Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Seblak, Modal Sedikit Untung Tidak Kaleng-Kaleng!


Usaha seblak sebagai salah satunya ide bisnis yang memberikan keuntungan!

Siapakah yang tidak mengenal dengan jajan satu ini? Rasanya yang gurih dan pedas, membuat kuliner ciri khas Jawa Barat ini hampir tak pernah sepi pecinta. Terutamanya untuk beberapa pencinta makanan pedas, golongan milenial, dan gen z!

Walau hadirnya telah ada sejak mulai beberapa tahun ke belakang, reputasi jajan ini dapat disebutkan tak pernah kering, malah benar-benar konstan! Bermacam pengembangan dan keringanan akses tehnologi ikut memberikan dukungan konsistensi reputasi seblak. Ini menjadi satu diantara factor simpatisan usaha seblak tumbuh subur di mana saja!

Tidak memerlukan modal yang banyak, ide usaha seblak bisa Anda mewujudkan bermodal di bawah Rp5 juta saja!

Berminat untuk coba? Baca info secara lengkap di artikel di bawah!

Langkah Mengawali Usaha Seblak

Saat sebelum kita masuk ke ulasan perkiraan modal, sebaiknya kita ketahui lebih dulu bagaimanakah cara mengawali usaha seblak yang akurat. Langkah ini sekalian jadi tips baik supaya usaha seblak Anda tetap berkembang dan bertahan!

Tentukan Modal

Tentu saja kita sudah mengetahui bila modal ialah ujung tombak satu usaha. Oleh karena itu, hal pertama kali yang perlu Anda persiapkan yakni tentukan modal. Karena usaha ini tidak membutuhkan modal banyak, Anda bisa menetapkan modal sejumlah Rp5 Juta. Untuk perkiraan dan perincian alat atau bahan yang dibutuhkan akan diulas pada bagian seterusnya.

Memakai Bahan Baku Opsi

Walau termasuk murah dan gampang, yakinkan selalu untuk memakai bahan baku pembikinan seblak yang fresh dan berkualitas. Ini dilaksanakan supaya cita-rasa masakan selalu terlindungi. Tentu saja Anda tidak mau beberapa konsumen cuma tiba sekali, kan?

Untuk bahan baku yang dibutuhkan salah satunya yakni: krupuk seblak warna oren atau beragam warna dengan bermacam wujud, kencur, bawang putih, cabe rawit, bumbu penyedap, telur, minyak goreng, dan sedikit gula. Ada juga topping seblak yang kerap dipakai yakni bakso, sosis, kwetiaw, tulang ayam.

Tentukan Lokasi yang Vital

Seblak banyak disukai oleh kelompok muda dimulai dari usia sepuluh tahun s/d 20-an awalnya. Anda bisa manfaatkan info ini untuk pilih tempat jualan yang vital.

Misalkan, di lingkungan sekolah, universitas, jejeran jajan kaki lima, atau di muka rumah Anda bila memungkinkannya dan ramai anak muda.

Bereksperimen

Perubahan tehnologi sekarang ini sangat hebat. Ada beberapa langkah yang dapat kita kerjakan supaya usaha seblak punya kita cepat laris terjual. Salah satunya yakni:

Penyeleksian Nama Merek dan Macam Seblak yang Unik

Anda bisa memberikan nama usaha dan menu seblak punya Anda dengan beberapa nama yang anti mainstream dan mencirikan makanan pedas. Misalkan seblak seuhah neraka jahanam, seblak pedas perkataan warganet, dan sebagainya.

Selainnya penyeleksian nama, bikinlah menu dengan bermacam opsi topping.

Partner Usaha

Telah banyak beberapa penjual yang lakukan kerja sama dengan basis online, terutamanya yang jual makanan. Anda juga bisa turut tergabung agar usaha seblak Anda makin ramai dan dikenal beberapa orang. Beberapa basis yang bisa Anda coba yakni ShopeeFood, Grabfood, GoFood.

Frozen Food/Seblak Instant

Ingin usaha seblak Anda mencapai semakin banyak customer dan wilayah? Anda bisa coba membuat seblak instant. Yakinkan design paket menarik, aman, dan seblak yang ada diubah lebih dulu agar tidak cepat basi dan gampang diseduh.

Tidak itu saja, Anda dapat manfaatkan basis berbelanja online untuk menjualnya. Misalkan jual di Shopee, Tokopedia, Lazada, dan yang lain. Banyak konsumen condong lebih yakin untuk beli suatu hal di basis berbelanja online karena pembayaran gampang, paling dipercaya, dan ada referensi produk.

Rajin Promo

Awalnya buka usaha tentu kita akan hadapi dengan beragam rintangan. Salah satunya salah satunya yakni rintangan memperkenalkan produk dan menjualnya. Tips dari kami yang bisa Anda coba yakni:

  • Mengaplikasikan Taktik Pemasaran Word of Mouth
  • Lakukan Penelitian Marketing
  • Manfaatkan Sosial Media (Membuat Account Khusus Barang yang Dipasarkan, Lakukan Paid Ads atau Iklan Berbayar)
  • Memberi Potongan harga/Promosi Pembelian

Perkiraan Keuntungan Usaha Seblak

Mengulas peluang usaha rasanya tidak komplet bila kita tidak mengulas berkenaan keuntungan yang hendak didapat. Berikut perincian perkiraan profit bisnis seblak.

Modal Awalnya

  • Kompor dan Tabung Gas Rp300 Ribu
  • Wajan dan Spatula Rp150 Ribu
  • Panci Rp100 Ribu
  • Meja dan Bangku Rp250 Ribu
  • Lap Rp15 Ribu
  • Mangkok dan Alat Makan Rp50 Ribu
  • Jus Rp125.000
  • Lainnya Rp200 Ribu

Keseluruhan Rp1.190.000

Ongkos Operasional Tiap Bulan

  • Sewa Tempat (Opsional) Rp500 Ribu
  • Krupuk Rp200 Ribu
  • Sosis, Bakso, Tulang, dan Bermacam Topping yang lain Rp500 Ribu
  • Telur Rp300 Ribu
  • Listrik dan Air Rp150 Ribu
  • Minyak Goreng Rp150 Ribu

Keseluruhan Rp1.800.000

Tersebut modal awalnya dan ongkos operasional setiap bulannya. Bila ditotal keseluruhannya karena itu modal yang penting Anda keluarkannya sejumlah Rp2.990.000.

Perincian itu sebagai prediksi, ongkos yang dikeluarkan nanti tergantung pada keperluan dan harga bahan dasar terkini.

Perkiraan Keuntungan Per Bulan

Pemasaran Rata-Rata Per Hari: 30 Seblak

Harga Seblak Per Jatah: 10.000

Karena itu Rp10.000 X 30 X 30 Hari = Rp9.000.000 lalu dikurangkan dengan ongkos operasional tiap bulan. Karena itu Rp9.000.000 - Rp1.800.000 = Rp7.200.000

Maka perkiraan keuntungan yang bisa Anda kantongi tiap bulannya yakni Rp7.200.000. Benar-benar memberikan keuntungan kan?

Posting Komentar untuk " Peluang Usaha Seblak, Modal Sedikit Untung Tidak Kaleng-Kaleng!"