Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Langkah Hitung Break-Even Point (BEP) Coffee Shop


Ingin mulai jalankan bisnis Coffee Shop? Kemungkinan beberapa hal yang perlu Anda pikir dan siapkan saat sebelum Anda mulai buka Coffee Shop atau warung kopi. Salah satunya hal paling penting yang perlu Anda kenali ialah memproyeksi seberapa banyak pemasaran dan beberapa biaya Coffee Shop agar capai Break-Even Point (BEP).

BEP ialah titik di mana pemasaran bisnis Anda sukses tutup semua ongkos dan modal awalan yang Anda investasikan.

Dengan ketahui angka BEP, Anda akan memperoleh deskripsi berkenaan penganggaran bisnis coffee shop Anda.

Seperti ukuran lokasi yang dibutuhkan, jumlah mesin kopi yang dibutuhkan dan jumlah staff yang dibutuhkan untuk menjalankan warung kopi.

Alami rugi di saat Anda baru buka bisnis ini ialah hal yang lumrah. Tetapi saat bisnis capai BEP, bermakna coffee shop Anda tidak alami rugi.

Langkah-Langkah Hitung Nilai BEP Bisnis Coffee Shop

Di bawah ini beberapa langkah untuk hitung dan memperoleh nilai BEP bisnis warung kopi Anda.

Mencari Tahu Prediksi Penghasilan Bersih

Memproyeksikan atau meramalkan keseluruhan penghasilan Anda menjadi satu diantara elemen dalam ketahui nilai BEP.

Anda bisa memproyeksikan keseluruhan penghasilan secara harian, mingguan, bulanan atau bahkan juga tahunan.

Biasanya, ukuran penghasilan yang diperlukan secara bulanan. Perhitungan BEP perlu diperkirakan semenjak awalnya membuat usaha.

Ini sebagai salah satunya point utama yang terjadi di perusahaan.

Hitung HPP Minuman Kopi dengan Ketahui Ongkos Masih tetap, Ongkos Faktor dan Ongkos Semi Faktor

Berapakah ongkos yang diperlukan supaya warung kopi Anda masih tetap bisa bekerja? Berapakah ongkos yang diperlukan untuk membuat secangkir kopi?

Beberapa biaya itu penting untuk dijumpai. Tidak cuma untuk elemen perhitungan BEP, tetapi dapat menjadi alat pemikiran untuk keputusan bisnis Anda.

Anda dapat membuat perancangan bujet (RAB) Coffee Shop secara efisien dengan ketahui ongkos apa yang terjadi sepanjang warung kopi Anda bekerja.

  • Ongkos Masih tetap (Fixed Cost)

Ongkos yang perlu Anda keluarkannya baik warung Anda lakukan atau mungkin tidak lakukan aktivitas pemasaran. Contoh dari ongkos masih tetap ialah ongkos listrik, internet, sewa bangunan dan ongkos sama yang lain.

Beberapa staff yang nilai gajinya bisa diprediksikan masih tetap sama sesuai dalam kesepakatan kerja masuk ke perhitungan fixed biaya.

Staff lain seperti kasir, manager, juru masak, terhitung cleaning servis, dihitung sebagai fixed biaya. Tetapi untuk staff yang ditempatkan kerja karena keperluan bisnis yang bertambah, secara tehnis tidak masuk perhitungan fixed biaya.

  • Ongkos Faktor (Variable Cost)

Ongkos yang terkait langsung dengan pemasaran. Ongkos HPP (Harga Dasar Pemasaran) sebagai salah satunya contoh ongkos faktor yang paling penting dan berarti dalam tentukan nilai BEP warung kopi.

Langkah hitung HPP minuman kopi, ini bermakna terhitung hitung persediaan awalnya, pembelian bahan baku sampai persediaan akhir warung kopi Anda.

Variable biaya sebagai ongkos yang bisa dikendalikan. Harga bumbu dan material dasar yang mahal masih dapat diperoleh, ukuran jatah penyuguhan dapat diganti dan beberapa karyawan bisa dikurangkan jam kerjanya dengan beberapa pemikiran.

Untuk perhitungan dasar, pada umumnya variable biaya cuma hitung sekitar makanan.

  • Ongkos Semi Faktor (Semi-Variable Cost)

Gaji karyawan terkadang ditempatkan dalam kelompok semi-variable biaya karena beberapa telah masih tetap dan beberapa tidak.

Pada umumnya, upah karyawan dapat dikendalikan dengan tentukan seberapa banyak pegawai pada sebuah shift, berapakah jam pegawai harus bekerja pada sebuah shift.

Sesudah ketahui prediksi penghasilan dan keseluruhan ongkos masih tetap + faktor, Anda tinggal ketahui nilai setoran modal awalnya Anda.

Setoran modal awalnya dapat datang dari uang individu, hutang atau penanaman modal dari investor. Setoran modal ini Anda gunakan untuk beli beberapa aset dan mengongkosi semua ongkos warung kopi Anda.

Hitung Nilai BEP Coffee Shop

Dengan ketahui semua elemen yang disebut awalnya, Anda siap hitung nilai BEP bisnis Anda.

Formula langkah hitung nilai BEP usaha minuman kopi atau penghitungan bisnis Coffee Shop ialah:

BEP = Setoran Modal Awalnya/Keseluruhan Laba bersih Saat sebelum Bunga dan Pajak

Laba Bersih Saat sebelum Bunga dan Pajak = Keseluruhan Penghasilan Bersih - Keseluruhan Ongkos-Biaya

Sebagai contoh, warung kopi Jawari meramalkan jika warung kopinya akan cetak angka penghasilan rerata sejumlah Rp1.200.000 setiap hari.

Bila dihitung, sepanjang sebulan warung kopi Jawari kemungkinan dapat cetak angka penghasilan beberapa Rp1.200.000 x 12 = Rp14.400.000.

Sesudah dihitung-hitung, keseluruhan Ongkos Masih tetap warung kopi Jawari sepanjang sebulan ialah Rp5.000.000 dan Ongkos Faktornya beberapa Rp3.500.000 hingga Keseluruhan Ongkos ialah Rp5.000.000 + Rp3.500.000 = Rp8.500.000.

Dan Setoran Modal Awalnya warung kopi Jawari ialah Rp150.000.000

Bila ditempatkan dalam formula, karena itu nilai BEP warung kopi Jawari dalam perhitungan bulanan ialah:

BEP = Rp150.000.000/(Rp14.400.000 - Rp8.500.000)

BEP = 25,empat bulan

Sebenarnya, warung kopi Jawari baru dapat capai titik BEP sesudah sekitaran 25 bulan. Hal itu dituruti dengan anggapan nilai penghasilan dan ongkos rerata beberapa yang disebut sebelumnya.

Tetapi pada prakteknya, terang penghasilan dan beberapa biaya yang terjadi sepanjang masa jalan akan beralih-alih.

Yakinkan nilai prediksi penghasilan dan ongkos yang Anda pakai ialah dasar minimum hingga bila warung kopi Anda bisa cetak nilai penghasilan bersih lebih dan dapat jaga ongkos yang terjadi masih tetap teratasi, Anda bisa capai titik BEP bisa lebih cepat.

Ringkasan

Dengan ketahui nilai BEP, minimal Anda mempunyai dasar untuk mulai membudgetkan.membujetkan dan menyiapkan business rencana dan RAB coffee shop Anda.

Break even point sekurang-kurangnya akan menolong Anda lebih selective mengenai bisnis yang ingin Anda mulai.

Tentu saja menolong rencana masak karena bila sebuah perusahaan telah capai BEP, karena itu gampang sekali seterusnya untuk meningkatkan usaha atau melakukan investasi semakin besar kembali.

Untuk ketahui elemen seperti nilai penghasilan dan beberapa biaya, terang Anda memerlukan Laporan Keuangan terutamanya Laporan Laba-Rugi.

Posting Komentar untuk " Langkah Hitung Break-Even Point (BEP) Coffee Shop"