Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Hal yang Memengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada Bisnis Anda


Tiap pebisnis bertanggungjawab pada kepuasan customer atau pelanggan. Tiap perusahaan harus berusaha untuk memberikan kepuasan keperluan pelanggan.

Bila pelanggan senang, tentu bisa terjadi suatu hal yang lebih bagus untuk bisnis Anda di periode kedepan. Pelanggan bisa menjadi setia, penghasilan bertambah, keberlangsungan bisnis terjaga, dan perusahaan Anda menjadi lebih unggul di tengah-tengah kompetisi.

Saat menghitung kepuasan, pelanggan tentu memperbandingkan di antara apa yang diterimanya dan keinginannya saat memakai produk atau jasa bisnis Anda. Pasti tidak gampang untuk memberikan kepuasan tiap pelanggan, karena subjektivitas penilaian tiap orang berbeda.

Tetapi, ada faktor-faktor khusus yang menjadi dasar Anda dalam tingkatkan kepuasan tiap pelanggan Anda. Berikut 5 hal yang pantas menjadi perhatian Anda.

8 Faktor yang Memengaruhi Kepuasan Pelanggan

1. Kualitas Produk

Pelanggan akan berasa senang bila produk yang dipakainya berkualitas. Pelanggan tentu menuntut Anda untuk menyiapkan produk yang berkualitas sesuai pengorbanan yang dilakukan untuk mendapat produk Anda. Karena itu, tambahkan terus kualitas produk Anda.

2. Kualitas Servis

Pelanggan Anda ingin dilayani secara baik seperti yang diharapnya. Khususnya untuk perusahaan di sektor jasa, penting untuk memerhatikan kualitas servis, karena punya pengaruh pada pemahaman pelanggan pada bisnis Anda. Pelanggan yang senang kemungkinan akan balik memakai produk/jasa yang serupa.

3. Emosional

Ada pelanggan yang berasa senang secara emosional sesudah memakai produk/jasa Anda. Pelanggan berasa bila seseorang akan berasa takjub kepadanya. Kepuasan itu terkait dengan nilai sosial yang membuat pelanggan senang dan senang dengan satu merk tertentu.

4. Harga

Kepuasan pelanggan ditetapkan oleh harga. Pelanggan akan memperbandingkan harga di antara beberapa merek. Bila produk/jasa Anda mempunyai harga yang lebih murah tetapi mempunyai kualitas, karena itu pelanggan akan berasa senang. Bisnis Anda akan berharga lebih di mata pelanggan bila harga sesuai dengan kualitas.

5. Keringanan

Pelanggan ingin memperoleh satu produk/jasa secara mudah. Karena itu banyak beberapa perusahaan yang menjanjikan keringanan pada proses pembelian karena tidak mau buang beberapa waktu pelanggan untuk membeli.

Jauhi ongkos tambahan dan proses transaksi yang sulit supaya pelanggan senang memakai produk/jasa Anda. Dengan kehebatan tehnologi saat ini, Anda dapat memberi pengalaman berbelanja yang lebih sederhana untuk menganakemaskan pelanggan.

6. Pengalaman Individu

Pelanggan akan memperbandingkan kisah hidupnya saat memakai produk Anda lewat produk seseorang. Pelanggan akan memperbandingkan pengalaman pertama kalinya saat memakai produk Anda dengan pengalaman terkini saat kembali memakainya.

Hingga Anda harus pastikan jika produk Anda mempunyai keunggulan dibandingkan produk kompetitor dan kwalitasnya selalu terlindungi. Selalu beri pengalaman yang bagus untuk pelanggan saat belanja dan memakai produk Anda.

7. Pengalaman Orang Lain

Bila pelanggan memperoleh referensi dari temannya atau membaca referensi dari pihak lain, pasti pelanggan akan mempunyai harapan tertentu pada produk Anda. Pengalaman seseorang akan memengaruhi ketertarikan dan persepsinya.

Saat pelanggan pada akhirnya pilih produk Anda, sudah pasti pelanggan akan memperbandingkan narasi seseorang dengan kisah hidupnya sendiri. Pelanggan akan senang bila pengalaman baik yang terterima oleh seseorang diterima olehnya.

8. Iklan

Langkah Anda membuat promo dan lakukan marketing akan memengaruhi harapan pelanggan. Seperti iklan produk Anda, pelanggan yang menyaksikannya bisa saja yakin dengan penawaran Anda.

Karena itu, seharusnya Anda tidak boleh membuat iklan yang terlalu berlebih dalam mempromokan kelebihan produk Anda. Janganlah sampai pelanggan sedih karena produk yang dibelinya tidak sesuai dengan harapan yang diperlihatkan dalam iklan.

Penutup

Nah, tersebut faktor-faktor yang bisa memengaruhi kepuasan pelanggan pada produk atau jasa bisais Anda. Lihat keperluan pelanggan dan penuhi dengan yang akurat. Pasti, pelanggan akan berasa senang dan tidak beralih ke pesaing.

Posting Komentar untuk " 8 Hal yang Memengaruhi Kepuasan Pelanggan Pada Bisnis Anda"