Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Merintis Bisnis Boba? Ini 8 Langkah Memulainya


Jalankan bisnis boba dapat benar-benar menjanjikan. Minuman manis asal Taiwan ini lagi banyak digemari orang.

Merilis Asian Recipe, boba ialah bola-bola kecil yang dibuat dari tapioka. Boba sebagai komponen penting pada minuman boba atau bubble milk tea.

Minuman boba umumnya dihidangkan di gelas plastik terbuka. Untuk meminum, perlu sedotan berdiameter yang cukup besar supaya boba di dasar gelas bisa dihisap.

Jauh saat sebelum munculnya minuman boba, telah ada yang bernama bubble milk tea. Idenya sama dengan minuman boba. Namun bubble milk tea dilejitkan kembali bernama boba.

Ingin tahu dengan sangkut-paut bisnis boba? Dalam artikel ini akan dikupas habis berkenaan langkah mengawali bisnis boba dan tips menjalankannya.

Langkah Mengawali Bisnis Boba

Bisnis boba sama dengan gerai kecil yang bisa secara mudah kamu dapatkan di tepi jalan atau dalam mall.

Bergantung dari kemampuan modalmu, kamu langsung bisa membuat gerai atau memulainya sebagai usaha rumahan.

Untuk jalankan yang paling akhir, kamu perlu bekerja bersama dengan jasa delivery makanan. Berikut tutorial langkah mengawali bisnis boba.

1. Design Geraimu

Anggaplah kamu akan membuat suatu gerai minuman boba, karena itu kamu perlu membuat desain lebih dulu bagaimana tokomu.

Saat membuat desain gerai, tentukan ruangan untuk mempersiapkan tempat dapur dan counter yang menghadap ke pelanggan. Kamu bisa jadi cuma mempersiapkan counter untuk layani take away.

Tetapi bila geraimu mempunyai ruangan lebih, kamu dapat menambah tempat tempat duduk. Janganlah lupa untuk membuat dekorasi gerai dengan unik supaya berlainan dari bisnis boba yang lain.

2. Tentukan Lokasi yang Pas

Lokasi penting. Yakinkan geraimu ada di lokasi ramai yang dilewati beberapa orang, khususnya orang berjalan kaki.

Ongkos sewa ruang pada tempat ramai memang condong semakin tinggi. Tetapi kamu dapat mengakalinya dengan menjualnya di food truck atau kios kecil.

3. Mengantisipasi Persaingan

Bisnis boba sebagai ceruk bisnis yang berkembang. Cukup banyak yang jalankan bisnis ini.

Maka dari itu, survey lebih dulu tempat sekitaran geraimu. Sudahkah ada gerai minuman boba yang lain?

Bila ada kebanyakan, kamu dapat pikirkan untuk cari lokasi lain. Bila tidak, kamu harus yakinkan usahamu lebih baik pada masalah kualitas dan taktik marketingnya.

4. Membeli Perlengkapan dan Bahan

Kamu membutuhkan beberapa perlengkapan detil untuk jalankan bisnis boba. Ditambahkan lagi beli bahan baku untuk membikin minuman dan boba tersebut.

Merilis dari Small Biz Trends, perlengkapan penting yang penting kamu punyai, yakni kompor, dispenser air, dan alat pendingin untuk membikin es. Adapun perlengkapan lebih kecil, semakin banyak kamu perlukan.

Perlengkapan itu, seperti alat pengaduk, gelas plastik, sealer gelas plastik, sedotan, dan sebagainya. Kamu perlu mesin kasir dan sistem pemasaran.

5. Targetkan Menu Minumanmu

Bisnis boba bertopang pada minuman . Maka, yang kamu butuhkan ialah macam minuman yang pas bila ditambahkan boba.

Menu khusus minuman boba, umumnya milk tea atau teh susu. Rasa milk tea tersebut dapat bermacam. Tetapi ,kamu bisa juga meningkatkan menu yang lain betul-betul berlainan.

6. Tarik Pegawai

Saat jalankan bisnis boba, pasti kamu harus mengambil beberapa pegawai. Kamu mustahil jaga geraimu sepanjang hari seorang diri.

Tidak cuma mengambil, kamu perlu latih pegawaimu untuk membikin minuman boba dan memberitahukan ukuran yang akurat.

Bila kamu mengawali bisnis boba sebagai usaha rumahan, kamu bisa jadi tunda tambahan pegawai. Tetapi bila pesanan telah meluap, pikirkan untuk lakukan penerimaan.

7. Urus Semua Hal pemberian izin yang Diperlukan

Dalam mengawali bisnis apa saja, terhitung bisnis boba, pastikanlah kamu mengurusi semua tipe hal pemberian izin usaha yang diperlukan. Terhitung sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia, karena boba terhitung usaha minuman dan makanan.

Bila kebingungan hal pemberian izin apa yang perlu kamu punyai, kamu dapat bertanya ke dinas perindustrian dan perdagangan di tempat.

8. Tawarkan Usahamu

Sesudah menuntaskan segala hal tehnis berkaitan bisnis boba yang hendak kamu rintis, cara setelah itu memasarkannya.

Penyeleksian lokasi yang pas dan design gerai yang memikat bakal menjadi percuma bila kamu tidak memasarkannya secara baik.

Pikirkan untuk buka acara grand opening. Juga bisa kamu pasarkan bisnis boba punyamu lewat sosial media dan website.

Tips Jalankan Bisnis Boba

Sekarang, kamu sudah mengetahui bagaimana mengawali bisnis boba. Seterusnya, kamu harus ketahui tips jalankan bisnis minuman manis ini.

Berikut beberapa tips untuk jalankan bisnis boba supaya sukses dan terus-menerus.

1. Kerjakan Branding

Ada bisnis sama di luaran sana dengan beragam nama. Tetapi kamu harus menjadi yang terbaik dan dikenang oleh beberapa pelanggan.

Maka saat orang akan cari minuman boba, nama yang tebersit di pemikiran mereka ialah nama merk bisnis boba punyamu.

Yakinkan nama, simbol, dan jargon bisnis boba-mu gampang dikenang oleh orang. Disamping itu, kamu perlu lakukan kampanye marketing dengan stabil untuk meningkatkan nama merekmu.

2. Dalami Konsumen setiamu

Saat sebelum jalankan taktik marketing apa saja, kamu perlu pelajari berkenaan audience sasaranmu. Dengan begitu, kamu dapat membuat taktik detil untuk demografi detil juga.

Dengan pengetahuan berkenaan konsumen setiamu, kamu bisa juga memutuskan langkah servis dan style komunikasi yang pas juga.

3. Peroleh Pembahasan Berkenaan Usahamu

Pembahasan pelanggan berkenaan bisnis boba yang kamu lakukan penting. Pembahasan positif bisa menggerakkan seseorang untuk membeli juga.

Kamu dapat memakai Google My Business untuk membikin profile gerai minuman boba. Di situ, oran-orang dapat memberi pembahasan sesudah coba minuman bobamu.

Kamu bisa memberi stimulan ke pelanggan yang memberi pembahasan, misalkan potongan harga atau satu cup gratis.

4. Gunakan Media Sosial

Kamu dapat manfaatkan sosial media untuk pasarkan bisnis boba punyamu. Ini sebagai langkah terbaik untuk mencapai pelanggan dengan promo.

Kamu dapat mengupload menu minuman baru, moment promo, dan lain-lain. Kedatangan di sosial media penting juga untuk branding.

Begitu keterangan berkenaan langkah mengawali dan jalankan bisnis boba. Mudah-mudahan berguna.

Posting Komentar untuk " Ingin Merintis Bisnis Boba? Ini 8 Langkah Memulainya"