itu dapat ditegaskan akan memperoleh keuntungan. Tetapi jika jelek, maka memperoleh hasil yang kurang memberikan kepuasan. Apa lagi harus berkompetisi dengan warung kopi yang lain.

Jika kamu memang menyenangi kopi dan memahami sangkut-paut kopi, tidak ada kelirunya kamu coba menjalankan bisnis dengan buka warung kopi atau cafe. Karena, pasti ada-ada saja mendatang untuk nikmati kopi kamu.

Rupanya, buka usaha warung kopi rupanya tidak segampang mengubah telapak tangan. Apa lagi kamu masih termasuk pemula. Kamu harus sanggup berkompetisi dengan kedai-kedai kopi yang lain yang telah ada lebih dulu.

Lalu, apa saja langkah mengawali bisnis warung kopi untuk yang pemula? Yok baca penuturannya.

1. Yakinkan modal memenuhi

Hal yang paling penting saat kamu ingin mengawali bisnis apa saja ialah memiliki modal. Modal adalah poin utama yang perlu dipikir saat sebelum mengawali bisnis. Tanpa modal, kamu tidak bisa mengawali satu bisnis.

Untuk bisnis warung kopi, kamu dapat memulainya dengan Rp1 juta saja. Tetapi, hal tersebut bergantung dari keperluan apa saat kamu ingin buka warung kopi.

Satu perihal yang perlu kamu lihat, bisnis kopi ini sebetulnya cuma perlu kopi dan air panas saja. Jika awalnya kamu sulit memiliki tempat, karena itu kamu dapat memakai alat racik manual yang simpel. Hingga, bermodal Rp1 juta saja bisa mengawali bisnis kopi.

Sebaiknya kamu mengawali dengan warung kopi yang simpel dan jangan sampai paksa untuk membikin warung kopi yang eksklusif. Bagaimana juga, kamu harus menyaksikan bagaimana kekuatan keuangan kamu. Tapi, jika kamu memiliki modal yang lumayan banyak, boleh-boleh saja kamu membuat warung kopi semegah kemungkinan sesuai dengan selera kamu.

2. Konsep bisnis

Saat kamu mengawali bisnis, karena itu kamu harus sulit pikirkan idenya secara matang. Hingga, kamu tidak sembarangan dan asal-asalan saja buka bisnis warung kopi. Ini karena kompetisi warung kopi demikian ketat. Jika kamu tidak memiliki konsep yang kuat, karena itu warung kopi yang kamu bangun akan jatuh.

Karena itu, bikinlah konsep yang dapat menolong menarik banyak customer. Yang perlu kamu lihat, konsep yang kamu pakai dalam buka warung kopi akan punya pengaruh pada perubahan bisnis. Misalkan, kamu mengangkat konsep modern tetapi simpel, karena itu menu kopi yang disiapkan harus juga sesuai konsep yang dibuat.

Atau kamu ingin memakai konsep yang memprioritaskan tradisi dan budaya wilayah, karena itu semua harus betul-betul memakai situasi tradisi wilayah. Dengan demikian, apa saja konsep yang kamu pakai, karena itu kamu harus tetap memprioritaskan kenyamanan. Karena, banyak orang ingin nikmati kopi di cafe atau warung saat santai dan situasi yang nyaman.

3. Lokasi bisnis

Lokasi benar-benar tentukan bisnis yang kamu lalui. Jika kamu pilih lokasi di lingkungan yang ramai, karena itu warung kopi kamu akan ramai. Kebalikannya, jika kamu pilih lokasi yang sepi, maka sepi juga. Tetapi, semuanya bergantung dari konsep yang kamu bikin awalnya.

Sebaiknya kamu sasar lokasi yang bersisihan dengan pusat-pusat keramaian seperti perkantoran, mal, sekolahan, universitas dan yang lain. Janganlah lupa upayakan untuk membikin berbeda design warung kopi yang hendak kamu bangun.

4. Promo bisnis

Bila kamu pemula dalam bisnis apa saja terhitung kopi, Promo dan taktik pemasaran ialah hal yang penting dalam menjalankan bisnis. Karena, untuk mengenalkan bisnis kamu ke warga, kamu harus dapat mempromokan usaha kamu.

Untuk mempromokan bisnis kamu dapat dengan beragam langkah. Triknya dapat dari mulut ke dalam mulut, membuat ulasan warung kopi kamu sampai manfaatkan media sosial. Janganlah lupa berikan potongan harga untuk beberapa momen tertentu.

Selainnya promo bisnis, kamu harus juga dapat untuk selalu bereksperimen, untuk menjaga keberadaan warung kopi dan meningkatkan bisnis kamu. Karena, kompetisi warung kopi sekarang ini ketat sekali. Jika kamu terlambat mengambil langkah, karena itu kami akan makin ketinggalan.

5. Tentukan sasaran customer

Sasaran customer seperti apakah mendatang ke warung kopi kamu juga penting dan harus kamu lihat. Saat sebelum mengawali bisnis, kamu harus pikirkan dan tentukan lebih dulu siapa sasaran yang pas untuk bisnis warung kopi kamu. Apa customer kamu cuma untuk kelompok pemuda, mahasiswa, orang dewasa, warga kelas bawah, kelas menengah, kelas tinggi, kombinasi, dan sebagainya.

Sesudah tentukan sasaran customer, kamu harus juga mulai menganalisanya, berapakah harga yang patut kamu pasarkan untuk kopi-kopi yang dipasarkan, berapakah pendapatannya, apa opini mereka mengenai cita-rasa kopi, apa tugas mereka, dan bagaimana konsep warung kopi kamu.

Pahami customer secara baik dan tentukan sasarannya, bermakna kamu dapat tentukan taktik yang pas seperti lokasi bisnis, design coffee shop yang pas, harga yang cocok, dan lain-lain.

6. Dapatkan supplier yang pas

Kamu harus juga pintar-pintar cari supplier yang pas untuk warung kopi kamu. Karena, Misalkan, kamu tentukan sasaran customer kamu ialah kelas menengah ke bawah. Bermakna kamu dapat cari supplier secara mudah di pasar.

Tetapi, bila sasaran customer kamu ialah kelas menengah ke atas yang lebih mengutamakan cita-rasa dibanding harga, karena itu kamu harus cari supplier kopi dengan kualitas yang bagus, dan kurang cukup dengan kopi bubuk instant yang dipasarkan di pasar saja. Karenanya, cari supplier kopi yang dapat memberi kualitas baik pada harga yang pas, dan tentunya dapat dipercayai dan dibawa kerja-sama.

Penutup

Nah tersebut beberapa tips mengawali bisnis kopi buat pemula. Pastikanlah kamu harus juga sanggup mengelola keuangan yang masuk dan keluar supaya aliran kas perusahaan kamu berjalan baik.

Posting Komentar untuk " 6 Langkah Mengawali Bisnis Kopi Untuk Pemula, Kepoin Yok!"