Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Situs Jual Beli Barang Bekas, Dibuang Sayang Lebih Baik Jadi Uang

RumahCom - Menimbun barang bekas di rumah pasti bukan hal yang arif untuk dilaksanakan. Ditambah lagi bila barang bekas, atau banyak yang mengatakan sebagai preloved, makin bertambah dan penuhi rumah Anda. Selainnya membuat rumah jadi berasa sempit, barang yang telah lama tidak dipakai condong kotor dan berdebu. Pasti ini tidak sehatkan untuk bagian keluarga dalam rumah, kan?

Berasa sayang untuk buang atau menghibahkan barang lama pada orang lain? Jika demikian, menjadikan barang bekas Anda sebagai salah satunya sumber untuk hasilkan uang. Artikel ini akan mengulas:

Barang Bekas: Dibuang Sayang Lebih Baik Jadi Uang

  • Sortir kembali barang bekas
  • Daur ulangi barang bekas
  • Dipasarkan

Bermacam Langkah Jual atau Mengurus Barang Bekas Supaya Berguna

  • Situs Jual Beli Barang Bekas: Instagram
  • Situs Jual Beli Barang Bekas: Tinkerlust
  • Situs Jual Beli Barang Bekas: OLX
  • Situs Jual Beli Barang Bekas: Carousell
  • Situs Jual Beli Barang Bekas: Berbelanja Bekas
  • Situs Jual Beli Barang Bekas: Bukalapak
  • Situs Jual Beli Barang Bekas: Tokopedia
  • Situs Jual Beli Barang Bekas: Shopee
  • Situs Jual Beli Barang Bekas: Jualo
  • Situs Jual Beli Barang Bekas: Prelo

1. Barang Bekas: Dibuang Sayang Lebih Baik Jadi Uang

Barang bekas tidak selamanya sebagai barang hancur yang harus Anda buang. Terkadang, barang bekas bisa juga berbentuk barang yang sudah tidak kembali diharapkan oleh pemiliknya, walau keadaan sebenarnya masih bagus.

Coba lihat kembali isi rumah Anda. Adakah barang yang sudah tidak kembali dipakai sepanjang lebih dari setahun, dan Anda juga benar-benar tidak ada niat untuk memakai atau menggunakan kembali barang itu? Bila jawabnya ada, barang itu dapat dikatakan sebagai barang bekas.

Karena condong tidak diharapkan kembali, barang bekas umumnya tidak mendapatkan tempat yang pantas dalam rumah. Bila tidak ditempatkan ke gudang, terletak akan makin terpojok di sudut ruang. Yang jadi permasalahan, barang bekas yang didiamkan pada akhirannya akan menimbun dalam rumah, lalu mengakibatkan rumah berasa sempit dan sesak. Anda pun condong akan berpikiran 2x untuk beli barang baru, karena cemas tidak ada area untuk menyimpan.

Lalu, apa yang dapat Anda kerjakan secara barang bekas?

1. Sortir kembali barang bekas

Pisah di antara barang bekas yang masih bagus dan pantas, dengan barang bekas yang betul-betul telah kedaluwarsa. Untuk barang bekas yang telah kedaluwarsa, Anda dapat membuangnya atau memberinya dengan gratis ke beberapa orang yang lakukan daur ulangi pada barang bekas yang telah hancur.

2. Daur ulangi barang bekas

Untuk barang bekas yang masih bagus, selainnya Anda sumbangkan, Anda bisa juga mendaur ulangi barang itu jadi suatu hal yang baru, hingga Anda tergerak untuk kembali memakainya. Misalkan, mendaur ulangi jaket lama yang telah ketinggal jaman jadi vest.

3. Dipasarkan

Langkah lain yang dapat dilaksanakan dengan barang bekas yang masih pantas ialah menjualnya supaya bisa jadi uang. Terlebih bila barang bekas yang Anda punyai sebagai barang berkualitas dan bernilai lumayan mahal saat Anda pertama kalinya membeli.

Ada beberapa hal yang dapat digunakan dari barang bekas, misalnya dipasarkan supaya bisa jadi uang. Begitu juga beli tempat tinggal. Tentukan lokasi yang vital seperti dekat universitas atau perkantoran hingga kamar yang tidak kepakai dapat dikontrakkan dan jadi uang. Karena itu, check bermacam opsi tempat tinggal dekat universitas atau perkantoran pada harga mulai dari Rp500 juta-an di sini!

2. Bermacam Langkah Jual atau Mengurus Barang Bekas Supaya Berguna

Tertarik jual barang bekas yang berada di rumah? Ada beberapa langkah untuk jual barang bekas. Dikutip dari Liputan6, di negara barat seperti Amerika Serikat, penduduknya mempunyai rutinitas melangsungkan garage sale atau juga bisa dikatakan sebagai pasar loak untuk jual beberapa barang bekas.

Bila Anda tertarik membuat garage sale, triknya tidak susah. Anda cukup pilih barang bekas yang akan dipasarkan, memutuskan harga untuk barang yang akan dipasarkan, dan cari lokasi yang tepat. Berkenaan lokasi, garage sale dapat diselenggarakan di muka rumah, atau juga bisa dengan sewa booth dalam suatu bazaar atau acara.

Sekarang, perkembangan tehnologi memungkinkannya Anda untuk jual barang bekas dengan yang lebih gampang dan ringkas dibanding dengan melangsungkan garage sale, yakni menjualnya di situs jual beli barang bekas. Dengan manfaatkan situs jual beli barang bekas, Anda tidak perlu cari lokasi yang cocok untuk melangsungkan lapak barang bekas Anda. Disamping itu, Anda pun berpeluang untuk mencapai calon konsumen dari daerah lain yang lebih luas dan tidak terbatas ke orang disekitaran rumah atau tempat Anda melangsungkan garage sale.

Bagaimana, berminat untuk jual barang bekas Anda secara mudah dan cepat? Berikut 10 situs jual beli barang bekas yang dapat Anda gunakan.

1. Situs Jual Beli Barang Bekas: Instagram

Walau bukan terhitung situs jual beli barang bekas, Instagram terkenal sebagai sosial media untuk beberapa orang yang sukai jualan. Untuk jual barang bekas di Instagram, Anda tidak perlu membuat account baru. Cukup gunakan account personal Anda dan upload photo barang bekas yang ingin dipasarkan.

2. Situs Jual Beli Barang Bekas: Tinkerlust

Situs Tinkerlust dikenali sebagai perintis online marketplace yang jual beberapa barang mode bekas gunakan, khususnya baju wanita. Untuk jual barang preloved di Tinkerlust, yang perlu Anda kerjakan ialah kumpulkan barang yang akan dipasarkan, selanjutnya daftarkan diri Anda sebagai seller di www.tinkerlust.com/sell. Kirimkan barang Anda ke Tinkerlust dan paling akhir nantikan barang Anda terjual.

3. Situs Jual Beli Barang Bekas: OLX

Situs OLX telah sama dengan situs jual beli barang bekas di Indonesia. Perubahannya juga telah cepat, yakni ada di 106 negara dan memberikan fasilitas beberapa pemakai dengan 40 bahasa. Di OLX, Anda dapat jual beragam tipe barang bekas, mulai dari barang kecil seperti handphone, electronic, sampai jual beli tanah dan rumah bekas.

Langkah memakai situs ini lumayan gampang. Anda perlu membuat account dan mengupload photo beberapa barang bekas yang akan Anda jual dan penjelasannya.

4. Situs Jual Beli Barang Bekas: Carousell

Situs jual beli barang bekas yang satu ini berasal dari Singapura. Carousell khusus memberikan fasilitas pemasaran dan pembelian online untuk beberapa barang bekas seperti make up dan mode wanita. Untuk jualan di Carousell, Anda cukup membuat account di situs itu, dan mengupload beberapa foto dari barang yang akan Anda jual. Salah satunya keunggulan situs ini ialah staff operasinya stand by sepanjang 24 jam untuk layani beberapa konsumen setia.

5. Situs Jual Beli Barang Bekas: Berbelanja Bekas

Dikutip dari Kompas, sebagian besar barang yang dipasarkan di situs ini ialah barang electronic. Tetapi, cukup banyak produk mode yang dijajakan. Salah satunya pembanding di Berbelanja Bekas ialah ada feature perundingan dan lelang. Feature perundingan ini memungkinkannya pemakai atau calon konsumen untuk ajukan perundingan harga ke penjual pada barang yang ditaksirnya. Dalam pada itu, feature lelang memungkinkannya penjual buka harga lelang dari barang yang ingin dia jual.

6. Situs Jual Beli Barang Bekas: Bukalapak

Selainnya dikenali sebagai marketplace yang sediakan bermacam keperluan, Bukapalak memberikan fasilitas beberapa pemakai untuk jual barang bekas di lapaknya. Semua tipe barang dapat Anda jual di Bukalapak dengan aman. Bukalapak mewajibkan penjual dan konsumen memakai rekening bersama untuk berbisnis.

7. Situs Jual Beli Barang Bekas: Tokopedia

Hampir serupa seperti Bukalapak, marketplace Tokopedia memberikan fasilitas beberapa pemakai untuk jual barang bekas dari bermacam kelompok. Proses jual barang bekas di Tokopedia lumayan gampang. Anda perlu membuat account di Tokopedia dan mengupload beberapa foto barang bekas yang ingin Anda jual.

8. Situs Jual Beli Barang Bekas: Shopee

Shopee termasuk juga marketplace yang memberikan fasilitas pemakai untuk berjualan barang bekas. Anda dapat jual apa saja di sini, mulai dari handphone, baju, perhiasan, sampai perlengkapan rumah. Untuk jualan di Shopee, Anda dapat gunakan account konsumen yang biasa Anda gunakan untuk belanja di Shopee.

9. Situs Jual Beli Barang Bekas: Jualo

Situs jual beli barang bekas yang satu ini cukup unik, karena mempunyai feature barter barang dan tawar menawar harga. Jualo mempunyai feature geo search yang memudahkan beberapa konsumen untuk cari barang yang dipasarkan disekelilingnya. Berminat untuk jualan di Jualo? Triknya gampang, yakni Anda cukup buka situs www.jualo.com dan click ‘Pasang Iklan Gratis'. Kemudian, isi form dengan data barang yang akan dipasarkan, dan masukan data diri Anda.

10. Situs Jual Beli Barang Bekas: Prelo

Pertama kalinya dikeluarkan, Prelo sebagai situs jual beli barang preloved khusus wanita. Tetapi, sekarang Anda dapat mendapati bermacam barang preloved untuk pria atau wanita. Tidak cuma mode, ada pula furniture, barang electronic, handphone, sampai perlengkapan dapur yang dipasarkan di Prelo. Ada banyak keunggulan Prelo yang tidak dipunyai oleh situs sama yang lain, yakni mempunyai feature jastip yang memungkinkannya Anda menitip untuk dibelikan barang yang belum ada pada account penjual dan feature sewa barang.

Posting Komentar untuk "10 Situs Jual Beli Barang Bekas, Dibuang Sayang Lebih Baik Jadi Uang"