Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buka Usaha Katering, Apakah Perlu Modal Banyak?


Katering datang dari kata kerja "cater" yang bermakna mempersiapkan dan menyuguhkan makanan untuk umum. Sementara ‘caterer' mengarah pada beberapa orang yang mempersiapkan makanan untuk umum. Cikal akan bisnis katering telah ada semenjak tahun 1800an, tetapi tipe usaha ini mulai terkenal semenjak 2000-an, terhitung di Indonesia.

Dari pemahaman itu, usaha katering atau jasa boga ialah istilah umum yang mengarah pada aktor usaha yang beroperasi pada sektor servis pemesanan beragam tipe minuman dan makanan.

Jasa ini bermanfaat untuk penuhi keperluan acara tertentu seperti acara pesta pernikahan, acara organisasi atau perusahaan, acara pesta ulang tahun, bukber, acara, dan sebagainya yang disebut acara khusus.

Beberapa Jenis Katering

Selainnya beberapa acara itu, beberapa aktor usaha katering bisa juga sediakan untuk kepentingan teratur, misalkan pengadaan makan siang perusahaan tertentu. Karena karakternya teratur dan terus-menerus, keinginan katering semacam ini umumnya jadi sasaran banyak pebisnis katering.

Dari rasio upayanya, usaha katering juga benar-benar bermacam. Dimulai dari cakupan usaha rasio kecil katering rumahan yang umumnya menghasilkan nasi kotak untuk beberapa acara tertentu, sampai usaha katering jumlah besar yang bukan hanya sediakan minuman dan makanan tapi termasuk juga jasa servis secara prasmanan dan pengadaan keperluan acara pesta atau acara yang dibutuhkan.

  • Prasmanan

Katering prasmanan atau dikenal juga sebagai buffet sebagai tipe katering yang langkah penyuguhannya dengan menempatkan makanan pada meja panjang. Pengunjung bebas ambil sendiri menu yang ia harapkan. Katering tipe ini benar-benar terkenal di Indonesia karena karakternya yang ringkas serta lebih efektif dalam soal pengadaan jumlah pelayan dalam sebuah acara.

Katering tipe ini seringkali dijumpai pada acara pernikahan. Pebisnis katering bukan hanya sediakan minuman dan makanan saja, tapi juga sediakan koki, pelayan, dan perlengkapan makan sekalian.

  • Dine In

Berlainan dengan katering prasmanan, katering dine in sebagai tipe katering yang penyuguhannya sama dengan penyuguhan di restaurant. Pelayan mengantar makanan ke meja-meja tamu pada acara itu. Karena argumen ini, keperluan tenaga pelayan pada tipe catering dine-in biasanya semakin banyak dibanding dengan katering prasmanan. Tipe katering ini lebih banyak dipakai untuk beberapa acara resmi, misalkan acara ulang tahun perusahaan atau acara resmi.

  • Katering piring terbang

Tipe katering ini umum digunakan di wilayah Solo dan sekelilingnya. Penyeleksian panggilan ‘piring terbang' yang unik ini merujuk pada langkah penyuguhan sajian untuk beberapa tamu yang secara cepat, seolah piring jadi terbang karena sangat pesatnya.

Pada tipe ini, tamu perlu menanti pelayan menyajikan minuman dan makanan buatnya jatah untuk jatah. Penyuplai jasa katering sesuaikan porsi jumlah dalam jumlah pengunjung, hingga sedikit makanan yang masih ada.

Konsep piring terbang ini banyak memiliki keunggulan. Selainnya penyuguhan yang cepat, konsep ini pas untuk beberapa pelaksana hajatan dengan anggaran berbatas. Sampai saat ini konsep penyuguhan makanan ‘piring terbang' sering dilaksanakan di Solo, terutamanya hajatan yang dikerjakan di gedung

  • Katering Private

Tipe katering private sebagai yang paling premium bila kamu perbandingan dengan servis katering yang lain. Argumennya, penyuplai jasa katering sediakan satu pelayan atau pramusaji yang khusus untuk layani satu meja saja. Maksudnya untuk menganakemaskan tamu dari acara itu. Mereka dapat secara mudah pesan kapan pun tanpa perlu menanti.

Tipe katering ini mempunyai ongkos yang lumayan mahal bila dibanding dengan beberapa jenis katering yang lain. Tapi di lain sisi, ada nilai lebih yakni servis yang professional untuk memberikan kepuasan beberapa tamu undangan.

  • Nasi Kotak atau Box

Bila beberapa jenis katering yang lain selalu sediakan jasa pelayan dan peralatan acara, katering nasi kotak lebih simpel. Tipe katering ini lebih ringkas hanya karena sediakan minuman dan makanan yang pemilik acara pesan. Sesudah nasi kotak pelanggan terima, karena itu pekerjaan pebisnis katering sudah usai.

Sama dengan namanya, minuman dan makanan dari katering umumnya dibungkus dalam sebuah tempat berwujud kotak atau box. Dalam kotak itu telah ada nasi dengan lauk pauk, sayur, pendamping seperti krupuk dan sambal, satu tipe buah dan minuman..

Kekuatan dan Kompetisi Usaha Katering

Kompetisi usaha dalam bidang industri katering cukup ketat dengan perubahan yang cukup cepat. Pesatnya perubahan dalam industri ini juga membuat sektor bisnis katering menggenggam peranan penting dalam industri berbasiskan ekonomi kerakyatan.

Katering sebagai salah satunya tipe usaha yang menjanjikan keuntungan yang lumayan besar. Seperti usaha kuliner secara umum, bisnis katering umumnya mempunyai margin keuntungan di antara 30% sampai 50%. Margin dapat semakin tinggi bila ongkos produksi lebih rendah, misalkan karena tidak ada keperluan kontrak toko karena jualan secara online.

Akan tetapi, cukup banyak usaha katering yang alami kemunduran karena tidak sanggup menjaga jumlah konsumen setianya. Persoalan lain yang kerap yang hendak kamu jumpai ialah masalah operasional yang secara umum masih tetap dilaksanakan dengan manual hingga susah untuk memperoleh stabilitas dalam jangka panjang.

Permasalahan wabah pada dua tahun akhir dan ada peraturan Pemberlakukan Limitasi Aktivitas Warga (PPKM) dan Limitasi Sosial Bertaraf Besar (PSBB) memberikan imbas yang besar. Peraturan restriksi sosial itu membuat jumlah acara bertemu muka seperti acara pesta pernikahan dan acara besar yang lain menyusut mencolok.

Ini berpengaruh besar pada pemesanan katering. Ketua Umum Perkumpulan Pelaksana Jasaboga Indonesia (PPJI) Irwan Iden Gobel pada Bisnis.com menjelaskan, omset beberapa aktor usaha katering melorot sampai 90 % karena imbas dari wabah Covid-19.

Dengan keadaan itu, beberapa aktor usaha katering harus inovatif dan lakukan beragam taktik untuk tetap bertahan di tengah-tengah keadaan sekarang ini, satu diantaranya dengan manfaatkan marketing secara online. Adapun salah satu tipe katering yang bisa kamu kerjakan ialah katering nasi kotak.

Perkiraan Modal

Usaha katering dapat kamu awali dengan modal kecil. Pemilik usaha katering dapat tekan modal awalnya, misalkan dengan memakai beberapa alat mengolah yang ada di rumah saat sebelum beli alat yang khusus untuk usaha. Berikut contoh perhitungannya:


Keutamaan Media Sosial dan Web sebagai Pendukung Bisnis Katering

Keadaan wabah pada 2 tahun kebelakang menyadarkan banyak aktor usaha katering dalam manfaatkan sosial media dan web sebagai fasilitas pemasaran online. Saat acara pernikahan dan acara besar yang lain tidak ada, pemasaran online jadi salah satu jalan keluar supaya usaha masih tetap berjalan pada tengah keadaan yang susah untuk industri katering.

Perkumpulan Pelaksana Jasaboga Indonesia (PPJI) mengatakan, pemasaran online sanggup menggerakkan pemasaran katering sepanjang wabah sekitar 30%. Sekarang ini telah banyak sosial media yang bisa kamu pakai untuk marketing atau promo sebuah produk atau jasa.

Sosial media yang kerap orang pakai untuk marketing atau promo salah satunya Facebook, Instagram, dan Twitter. Lewat media ini perusahaan atau merek dapat lakukan promo yang terancang dan pas target.

Sementara itu, pemakaian web sebagai fasilitas pemasaran online mempunyai peranan yang penting. Beberapa faedah yang dapat kamu peroleh dari memakai web ialah, mencapai sasaran pasar yang bertambah luas, fasilitas daftar produk dan jasa, memberi akses yang lebih gampang untuk pelanggan, dan ada banyak kembali.

Walau keadaan wabah mulai memperlihatkan rekondisi, peranan ke-2 nya masih tetap penting untuk jaga kestabilan bisnis dan menolong perubahan usaha katering punyamu.

Posting Komentar untuk " Buka Usaha Katering, Apakah Perlu Modal Banyak?"