Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mulai Jualan di Tokopedia dengan Cara Mudah Berikut Ini

Tokopedia pilihan cocok buat Rekan Kledo yang ingin membeli kepentingan tiap hari tapi tidak bisa keluar rumah. Dalam hal marketing, Tokopedia memberikan kemudahan untuk seller untuk mempromosikan produknya.

Tapi dengan semua kemudahan itu, ada beberapa orang yang belum ketahui cara membuka toko di Tokopedia. Karenanya Kledo khusus akan membahasa cara jualan di Tokopedia di sini, yuk baca di sini:

Tokopedia

Tokopedia dibuat di tahun 2009 dan menjadi salah satu unicorn di Indonesia. Imbas dari Tokopedia tidak cuma mencakup perolehan Indonesia, tetapi telah capai semua kawasan di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, Tokopedia jadi marketplace paling banyak dikunjungi. Untuk artis Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Tokopedia memiliki imbas yang cukup besar. Satu diantaranya program dari Tokopedia yaitu MAKERFEST yang telah diadakan setiap tahun sejak tahun 2018.

Selain itu, Tokopedia memiliki program Tokopedia Center di mana pengunjung dapat kerjakan transaksi online-to-offline. Di Tokopedia Center layani transaksi bisnis bisnis-transaksi seperti pembayaran bill, pembelian ticket, informasi cara penggunaan Tokopedia, belanja secara interaktif, dan buat Rekan Kledo yang ingin mencari gagasan usaha juga bisa di sini.

Jualan di Tokopedia

Banyaknya pilihan dalam jual produk di marketplace membuat pemilik usaha harus dalami cara jual produk di marketplace itu. Buat Rekan Kledo yang sering menggunakan marketplace Shopee, peluang tidak kesulitan saat harus belanja atau jualan di sana. Jika kesulitan, Rekan Kledo bisa langsung membaca trick-nya di sini. Tapi apa cara jualan di Shopee sama dengan di Tokopedia?

Pada tingkatan pertama, Rekan Kledo harus membuat akun Tokopedia terlebih dahulu. Berikut cara yang bisa Rekan Kledo lakukan untuk membuat akun Tokopedia langsung dari smartphone Rekan Kledo:

Cara Membuat Akun Tokopedia

Membuat akun Tokopedia tidak membutuhkan banyak syarat. Rekan Kledo bisa membuat akun Tokopedia langsung dari smartphone yang Rekan Kledo punya. Dengan 1 akun Tokopedia ini, Rekan Kledo dapat menggunakannya untuk jualan atau untuk pembelian. Di bawah ini beberapa cara yang bisa Rekan Kledo lakukan:

Buka situs Tokopedia atau bisa mengambil program Tokopedia di Playstore atau Appstore.

Klik Daftar.

Rekan Kledo bisa daftar melalui Facebook, Google Mail, atau nomor handphone. Rekan Kledo bisa tentukan satu diantaranya dari pilihan itu.

Isilah jati diri yang ada di sana secara lengkap.

Rekan Kledo akan mendapat kode OTP yang akan dikirim ke nomor handphone dan sesegera lakukan aktivasi.

Akun Tokopedia Rekan Kledo telah selesai dibuat dan bisa selekasnya digunakan.

Fitur di Tokopedia

Sebagai satu diantaranya marketplace yang terpopuler di Indonesia, Tokopedia memiliki bermacam fitur yang memberikan kemudahan customer setia untuk membeli atau jual produk. Apa yang bisa dikerjakan dengan program Tokopedia?

  • Pesan Ticket Kereta Api
  • Pembayaran Angsuran Kredit
  • Pembayaran Pascabayar
  • Gas PGN
  • Air PDAM
  • Pembelian Pulsa
  • Pembayaran Cicilan BPJS
  • Kontribusi
  • Pembelian Voucher Game
  • TokoCash

Selain terima pembayaran kepentingan tiap hari di atas, Tokopedia memiliki beberapa feature yaitu sebagai berikut:

TopAds

Fitur TopAds yang ada di Tokopedia akan memudahkan pengguana dalam mempromosikan toko atau produk agar dilihat oleh beberapa calon customer. Ini karena produk yang Rekan Kledo jual atau toko Rekan Kledo ada di segi paling atas posting di Tokopedia.

Statistik Toko

Rekan Kledo dapat memantau peralihan toko dengan fitur Statistik Toko yang ada di Tokopedia sampai Rekan Kledo dapat membuat ide untuk tingkatkan toko makin besar kembali. Tapi agar bisa mengkases fitur ini, Rekan Kledo harus menjadi customer setia Gold Merchant.

Gold Merchant

Gold Merchant sebagai fitur di Tokopedia yang akan memberikan kemudahan dalam pengaturan toko. Dengan fitur ini, Rekan Kledo dapat kalkulasi kurs dollar, informasi toko fisik yang dapat dicapai melalui daftar, tambahan admin, dan lainnya.

JNE Online Booking

Selain beberapa feature di atas, Tokopedia memiliki fitur JNE Online Booking di mana Rekan Kledo tidak perlu masukkan resi pengiriman dengan manual karena sudah masuk secara otomatis melalui fitur JNE Online Booking. Dengan begitu, Rekan Kledo bisa makin menghemat waktu.

Preffered Logistic Partner

Tokopedia kerja bersama dengan JNE dalam memberikan logistic partner. Buat Rekan Kledo yang menggunakan ekspedisi JNE akan mendapat potongan cashback beberapa 2% dari ongkos kirim yang dikeluarkan.

TopPoint

Untuk Rekan Kledo yang untung, Tokopedia memiliki fitur TopPoint. TopPoint akan memberikan keuntungan berwujud voucher-voucher yang dapat ditukar dengan cashback sampai 20%.

Lucky Sepakat

Berbeda dengan TopPoint yang diberi ke customer aktif, Lucky Sepakat diberi ke penjual aktif di Tokopedia. Dengan Lucky Sepakat ini, Rekan Kledo akan mendapat sejumlah keuntungan pada suatu periode.

Mulai Jualan di Tokopedia

Setelah mengeahui cara membuat akun di Tokopedia dan beberapa feature yang ada di Tokopedia, ini waktunya Rekan Kledo membuka toko di Tokopedia. Bagaimana sih cara membuka toko di Tokopedia?

Optimis Rekan Kledo sudah ambil program Tokopedia dan login menggunakan akun Rekan Kledo. Selanjutnya, patuhi langkah-langkah berikut ini:

1. Tetapkan Buka Toko Gratis

Tingkatan pertama yang harus dikerjakan untuk memulai jualan di Tokopedia adalah Rekan Kledo tetapkan segi ‘Buka Toko Gratis' yang ada di Tokopedia. Tanpa tentukan ini Rekan Kledo tidak dapat memulai jualan di Tokopedia karena ini sebagai jenjang yang harus dikerjakan.

2. Tentukan Nama dan Link Toko

Menentuka nama dan link toko dikerjakan setelah Rekan Kledo membuka toko gratis. Tentukan nama yang belum dipakai oleh pemilik usaha lainnya. Rekan Kledo bisa menggunakan nama asli toko atau menggunakan nama baru.

3. Lengkapilah Informasi Toko

Informasi yang ada pada akun penjual yang Rekan Kledo punya akan membantu customer saat kerjakan pembelian. Optimis Rekan Kledo menulis infomrasi toko secara lengkap dan jelas, agar nanti tidak ada salah informasi.

4. Isilah Informasi Pengiriman

Informasi pengiriman jadi satu hal yang penting saat Rekan Kledo jual produk di marketplace seperti Tokopedia. Informasi pengiriman ini terhitung di dalamnya waktu pengiriman yang akan dikerjakan.

5. Tetapkan Servis Pengantar Paling Dekat dengan Tempat Tinggal

Selain informasi pengiriman, Rekan Kledo harus tentukan servis pengantar. Optimis Rekan Kledo tentukan servis pengantar yang ada paling dekat dengan alamat rumah Rekan Kledo agar pengiriman kelak semakin lebih mudah.

6. Unggah Daftar Produk yang Ditawarkan

Setelah menyelesaikan jenjang membuka toko di atas, pada tingkatan terakhir, Rekan Kledo mengunggah daftar produk yang ditawarkan. Isilah daftar ini dengan beberapa produk yang akan ditawarkan. Jangan sampai lupa lengkapi informasi produk di harga, deskripsi, dan informasi lainnya yang menurut Rekan Kledo penting dimengerti oleh calon customer.

Posting Komentar untuk " Mulai Jualan di Tokopedia dengan Cara Mudah Berikut Ini"