Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Peluang Usaha Pom Bensin Mini dan Tips Sukses Memulainya


Sekarang ini, usaha pom bensin mini banyak mulai disukai, khususnya di wilayah yang belum ada SPBU. Usaha ini sebetulnya relatif gampang dan pas digerakkan oleh siapa dan dari background apa saja, dimulai dari ibu rumah-tangga, pegawai, pensiunan dan beberapaya, karena usaha ini digerakkan dengan alat yang kekinian yang memudahkan servis ke customer. Bagaimana sebetulnya peluang usaha ini? Berapakah modal yang diperlukan dan bagaimana tips-nya supaya usaha ini memberikan keuntungan? Baca penuturannya dalam artikel di bawah.

Bertambahnya jumlah kendaraan di beberapa wilayah di Indonesia, bahkan juga sampai ke penjuru wilayah memang membuat keinginan bahan bakar minyak (BBM) semakin tinggi. Tetapi, di wilayah penjuru umumnya tidak ada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) hingga kendaraan susah memperoleh BBM. Dari keadaan itu, nampaklah tempat pengisian bensin atau pom bensin mini. Tetapi usaha seperti ini dicemaskan tidak aman dan ilegal. Kualitas BBMnya juga tidak terjaga.

Peluang Usaha Pom Bensin Mini / Pertamini

Saat sebelum usaha pom bensin mini ini ramai, pemasaran bensin selainnya di SPBU umumnya dilaksanakan dengan memakai botol sisa dan corong. Tapi cara itu kurang ringkas dan membuat ukuran bensin jadi kurang cocok, hingga bikin rugi customer atau penjual. Customer akan berasa rugi karena jumlah bensin yang diisikan tidak sesuai harga yang perlu dibayarkan, dan penjual rugi karena lama-lama akan kehilangan customer.

Karena itu usaha pom bensin mini dengan ukuran yang lebih cocok jadi sebuah prospect usaha yang baik. Dengan memakai mesin pom bensin mini ini, karena itu ukuran juga semakin lebih cocok. Apa lagi harga mesin dari pom bensin mini dapat dijangkau, hingga pecintanya makin bertambah dari hari ke hari.

Tumbuh suburnya pom bensin mini yang bukan sisi dari PT Pertamina ini selanjutnya menggerakkan perusahaan BUMN itu buka peluang usaha pom bensin mini yang sah ada di bawah pemantauan Pertamina, yakni Pertashop.

Aktor usaha yang tertarik mengawali usaha pasarkan bahan bakar minyak (BBM) tapi tidak cukup modal membuat stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), pilihan buka Pertashop atau usaha pom bensin mini ini bisa saja alternative.

Pertashop ialah SPBU mini yang sah bekerja bersama dengan Pertamina. Harga yang dipasarkan Pertashop sama dengan BBM yang dipasarkan di SPBU Pertamina. Suplai BBM teratur disuplai dari truk-truk bak Pertamina.

Pertashop tipe Gold memiliki pendistribusian 400 liter setiap hari dengan luasan tempat yang diperlukan sekitaran 144 mtr. persegi. Lokasi dari dusun ke SPBU, lebih dari 10 km atau sesuai hasil penilaian.

Untuk tipe Platinum, kemampuan pendistribusiannya 1.000 liter setiap hari, mempunyai bak penyimpanan 10 KL, luas tempat 200 mtr. persegi dan lokasinya di kecamatan yang belum ada SPBU. Sementara tipe Diamond memiliki pendistribusian 3.000 liter setiap hari, mempunyai bak timbun 10 KL, luas tempat 500 mtr. persegi, dan berada di kecamatan yang belum ada SPBU.

Modal untuk Usaha Pom Bensin Mini / Pertamini

Lalu berapakah modal yang diperlukan untuk buka usaha pom bensin mini atau pertamini? Untuk kelompok Gold, minimal diperlukan modal investasi sejumlah Rp 300 juta, Platinum Rp 500 juta, dan Diamond sejumlah Rp 700 juta. Investasi awalnya ini di luar tempat dan pengurusan ijin di lokasi.

Pertamina meningkatkan dua skema investasi. Pertama, Pertamina yang melakukan investasi dan dusun yang jalankan, atau dusun yang lakukan investasi dan ada rasio pembagian keuntungan.

Untuk yang tertarik kerja sama usaha, Pertashop dapat mempersiapkan tempat atau lokasi yang sama sesuai diperlengkapi document tubuh usaha atau tubuh hukum. Kelak akan dilaksanakan survey lapangan untuk menyaksikan kelaikan dari omset dan jarak dengan SPBU atau instansi penyalur Pertamina yang sudah dibuat awalnya.

Kemudian, pengurusan administrasi perizinan ke pemda seterusnya ajukan design dan pembangunan dan tahapan akhir ialah kontrak kerja-sama dengan Pertamina di antara 10-20 tahun. Pola usaha Pertashop hampir serupa dengan SPBU, cuma modalnya memang lebih kecil.

Untuk mendaftarkan jadi agen Pertashop, triknya ialah secara langsung mengontak kantor Pertamina paling dekat atau mendaftarkan melalui online di situs registrasi partner Pertamina. Pada pola investasi dengan partner, semua investasi, baik modal fasilitas dan infrastruktur atau modal kerja, dipersiapkan oleh partner atau dusun hingga keuntungan juga jadi hak partner dusun seutuhnya.

Peluang Usaha Pom Bensin Mini Digital

Selainnya Pertashop, banyak juga banyak muncul pom bensin mini dengan alat digital yang sebetulnya bukan unit usaha dari perusahaan itu. Ini menjadi peluang usaha yang prospektif. Tetapi yakinkan jika pengurusan ijin dilaksanakan secara baik.

Penyiapan Usaha Pom Bensin Mini Digital

Untuk mendapat ijin usaha pom bensin mini, kamu memerlukan beberapa penyiapan yang nanti akan kamu pakai untuk membikin ijin usaha.

1. Persiapkan Modal Usaha

Modal usaha yang diperlukan untuk pom bensin mini ini ialah sekitaran Rp 15 juta, yang mayoritas dipakai untuk beli mesin pengisi BBM dan beberapa yang lain untuk beli BBMnya.

2. Persiapkan lokasi usaha

Kamu harus mempersiapkan tempat yang hendak dipakai untuk memulai usaha ini. Tidak boleh pilih lokasi yang dekat tempat rawan terbakar, misalnya pabrik electronic, pabrik kain, dan semacamnya. Dengan demikian, kamu dapat menghindar risiko kebakaran besar. Lokasi yang vital jadi aspek khusus yang tentukan kesuksesan usaha ini. Persyaratan lokasi yang baik dalam masalah ini ialah di jalan raya yang dilewati banyak kendaraan tetapi tidak dekat sama SPBU. Lebih bagus kembali bila lokasinya dekat perkantoran, pabrik atau sekolah.

3. Mesin pom bensin mini

Cara ke-2 yaitu pastikan mesin pom bensin mini yang bagaimana yang hendak kamu pakai, karena di pasar ada beragam mode pada harga yang berbeda. Agar surat ijin sukses diedarkan dari lembaga berkaitan, harus ada keterangan mengenai mesin pom bensin mini ini. Dengan demikian faksi yang berkuasa merasakan aman dan dapat pastikan jika usaha yang kamu lakukan tidak akan bikin rugi warga sekitaran. Beberapa mode mesin salah satunya ialah mesin dengan 1 nozzle dan mesin dengan 4 nozzle. Disamping itu, ada mesin yang tangkinya ditempatkan dalam box hingga memiliki sifat portable, ada juga yang tangkinya dalam tanah atau non portable. Mode yang termurah ialah 1 nozzle dengan bak portable.

4. Mendapat surat ijin usaha

Proses untuk mendapat surat ijin usaha ini tidak sesusah yang dipikirkan. Cukup turuti proses di SPBU di lokasi kamu. Saat bertandang ke pom besar atau SPBU ini, seterusnya kamu akan disuruh isi formulir yang berkaitan surat ijin usaha pom bensin mini itu. Ongkos yang dikenai lebih kurang Rp 200.000,- Faedah membuat surat ijin usaha ini yaitu agar kamu bisa mendapat suplai bensin pom bensin mini yang dari SPBU . Maka bisa disebut penting, karena nanti SPBU bisa menjadi vendor kamu.

5. Mengurusi ijin yang lain

Bukan hanya ijin dari SPBU saja, kamu harus juga minta ijin dari instansi-instansi, diantaranya : RT, RW, faksi dusun, dinas dan kepolisian di tempat, kelurahan di tempat, dan dinas perindustrian dan perdagangan

Bakal ada beberapa biaya yang perlu kamu mengeluarkan untuk masalah administrasi dan hal pemberian izin ini. Ongkos yang dibanderol berbeda setiap wilayah, dan infonya ada di lembaga berkaitan.

Saat minta ijin ke dinas perindustrian dan perdagangan, umumnya kamu akan ditujukan membuat Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), karena tiap orang yang mempunyai usaha harus membuat SIUP.

Peranan SIUP untuk alat bila usaha yang digerakkan itu legal, karena sudah mendapat kesepakatan pemerintah berkaitan kegiatan usaha.

6. Mengambil karyawan

Jika ke-2 penyiapan di atas telah usai, setelah itu cari karyawan hingga kamu tak perlu repot jaga sendiri dan dapat konsentrasi ke sisi management usaha pom bensin mini ini.

Prediksi Keuntungan Usaha Pom Bensin Mini

Agar dapat hitung berapakah prediksi nilai keuntungan yang dapat kamu dapatkan dari jalankan usaha ini, karena itu di sini akan dipakai contoh pemasaran tipe bensin Pertalite, yang sekarang ini terbanyak dipasarkan.

Bila diibaratkan harga Pertalite per liter ialah Rp 7.800, dalam pada itu rerata nilai jual di kios pom bensin mini yaitu Rp 9.500 per liter, ada beda harga sejumlah Rp 1.700 dan berikut yang hendak jadi keuntungan pebisnis pom bensin mini.

Jika kita prediksikan keseluruhan pemasaran dalam satu hari ialah 50 liter, karena itu keuntungan yang didapat ialah Rp 85.000. Dengan demikian, keuntungan yang hendak kamu peroleh sepanjang satu bulan yakni Rp 2.500.000.

Tapi, kamu harus ingat jika pemasaran 50 liter setiap hari ini bukanlah angka tentu. Bisa saja satu waktu saat ramai dapat semakin banyak, namun kebalikannya di saat sepi dapat semakin sedikit.

Salah satunya hal yang paling memengaruhi seberapa banyak pemasaran dalam satu hari itu ialah lokasi pemasaran, bila lokasinya vital, karena itu kesempatannya akan lebih baik, misalnya di tepi jalan besar yang ramai. Dengan keadaan semacam ini, omset 50 liter setiap hari itu ialah suatu hal yang tidak susah didapat.

Tips Usaha Pom Bensin Mini

Tidak boleh Jual Terlampau Mahal

Salah satunya tips sukses jualan bensin pom bensin mini ialah tidak boleh jual pada harga terlampau mahal. Harga yang bagus ialah Rp 1.000 s/d Rp 1.500 semakin tinggi dari harga di SPBU. Tetapi semuanya bergantung keadaan wilayah masing-masing.

Tidak boleh Jual Bensin Kombinasi

Dalam usaha apa saja, kamu harus jaga keyakinan customer dan janganlah sampai membuat customer sedih, karena hal tersebut dapat memiliki arti rugi besar untuk usahamu. Hal ini berlaku untuk usaha pom bensin mini. Karena itu, pastikanlah kamu jual bensin yang berkualitas. Tidak boleh sesekali jual bensin kombinasi. Di satu segi memang memberikan keuntungan meskipun dengan tidak baik, tapi di lain sisi bikin rugi customer. Konsumen akan sedih dan tidak akan balik.

Tentukan Lokasi Kios yang Jauh dari SPBU

Karena kamu jual dengan beda harga tambah mahal dari SPBU, karena itu jangan sampai jualan di wilayah yang dekat sama SPBU.

Waspada Pesaing

Sepanjang ada modal yang memenuhi dan tekad untuk mengawali usaha, semuanya orang mempunyai peluang yang serupa untuk memulai usaha pom bensin mini ini, karena itu kamu perlu siaga. Apa lagi bila ada yang buka usaha yang serupa di dekat lokasi kamu. Trick yang bisa dicoba dengan permainan harga. Tidak boleh ambil keuntungan yang kebanyakan. Misalnya pesaing memasangkan beda harga Rp 2000, karena itu kamu cukup hanya Rp 1500 saja.

Menjaga Kualitas Service

Tambahkan selalu kualitas servis ke konsumen setia, dengan memberi servis harus ramah dan selalu stand by. Kadang, ada kios pom bensin mini yang ditinggal oleh pemilik atau pekerjanya, hingga konsumen akan kesusahan. Disamping itu, siapkan juga tempat parkir yang gampang. Yakinkan mesin pengisi telah diatur secara benar hingga ukurannya cocok. Bila mesin kamu memiliki masalah, kerjakan pembaruan lebih dulu untuk jaga kepuasan konsumen setia senang, hingga mereka akan balik kembali.

Posting Komentar untuk "Peluang Usaha Pom Bensin Mini dan Tips Sukses Memulainya"