Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengawali Bisnis Kosmetik, Apa Perlengkapannya dan Berapakah Harganya?


Dunia kecantikan selalu mempunyai daya magnet tertentu, dan mempunyai potensi yang besar menjadi sebuah peluang bisnis.

Mengapa? Karena makin bertambah orang yang sadar akan keutamaan kegiatan rutin menjaga diri dan jaga performa.

Cara awalan yang bisa kamu kerjakan saat merencanakan untuk jalani bisnis kosmetik ialah memulainya dengan jual beberapa produk dari merek lokal atau internasional, yang telah terkenal dan terkenal oleh warga. Atau kamu lebih sukai untuk jalankan bisnis dengan merek sendiri?

Pokoknya ialah tidak boleh terlampau takut dan sangsi untuk mengawali.

Yuk kita cari info peralatan apa yang diperlukan saat mengawali bisnis kosmetik, baik secara off-line dan online, pada pembahasan berikut ini.

Bisnis Kosmetik Secara Offline

Bila ingin jalankan usahamu secara offline berbentuk toko atau booth, karena itu banyak hal ini perlu kamu siapkan:

Lokasi usaha

Pertama, yakni tentukan lokasi toko atau booth di lokasi yang strategis. Bila kamu punyai ruangan atau tempat kosong di dalam rumah yang dapat digunakan, ini dapat menjadi opsi untuk membikin toko fisik.

Plang/Papan nama toko

Ke-2 , mempersiapkan plang usaha merek kosmetikmu supaya gampang dikenal oleh calon customer. Range ongkosnya diawali dari Rp400.000,00, bergantung dimensi plang yang diperlukan.

Surat ijin

Ke-3 , agar bisnis kamu berjalan mulus, kamu harus mempunyai surat ijin usaha (SIUP), Pertanda Daftar Perusahaan (TDP), Akte Pendirian, Ijin Tempat Usaha, dan Ijin Masalah, yang lebih kurang memerlukan ongkos sekitaran Rp6.000.000,00 - 8.000.000,00.

Ini perlu dikerjakan supaya status usaha bisnis kamu syah secara hukum.

Peralatan toko

Selainnya lokasi usaha, masih tetap ada peralatan yang lain perlu disiapkan. Misalnya seperti berikut:

  • Etalase kaca untuk menempatkan produk kecantikan. Harga sekitaran Rp400.000,00/2 mtr. (ini dapat disamakan dengan keperluan).
  • Rack dinding atau almari, pada harga minimum Rp200.000,00.
  • Peralatan bangku dan meja, Rp500.000,00.
  • Cermin, harga diawali dari Rp100.000,00.
  • Pendingin ruang (AC), Rp1.500.000.00 (sesuai merek yang diputuskan).
  • Mesin kasir atau netbook, untuk pendataan proses transaksi dengan konsumen.

Produk kosmetik

Kamu dapat merajut kerja sama dengan penyuplai merek kosmetik yang telah mempunyai nama, dengan jual beberapa produk yang disukai dan dicari beberapa orang. Sistem ini benar-benar memberikan keuntungan, karena bila beli produk kosmetik secara grosir harga lebih murah dibanding beli secara ketengan.

Distribusikan dana untuk beli produk itu dimulai dari Rp5.000.000,00 -agar macam, jumlah produk, dan tipe merek yang ada, dapat memberi opsi yang lumayan banyak untuk calon customer.

Untuk kamu yang ingin jual produk kosmetik dengan merek sendiri, kamu dapat coba bekerja bersama dengan perusahaan kosmetik yang tawarkan jasa produksi barangdalam skala besar. Kamu kemungkinan perlu mempersiapkan dana minimum Rp30.000.000,00, bergantung jumlah dan variasi barang kosmetik yang dibuat.

Ongkos operasional

Ongkos operasional yang penting disiapkan di sini meliputi ongkos air dan listrik, upah pegawai, seragam operasional, dan ongkos sewa ruang. Ini sesuaikan dengan lokasi ruang usaha dan jumlah pegawai yang diambil.

Bisnis Kosmetik Secara Online

Pilih jalan bisnis secara online walau tanpa toko fisik masih tetap memerlukan penyiapan supaya usahamu bisa jalan secara lancar.

Berikut beberapa hal yang penting disiapkan:

Simbol merek yang unik dan menarik

Kamu dapat memakai program seperti Canva, yang bisa menolong kamu membuat design simbol sendiri. Langkah yang lain ialah kamu bisa juga minta kontribusi jasa pendesain grafis professional untuk membuat simbol. Umumnya, harga jasa ini dimulai dari Rp500.000,00, bergantung tingkat kesusahan design dan pengalaman sang graphic designer.

Produk kosmetik

Poin utama yang lain yakni mempersiapkan produk. Ada dua opsi yang dapat kamu kerjakan, yakni:

  • Bekerja bersama dengan penyuplai kosmetik dari merek terkenal, atau
  • Menyuplai merek kosmetikmu sendiri.

Mengambil team/karyawan

Walau bisnis digerakkan secara online, tetapi pada jalankan aktivitas operasinya masih tetap memerlukan sebuah team. Maksudnya ialah supaya bisnis dapat jalan secara lancar tiap hari. Misalkan, mengambil karyawan sebagai admin, untuk atur jalur penyediaan barang, sampai distribusi pengangkutan barang ke customer.

Optimalkan penggunaan sosial media

Ada bermacam basis sosial media yang dapat digunakan untuk berpromosi, satu diantaranya ialah Instagram/Facebook Ads.

Kamu perlu mengambil kantong yang dalam, ongkos iklan online ini bergantung dari mode iklan yang dipilih; dapat dalam pola pay per clik (sekitaran Rp10.000,00-30.000,00), atau pay per impression (sekitaran Rp100.000,00).

Promo produk dengan influencers

Supaya produkmu makin dikenali oleh calon customer, kamu dapat memakai kontribusi beberapa influencers yang terkait dengan beberapa produk kosmetik kamu, seperti beauty bloggers atau beauty enthusiasts untuk mempromokan produkmu.

Satu perihal yang penting jadi perhatian, makin besar audiens dari influencer itu, umumnya akan makin besar ongkosnya. Tetapi, ini akan ditutupi dalam jumlah follower, subscribers, atau engagement yang kamu peroleh dari promo itu. Bila audiens itu berasa pas dengan promo yang sudah dilakukan, terbuka peluang mereka yang semula tidak tertarik sama produkmu, justru jadi customer yang setia.

Pada intinya, menjalankan bisnis kosmetik secara off-line atau online masing-masing mempunyai rintangannya tertentu. Tetapi, bila ditempuh dengan telaten, maka sama hasilkan.

Telah tentukan mana sistem yang paling cocok untuk jalani bisnis kosmetikmu? Selamat mempraktikkan ya!

Posting Komentar untuk " Mengawali Bisnis Kosmetik, Apa Perlengkapannya dan Berapakah Harganya?"