Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Usaha Kecil-Kecilan dengan Keuntungan Menjanjikan

Contoh usaha skala kecil sebetulnya ada beberapa lho! Siapa ngomong menjalankan bisnis harus diawali dengan modal besar? Malah dengan jalani usaha modal kecil lebih dahulu, kamu dapat menyiapkan psikis dan belajar semakin banyak masalah mengurus usaha.

Salah satunya misalnya, bisnis dengan modal 1 juta saja. Selainnya tidak susah untuk kamu mengumpulkan modal, resikonya cukup kecil. Modal 1 juta tidak terlampau besar jadi resikonya tidak terlampau besar. Untuk kamu yang baru mengawali bisnis skala kecil pasti kebingungan harus mengawali darimanakah.

Berikut sejumlah panduan untuk mengawali bisnis kecil di bawah satu juta dan apa saja contoh usaha kecil kecilan yang menjadi idemu.

Contoh usaha skala kecil yang kamu dapat aplikasikan di dalam rumah

Kamu dapat mengawali usaha modal kecil untuk pilih tipe bisnis sama sesuai dengan ketertarikan dan kekuatan kamu. Baca beberapa macam usaha yang menjanjikan seperti berikut:

1. Counter pulsa bisa saja contoh usaha skala kecil

Contoh usaha skala kecil pertama kali yang dapat dijadikan idemu ialah berjualan pulsa. Ide bisnis modal kecil ini dipandang memberikan keuntungan dalam periode panjang seperti pulsa menjadi sisi dari keperluan warga saat ini. Oleh karena itu, berjualan pulsa tentu dech nyaris tentu akan laris. Belum juga jika kamu membuka lapak pada tempat vital.

Tidak perlu jauh sewa ruang di mall tertentu, kamu dapat membuka counter pulsa di muka teras rumah. Dengan catatan, rumah kamu memang cukup kerap dilewati orang, ya.

Dana yang kamu perlukan buat bisnis skala kecil ini, diantaranya:

  1. Etalase kaca ukuran kecil Rp200.000
  2. Kartu pertama 1 pack Rp200.000
  3. Deposit Pulsa Rp600.000
  4. Total Rp1 juta

Alternative yang lain, tidak perlu gunakan etalase kaca dan jual kartu pertama, kamu dapat simpan pertanda. Lekatkan kertas di muka rumah dan beritahu tetangga jika kamu saat ini berjualan pulsa.

Dengan getho, kamu dapat alihkan modal 1 juta buat deposit pulsa. Keuntungan yang kamu dapatkan sekitaran Rp200 beberapa ribu dengan modal itu. Perhitungannya ialah keuntungan Rp2000 per sekali isi Rp10 ribu.

2. Contoh usaha skala kecil yang lain: bisnis souvenir

Bisnis buat kepentingan pernikahan memang tidak sempat ada matinya dech. Kuncinya kamu dapat buat suatu hal yang memikat. Salah satunya kepentingan pernikahan yang paling dicari ialah souvenir. Modal buat bisnis ini juga tidak perlu besar.

Contoh, souvenir kain flanel bisa kamu wujud jadi gantungan kunci, bros, atau tempat tidur. Kain flanel 1 mtr. dapat buat 50 gantungan kunci dengan perincian seperti berikut.

  • Kain flanel 1 meter Rp15 ribu
  • Gantungan kunci 5 lusin Rp5 ribu
  • Lem 4 buah Rp2 ribu
  • Benang jahit 1 buah Rp2 ribu
  • Jarum jahit 1 buah Rp500
  • Maintenance Rp3 ribu
  • Keseluruhan Rp27.500

Tiap gantungan kunci dipasarkan Rp4 ribu, kalikan 50 karena itu hasilnya Rp200.000. Nach, umumnya buat pernikahan, terutamanya pernikahan simpel, perlu 250 gantungan kunci. Keseluruhan Rp1 juta.

Dari sana, kamu bisa keuntungan sekitaran: Rp1 juta - (Rp27.500 x 5) = Rp862.500. Nyaris 2x lipat, ya!

3. Contoh usaha skala kecil: jual makan pagi

Masih pakai teras rumah sebagai tempat menjalankan bisnis, tetapi ini kali kamu pakai buat jualan makan pagi bikinan kamu.

Menu makan pagi lumayan gampang diproses. Misalnya, nasi uduk atau lontong sayur. Walau lumayan gampang diproses tetapi menu ini tentu dicintai oleh warga Indonesia.

Saat ini tergantung pada kamu dapat buat makan pagi yang sedap atau tidak. Dan tidak boleh salah lho, saat menu makanan yang kamu jual nikmat, karena itu cukup banyak orang yang mereferensikan beberapa makanan itu pada orang lain.

4. Contoh usaha skala kecil: terima pesanan kue

Di beberapa hari tertentu kamu dapat terima pesanan kue. Sudah pasti kue yang menjadi unggulan kamu donk. Misalkan, kue kering, kue basah atau tipe kue-kuean yang lain.

Mana ada sich yang dapat menampik kenikmatan jajan yang ini. Sasaran pasarnya ditanggung berada di mana saja.

Bisnis ini tidak perlu banyak modal. Tetapi memang tergantung dalam jumlah pesanan kue yang kamu terima juga.

5. Contoh usaha kecil kecilan: waralaba minuman

Contoh bisnis skala kecil selanjutnya ialah waralaba minuman. Beberapa dari tipe usaha ini dapat diawali dengan modal Rp1 juta-an saja. Tetapi jangan cuman tentukan franchise minuman lho ya.

Sering faksi franchisor memang tawarkan pola balik modal yang menarik. Tetapi hal tersebut bisa jadi jadi "perangkap betmen".

Pola itu cuma hanya contoh saja. Contoh bisa kece, tetapi produk belum pasti kece. Sepakat tidak?Pada dasarnya, semua akan kembali kembali ke minuman apa yang kamu jual.

Jika memang minuman itu kembali hits atau dicari beberapa orang, karena itu keuntungannya dapat besar. Tetapi jika tidak sama sesuai dengan pasar, yang ada malah kebalikannya.

6. Jasa jahit non-obras

Membuka usaha jahit tidak perlu harus investasi dengan membeli mesin jahit mahal. Dengan yang sisa juga dapat, namanya bisnis skala kecil.

Persiapkan saja beberapa perlengkapan berikut ini.

  • Mesin jahit bekas Rp800 ribu
  • Jarum dan benang Rp300 ribu
  • Keseluruhan Rp1,1 juta

Pasarkan saja beberapa jasa vermak baju ke tetangga-tetangga yang memerlukan. Jika memang kamu belum mempunyai ketrampilan ini, pelatihan jadi kok.

7. Butik preloved mekanisme konsinyasi

Tertarik jual beberapa barang sisa? Coba membuka butik simpel di rumahmu.

Mengajak rekan-rekan untuk titip jual barang preloved mereka di lapakmu dan kamu tinggal mengambil untung saja dari tiap pemasaran. Atau jika kamu memang punyai outfit-outfit yang tidak kepakai, dapat dipasarkan di sini juga.

Persiapkan saja barang-barang berikut ini.

  • Rack pakaian menggantung 5 buah Rp500 ribu
  • Hanger pakaian 50 buah Rp600 ribu
  • Lain-lain Rp200 ribu
  • Total Rp1,tiga juta

Pokoknya, rak-rak pakaian menggantung itu akan jadi rack display t-shirt, baju, atau dress-dress prelove yang dititip oleh rekanmu. Agar semakin cepat cuannya, janganlah lupa membuka account Instagram khusus berjualan dan promokan di situ ya.

8. Bisnis parkir buat yang tempat tinggalnya vital

Untunglah untuk kamu yang punyai property di wilayah vital, misalnya dekat mall, perkantoran, stasiun dan yang lain. Tempat property kamu itu dapat menjadi tempat parkir.

Tempat parkir yang makin padat di bangunan-bangunan seperti mall, perkantoran dan yang lain jadi kesempatan bagus yang perlu kamu tangkap.

Modal buat buat tempat parkir ini tidak sampai sejuta. Misalkan, buat buat portal simpel saja. Selanjutnya, yang jelas, yakinkan keamanannya harus juga jaga tempat itu sepanjang masih tetap ada kendaraan di situ.

9. Bisnis kaos preorder

Contoh bisnis skala kecil yang sangat menarik untuk dilaksanakan ialah buka jasa kaos preorder. Industri fesyen memanglah tidak sempat ada matinya, dan ini sebagai salah satunya sela bisnis yang perlu kamu lalui.

Mengawali bisnis distro memerlukan modal yang cukup banyak, kamu dapat mengakalinya dengan mengawali bisnis kaos preorder.

Dengan mekanisme preorder, kaos atau pakaian yang hendak dibuat ialah kaos yang telah diminta dan yang telah membayar DP (down payment) atau uang muka.

10. Contoh usaha skala kecil: berjualan sayur-mayur

Usaha ini pas untuk yang telah berumah-tangga. Berbelanja buat keperluan rumah tangga dapat sekaligus kamu menjadikan tempat bisnis.

Triknya ialah kamu belanja bahan sayur-mayur dan keperluan dapur yang lain di pasar. Selanjutnya, kamu jual kembali di teras rumah.

Tidak perlu banyak modal buat ide bisnis satu ini. Kamu dapat pinggirkan 1 juta buat membeli beragam sayur, beberapa buah, bumbu-bumbu dan beberapa kg ikan atau ayam. Keuntungannya cukup, lho.

Kamu dapat mengambil margin dengan jumlah tertentu yang menjadi keuntungan untuk kamu.

Untuk dapat jalani bisnis ini, pastikanlah kamu tidak malas untuk bangun pagi ya. Berbelanja di pasar itu harus pagi-pagi, karena jika siang, yang ada kamu justru kekurangan stock dari pasar.

11. Jual kue dan jajan pasar

Untuk kamu yang hoby mengolah, jual kue dan jajan pasar jadi opsi untuk usaha dengan modal kecil.

Kamu dapat jual beragam jajan pasar dimulai dari risol, pastel, lemper, dan arem-arem. Kue dan jajan pasar memanglah tidak mempunyai modal yang terlampau besar. Bila kamu dapat jual dengan rasa yang nikmat, kamu pasti dicari beberapa konsumen.

12. Toko kelontong

Selainnya jual kue dan jajan pasar, kamu kemungkinan dapat memperoleh keuntungan dari contoh usaha skala kecil dengan langkah buka toko kelontong.

Kamu dapat jual beragam kepentingan setiap hari dimulai dari kopi, roti, air minum, dan beberapa berjualan makanan ringan. Kamu dapat mengawali buka toko kelontong dengan modal diawali dengan harga di bawah Rp1 juta-an.

13. Jual gorengan

Untuk kamu yang tinggal di wilayah padat warga, jual gorengan menjadi opsi yang pas karena beberapa orang yang menyukai mencamil di sore hari.

Kamu dapat jual gorengan seperti bakwan, tempe goreng, cireng, pisang goreng, dan beberapa macam gorengan yang lain. Kamu dapat mengawali usaha ini dengan modal di bawah Rp1 juta-an, lho.

14. Berjualan nasi goreng rumahan

Nach, bila kamu memang mempunyai hoby masak, jual nasi goreng rumahan pada malam hari pasti jadi opsi yang akurat.

Kamu dapat jual menu nasi goreng, kwetiaw, dan mie goreng saat malam hari. Saat sebelum mengawali usaha, kamu dapat coba beragam resep nasi goreng, selanjutnya menanyakan pada tetangga resep yang mana terbaik untuk bisnis nasi goreng.

15. Usaha juice buah

Nach, salah satunya contoh usaha skala kecil di dalam rumah dengan modal kecil selanjutnya ialah dengan buka usaha juice buah. Minuman ini jadi bintang untuk mereka yang menyukai minuman dan makanan sehat. Memang juice buah bagus untuk penuhi gizi badan karena buah memiliki kandungan banyak mineral dan vitamin.

Kamu dapat mengawali usaha ini dengan modal di bawah Rp1 juta untuk kepentingan beli jus dan kepentingan dagang yang lain.

Selainnya jalankan usaha di atas, yakinkan kamu terlindungi dengan asuransi kesehatan. Dengan demikian cashflow individu atau usaha yang kamu lakukan bisa jalan dengan lancar tanpa masalah pengeluaran tiba-tiba karena sakit.

16. Usaha dropship keperluan harian

Contoh usaha skala kecil ini dapat disebut tidak perlu modal, yakni bisnis berbelanja online.

Bisnis berbelanja online adalah yang paling digemari beberapa aktor usaha kecil, keringanan akses dan kurangnya anggaran jadi factornya. Keringanan akses yang diartikan yaitu kamu bisa lakukan bisnis tanpa perlu keluar dari rumah.

Disamping itu kamu perlu keluarkan anggaran untuk paket internet tiap bulannya. Karena memercayakan mekanisme dropship, kamu tidak perlu keluarkan anggaran untuk modal berbelanja yang besar.

Langkah kerjanya ialah pakai handphone yang kamu punyai untuk mempublikasikan beberapa produk yang kamu jual lewat media sosial. Upayakan produk yang dipasarkan terkait dengan keperluan harian supaya pecinta barangnya terus ada, misalkan seperti pakaian, perlengkapan rumah tangga, jilbab dan lain-lain.

Hal yang lain harus kamu lihat yakni tentukan reseller yang paling dipercaya, saksikan ulasan dari beberapa konsumen di online shop yang hendak jadi reseller kamu.

Ini ditujukan supaya produk yang kamu jual sesuai harapan konsumen. Kerjakan bisnis ini dengan stabil, karena itu keuntungannya dapat benar-benar menjanjikan.

17. Usaha laundry

Buka usaha laundry memang memerlukan modal yang cukup besar, yakni sekitaran Rp7 juta sampai Rp10 juta. Tetapi tidak boleh cemas bila modal yang kamu punyai cuma Rp1 juta, karena itu kamu bisa mengawalinya dengan usaha laundry rumahan.

Triknya yakni bekerja bersama dengan usaha laundry yang telah besar. Mekanisme kerjanya ialah rumah kamu jadi tempat untuk kumpulkan pakaian beberapa konsumen setia yang ingin membersihkan bajunya.

Disamping itu kamu harus juga memisah pakaian itu berdasar kelompok tipe baju. Selanjutnya nantikan pengantar laundry tiba ambil semua baju itu. Keuntungan yang kamu bisa ialah komisi dari setiap potong baju yang dicuci konsumen setia. Lumayan gampang kan?

18. Jasa bikin photo

Untuk kamu yang ingin mengawali bisnis dengan modal kecil dan memberikan keuntungan, coba bisnis jasa bikin photo. Dengan bekal printer, tinta dan kertas photo kamu bisa mengawali bisnis ini.

Belilah printer dengan harga murah yang mempunyai kekuatan wireless, sehingga kamu perlu handphone tanpa memerlukan netbook atau computer kembali bila ingin cetak photo.

Bahkan juga bila kamu mempunyai kekuatan membuat desain sebuah photo maka jadi nilai lebih dalam bisnis ini. Kamu dapat mendapatkan keuntungan lebih dari photo yang kamu ubah dan kamu bikin. Selamat mempraktikkan.

19. Contoh usaha skala kecil: bersihkan motor

Bertambahnya jumlah pemakai motor berdasar data tubuh pusat statistik (BPS) lewat web https://databoks.katadata.co.id capai 81,5 %. Peningkatan ini pasti bisa buka kesempatan kamu untuk mengawali bisnis jasa bersihkan motor.

Modal yang diperlukan yaitu pompa air, semir ban, shampo motor dan kain untuk keringkan. Dengan dengan modal Rp1 juta, bisnis ini telah menjadi sumber rejeki untuk kamu dan orang yang kamu karyakan.

Bila bisnis ini berkembang cepat kamu bisa menambahkan compressor untuk keperluan bisnis bersihkan motor kamu yang akan datang.

20. Contoh usaha skala kecil: bisnis pembikinan parsel

Walau bisnis pembikinan parsel termasuk bisnis usaha angin-anginan, tetapi bisa menyuap keuntungan yang paling besar. Contoh usaha skala kecil ini cukup dengan modal Rp1 juta, kamu bisa beli keranjang parsel dan perlengkapan simpatisan yang lain.

Tidak boleh acuhkan peluang besar seperti mendekati hari raya, karena ini sebagai event yang baik dalam meningkatkan bisnis pembikinan parsel.

Bahkan juga bila kamu pandai dalam membuat taktik pasar, kamu bisa meningkatkan bisnis parsel ini dalam rasio yang intensif seperti parsel untuk pernikahan.

Karena itu bisnis ini tidak jadi bisnis angin-anginan kembali, karena tiap bulan bahkan juga minggu tentu ada-ada saja orang yang melangsungkan pernikahan. Dan janganlah lupa untuk kerjakan promo di sosial media supaya capaian bisnis pembikinan parsel kamu makin luas.

21. Contoh usaha skala kecil: usaha makanan beku

Hidup serba ringkas sekarang telah seperti jargon untuk warga kekinian. Hidup serba ringkas ini meliputi makanan yang dimakan sehari-harinya.

Karyawan kantoran, ibu muda cenderung pilih makanan dengan penyuguhan yang ringkas dengan kata lain tidak repot. Kamu dapat sekali menjadikan kesempatan kali ini sebagai bisnis usaha. Buka usaha jual makanan beku cuma membutuhkan freezer dengan ukuran cukup besar.

Bila anggaran yang dipunyai kurang cukup beli freezer baru, karena itu belilah freezer second dengan kualitas yang baik. Atau kamu bisa juga pakai freezer kulkas kamu untuk sebentar.

Resiko jual makanan beku benar-benar kurang alami basi, karena makanan yang dipasarkan memang khusus dibungkus untuk bertahan lama.

22. Contoh usaha skala kecil: jual mainan anak

Bisnis berjualan mainan anak dapat benar-benar memberikan keuntungan bila ditelateni. Kamu perlu modal kurang dari Rp1 juta untuk beli mainan anak di pasar yang jual dengan harga grosiran. Mendapatkan harga grosiran membuat kamu dapat menaikan harga semakin tinggi.

Tetapi penting diingat dalam menaikan harga mainan, kuncinya ialah untung sedikit tetapi barang atau mainan yang laris banyak, tidak boleh justru kebalikannya.

23. Contoh usaha skala kecil: jasa cukur rambut

Jasa cukur rambut memungkinkan untuk ditelateni bila kamu mempunyai spirit di bagian ini. Cukup dengan modal gunting dan alat potong rambut, kamu bisa buka usaha cukur rambut di teras rumah.

Modal yang diperlukan untuk buka usaha ini lebih kurang cuma Rp1 juta, karena alat pangkas yang dipasarkan sekitar Rp150 ribu sampai paket alat pangkas yang komplet sekitaran Rp900 beberapa ribu.

Siapakah yang tidak tertarik dengan contoh usaha skala kecil yang ini? Modal keluar sekali, tetapi untungnya berulang-kali!

24. Contoh usaha skala kecil: usaha warung kopi

Buka warung kopi atau umum disebutkan warkop jadi kesempatan bisnis yang cukup menarik. Kamu bisa mendapat untung sekitaran 50% dari modal yang kamu keluarkannya.

Karena nilai jual satu cangkir kopi dengan kopi saset perbandingannya cukup jauh. Secangkir kopi biasa dipasarkan Rp2.000 sampai Rp3.000 dan modal satu saset kopi bubuk tidaklah sampai Rp1.500.

Jadi keuntungan ini dapat benar-benar menjanjikan. Kamu dapat buka warung kopi di teras rumah atau jualan disekitaran stasiun dan terminal.

25. Contoh usaha skala kecil: jasa bersihkan sepatu

Bisnis bersihkan sepatu jadi bisnis yang terkenal belakangan ini. Dengan jumlah pelaku bisnis yang masih tetap sedikit memungkinkannya kamu mempunyai kesempatan untuk kuasai pasar. Modal yang penting kamu mengeluarkan tak perlu besar, mulai dari bisnis bersihkan sepatu rumahan.

Kamu perlu modal detergent khusus sepatu yang disamakan dengan setiap tipe sepatu, perbekalan pengetahuan menjaga sepatu dan perlengkapan untuk membersihkan sepatu yang tepat.

Janganlah lupa utamakan kualitas pencucian supaya konsumen yakin selalu balik lagi. Pakai taktik marketing yang efisien agar mencapai pasar yang bertambah luas.

Posting Komentar untuk " Contoh Usaha Kecil-Kecilan dengan Keuntungan Menjanjikan"