Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Langkah Sukses Tumbuhkan Bisnis Kecil Jadi Besar


Tiap pebisnis tentu ingin membuat usahanya berkembang. Tetapi, menjalankan bisnis seperti sebuah persaingan di mana terdapat yang sukses atau gagal. Bahkan juga, cuma sedikit yang sukses memenangi persaingan di dunia usaha yang makin bersaing.

Memperbesar bisnis pasti perlu usaha supaya produk dan service masih tetap disukai dari tahun ke tahun. Anda harus mengaplikasikan taktik promo dan marketing yang efisien untuk tingkatkan pemasaran dan memberikan kepuasan keperluan sasaran pasar Anda.

Tetapi, apa yang dapat Anda kerjakan untuk membikin bisnis Anda terus berkembang? Berikut beberapa langkah yang sering diterapkan oleh beberapa pelaku bisnis dalam lebih memajukan upayanya.

8 Langkah Meningkatkan Bisnis Kecil Jadi Besar

1. Perluas Capaian Pasar Anda

Buat produk Anda makin dikenali dan gampang untuk dibeli. Meluaskan capaian pasar bisa mencapai beberapa konsumen baru. Ada beberapa langkah yang dapat dilaksanakan, seperti menambahkan saluran pemasaran dan memasangkan iklan.

Misalkan, membuat produk di toko online Anda ada di beberapa web marketplace dan memercayakan produk Anda di toko retail. Selanjutnya iklankan produk Anda di beberapa basis online atau pada media tradisionil.

2. Pertahankan Pelanggan Lama

Customer baru penting, tetapi kurang pas bila Anda berasumsi jika langkah meningkatkan bisnis itu cukup dengan cari customer baru sebanyaknya. Tetapi, langkah yang terbaik dengan menjaga pelanggan lama.

Karena lebih gampang membuat pelanggan lama terus beli produk Anda, dibanding memenangi customer baru yang serupa sekali belum mengetahui produk Anda atau memang belum pernah memakainya. Mencapai pelanggan lama lebih irit ongkos promo, karena mereka sudah mengetahui produk Anda.

3. Lakukan Penganekaragaman Produk

Keperluan manusia terus akan berbeda dan keadaan jaman semakin berkembang. Anda harus mengusahakan supaya bisnis Anda bisa menyesuaikan dengan peralihan. Hingga Anda perlu membuat dobrakan dan pengembangan dalam bisnis Anda, seperti lakukan penganekaragaman atau diversifikasi produk.

Penganekaragaman ialah langkah untuk meluaskan pasar dan tingkatkan penghasilan. Anda dapat menambahkan produk baru atau membuat variasi baru dari produk yang telah ada. Misalkan, bila sejauh ini Anda cuma jual casing untuk iPhone, karena itu Anda dapat jual casing untuk Android dan casing untuk netbook.

4. Ikuti Pameran Kewiraswastaan

Gelaran pameran entrepreneurship atau kewiraswastaan menjadi langkah untuk mengenalkan bisnis Anda ke khalayak luas. Karena umumnya bakal ada beberapa ribu orang yang datang dari beragam daerah dan beberapa media nasional yang mengulas.

Pameran kewiraswastaan memberi peluang untuk bisnis Anda untuk menjala pelanggan langsung. Anda bisa berjumpa dan berhubungan secara bertemu muka dengan beberapa orang yang kemungkinan tertarik lewat produk Anda. Bahkan bisa saja berjumpa dengan calon investor yang ingin tergabung meningkatkan bisnis Anda.

5. Kelola Keuangan dengan Pas

Anda harus mengelola keuangan dengan tepat. Tumbuhkan bisnis kecil jadi besar membutuhkan ongkos yang cukup banyak. Anda perlu mempersiapkan dana untuk tingkatkan kualitas bisnis Anda dan mengongkosi beberapa kegiatan bisnis Anda.

Karena itu, yakinkan Anda bisa mengelola piutang, hutang, dan persediaan produk secara efisien. Management keuangan penting supaya cash flow masih tetap lancar tiap bulan, hingga bisnis Anda tidak minus dan kelangsungan usaha bisa terjaga.

6. Membuat Bisnis Jadi Franchise

Terutamanya untuk bisnis off-line, coba membuat bisnis kecil Anda jadi bisnis waralaba atau franchise. Bisnis franchise berkesempatan untuk berkembang secara cepat. Anda harus membuat sistem franchise yang efisien dan memberikan keuntungan Anda, tetapi juga memberikan keuntungan partner bisnis.

Bikinlah sistem kerja sama yang memungkinkannya seseorang untuk mempunyai hak urus bisnis Anda. Kerja-sama franchise ini akan memberikan keuntungan secara materi dan membuat bisnis Anda berada di mana saja.

7. Sediakan Servis Terbaik

Yakinkan Anda mempunyai servis pelanggan yang bisa dihandalkan. Anda harus memberi training untuk pegawai pada bagian layanan konsumen supaya mereka mengetahui langkah hadapi pelanggan yang berbeda.

Pelanggan ialah asset yang bernilai untuk keberlangsungan usaha. Layani mereka secara baik, dimulai dari saat penawaran dan sesudah pembelian. Terlebih bila ada protes, Anda harus menanganinya sampai habis supaya nama baik bisnis Anda selalu terlindungi.

8. Minta Pelanggan Mereferensikan Bisnis Anda

Walau pelanggan Anda menyenangi produk Anda dan senang dengan servicenya, belum pasti mereka akan bercerita bisnis Anda pada orang lain. Karena itu, Anda harus mempunyai ide dalam minta pelanggan untuk mereferensikan bisnis Anda.

Juga bisa Anda mengaplikasikan sistem referal di mana pelanggan akan memperoleh komisi bila sukses bawa pelanggan baru untuk bisnis Anda. Ini ialah taktik untuk membikin pelanggan setia dan memperoleh pelanggan baru pada mereka.

Ringkasan

Nah, tersebut langkah sukses tumbuhkan bisnis kecil jadi besar. Walau kemungkinan proses perkembangan bisnis Anda jalan lamban, Anda pasti menyaksikan hasilnya bila Anda masih tetap usaha dan stabil dalam mengaplikasikan taktik bisnis yang efisien.

Posting Komentar untuk " 8 Langkah Sukses Tumbuhkan Bisnis Kecil Jadi Besar"