Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas


Bisnis Jual Beli Motor Bekas - Di Indonesia pemakai kendaraan motor termasuk sangatlah tinggi dibandingkan mobil. Pasalnya selainnya harga mobil lumayan mahal, kendaraan motor lebih efektif dipakai saat keadaan macet. Oleh karena itu bisnis jual beli motor dapat di ucapkan mempunyai prospect yang ceria, selainnya modalnya yang relatif kecil, bisnis jual beli motor bekas juga di gandrungi akhir-akhir ini.

Ini dapat dipandang dari kenaikan pemasaran sepeda motor setiap tahunnya, tidak cuma bisnis jual beli motor barusan, bisnis jual beli motor bekas juga sama. Oleh karena itu, bisnis ini termasuk baik untuk prospect yang akan datang. Ditambah dengan keinginan barang yang tinggi, tentu saja ini menjadi kesempatan bisnis yang baik untuk memperoleh pendapatan.

Sayang tidak seluruhnya orang sanggup beli motor baru yang harga masih termasuk cukuplah tinggi, jalan keluarnya dengan beli motor bekas yang harga tambah murah dan dapat dijangkau. Sudah pasti, sepeda motor lebih di meminati, karena tingkat kemacetan yang makin kronis, ditambahkan lagi karena ada trend ojek Online yang membuat keinginan sepeda motor makin tinggi.

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas

Agar bisa memulai bisnis jual beli motor bekas, kamu perlu coba beragam taktik pemasaran yang tepat dalam bisnis. Meskipun bisnis ini termasuk berprospek tinggi dan memakai modal yang relatif kecil. Tetapi kalau kamu tidak mempunyai taktik pemasaran yang cocok, karena itu semua akan sia sia. Yang terjadi justru usahamu akan tidak terurus dan tidak untung.

Nach berikut Bisnis7 akan membahas mengenai 7 Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas, yang bagus dan hasilkan untung. Janganlah sampai kamu salah cara dan taktik dalam memulai bisnis, baca penuturannya di bawah ini.

1. Jeli dan cermat saat menentukan motor

Berbeda hal bila kamu beli motor baru di dealer motor, yang sudah tentu kwalitasnya terjaga, beli motor bekas tentu saja dibutuh kan kecermatan yang tinggi. Janganlah sampai tertipu dengan sisi luar yang kelihatan masih mulus dan elok, walau sebenarnya aslinya mesinnya telah hancur atau bobrok.

Bisnis jual beli motor bekas, diperlukan kecermatan dan pintar pilih barang yang bagus, tidak boleh cuma menyaksikan dari segi luarnya saja. Tetapi check sisi dalam mesin dan performnya. Namanya bekas, tentu pernah dipakai orang awalnya kan? Oleh karena itu, pandai pintarlah pilih barang yang pantas dipakai, supaya dapat kamu jual belikan kembali.

Untuk kamu yang ingin memulai bisnis jual beli motor bekas, kamu harus tahu dan memahami benar cara check dalam dan luar sisi motor. Supaya tidak di bodohi dalam bisnis ini, dan ingat reparasi motor yang nanti akan kurangi keuntunganmu.

Disamping itu saat sebelum beli motor untuk di jual kembali, kamu harus check dan tes drive langsung. Supaya bisa rasakan perform dan dapat menganalisis kerusakan motor itu. Dan janganlah lupa untuk beli motor yang mulus dan belum termodifikasi oleh pemilik lama waktunya.

Mengapa begitu? Karena bila motor telah diubah, cuma akan menghancurkan dan kurangi harga jual motor itu. Pasalnya dealer akan kembalikan motor itu ke settingan pabrik atau standard yang sudah di tentukan oleh mereka.

Ada argumen dibalik modifikasi motor ini, satu diantaranya ialah jika tidak seluruhnya orang ingin memakai motor yang memiliki bentuk unik atau knalpot yang suaranya berisik.

2. Kerjakan perawatan motor dengan optimal

Meskipun motor bekas, kamu tetap harus lakukan perawatan dengan teratur dan optimal. Rawatlah motor bekas itu, minimal sampai terjual kembali dan beralih tangan ke pemilik baru. Contoh saja, lihatlah keadaan tebeng. Karena tebeng motor adalah bagian utama yang selalu diperhatikan oleh konsumen.

Saat tebeng motor telah kedaluwarsa atau keadaannya buruk, tentu harga motor akan alami pengurangan. Oleh karena itu menjaga motor bekas yang hendak di jual kembali benar-benar lah penting, khususnya sisi bagian yang mudah dipandang, seperti ban, tebeng motor, spion, spidometer dan yang lain.

Bila kamu dapat menjaga dengan optimal elemen motor bekas akan kelihatan masih tetap bagus. Dan ini dapat membuat harga motor tinggi di pasar, makin terurus harga motor makin tinggi.

3. Check pajak motor

Kita setuju dan ketahui bila menunggak pajak sebuah kendaraan, karena itu harga kendaraan itu makin rendah. Benar-benar di menyayangkan sekali, bila karena menunggak pajak, harga motor dapat turun mencolok. Maka dari itu, periksalah pajak motor yang hendak kamu jual kembali.

Saat pajak motor di bayarkan on time, tentu saja harga motor itu semakin lebih konstan, disamping itu faksi konsumen tidak kewalahan untuk mengurusi pajaknya. Bisa saja, konsumen akan senang bila kendaraan motor yang kamu jual tidak menunggak pajak, dan bukanlah hal yang mustahil jika konsumen akan mereferensikan ke teman dekat, saudaranya atau yang lain, untuk beli motor di usahamu.

4. Yakinkan beberapa surat komplet

Selainnya memeriksa pajak kendaraan motor, kamu harus juga check kelengkapan surat suratnya. Beberapa surat yang dimaksud di sini yaitu, document sah yang dikeluarkan oleh faksi kepolisian. Baik itu BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) atau STNK (Surat Pertanda Nomor Kendaraan). Saat kamu beli motor bekas, pastikan beberapa surat itu asli dan komplet.

Disamping itu, check KTP (Kartu Pertanda Warga) dari nama yang berada di dalam BPKB tersebut berlaku. Karena ini akan mempermudah nanti saat mengurusi pajak. Bila STNK dan BPKB tidak ada atau sedang di pertanggungkan, jangan sampai beli motor itu, karena nanti kamu akan merasakan sebuah permasalahan.

Nach untuk meminimalkan risiko permasalahan itu, penting untuk kamu selalu untuk memeriksa beberapa surat kendaraan saat sebelum beli dan menjualnya kembali.

5. Tentukan taktik pemasaran

Setiap bisnis, tentu di perlu kan taktik pemasaran yang tepat dan cocok, agar bisa pasarkan dan jual satu produk. Begitu halnya bisnis jual beli motor bekas. Hal yang pertama, perlu kamu kerjakan ialah tetapkan tipe motor yang hendak di jual kembali. Benar-benar di anjurkan untuk jual satu tipe motor saja dulu, karena jual semua tipe motor benar-benar lah sulit.

Kamu dapat tentukan tipe motor sesuai sasaran pasarnya, misalnya ialah jual tipe motor matic, motor sport, motor bebek atau yang lain. Setiap tipe motor, umumnya ada market share dan komunitasnya sendiri. Karena itu, dengan jual satu tipe motor saja, kamu dapat ketahui arah lebih terang ke mana akan jual motor bekas itu.

Ke-2 , sangat penting untuk ketahui harga pasar motor bekas yang hendak kamu jual. Ini bisa juga dipengaruhi oleh naik menurunnya harga motor baru, maka dari itu kamu selalu harus mengawasi harga jual beli motor baru atau bekas.

Kamu dapat selalu mengawasi harga motor baru atau bekas lewat beragam media di internet. Harga motor itu, menjadi rekomendasimu untuk jual motor bekas, hingga kamu dapat memperoleh untung yang tinggi dalam bisnis jual beli motor bekas.

Yang paling akhir, pikirkan taktik pemasarannya. Kamu ingin jual motor bekas itu lewat kenalan, menjualnya lewat sosial media atau lewat komune motor yang kamu turuti. Semua bergantung dari tipe motor yang hendak kamu jual dan incar.

Disamping itu kamu bisa juga pasarkan usahamu, lewat customer yang menyukai beli barang secara credit. Dalam masalah ini kamu dapat bekerja bersama dengan faksi ke-3 leasing. Kerja-sama dengan leasing dapat menolong kamu jual motor bekas secara credit.

6. Siapkan stock motor bekas

Sediakan stock motor bekas dari beragam mode dan tipe motor yang semacam bisa menarik customer. Bagaimana tidak, bisa saja customer justru memboyong 2 atau 3 motormu sekalian, karena motor yang kamu siapkan kelihatan bagus dan terurus dengan benar dan baik.

Tetapi jangan sampai asal-asalan sediakan stock motor, ini bisa mengakibatkan kemacetan perputaran dana yang kamu gunakan karena motor itu belum laris. Cermat dan cematilah dalam menyaksikan pasar, ini mempunyai tujuan supaya kamu tidak salah ambil cara yang bisa mengakibatkan rugi.

7. Bekerja bersama dengan showroom motor

Di beberapa showroom motor, mereka bukan hanya jual motor baru, ada pula yang jual motor bekas. Nach ini bisa saja peluang yang baik, untuk kamu bekerja bersama dengan showroom motor itu.

Dengan berkoneksi dengan showroom motor, kamu tentu saja akan makin tertolong dalam soal bisnis jual beli motor bekas. Apa lagi bila kamu masih pemula, tentu saja ini menjadi media evaluasi usahamu.

Modal memulai bisnis jual beli motor bekas

Agar bisa jalankan bisnis jual beli motor bekas, kamu tidak harus memerlukan modal yang besar. Sebagai contoh, bila kamu mempunyai uang sejumlah lima juta. Belilah motor bekas dengan harga lima juta, yang tentu saja motor bekas tersebut pantas untuk di jual kembali. Lantas kamu dapat menjualnya kembali dengan harga 5,dua juta. Untung kan?

Ditambahkan lagi bila kamu sukses, jual beberapa unit motor bekas. Tentu saja keuntungan yang hendak kamu peroleh berlipat ganda. Misalnya, bila kamu telah mempersiapkan modal 30 juta, untuk beli motor bekas 6 unit. Selanjutnya kamu menjualnya kembali pada harga tujuh juta per-unitnya. Tentu saja bakal ada konsumen atau customer yang menawar dari harga yang sudah kamu membuka, dan minimal bila di tawar tidak turun terlampau jauh.

Dari deskripsi di atas, kamu sukses memperoleh keuntungan 8-12 juta. Benar-benar untung kan? Nach tentu saja kamu harus memerhatikan sama sesuai beberapa langkah yang telah kami catat di atas. Dengan demikian bukanlah hal yang tidak mungkin kamu akan memperoleh keuntungan yang lebih dari bisnis jual beli motor bekas, meskipun bermodal yang kecil.

Posting Komentar untuk " 7 Tips Memulai Bisnis Jual Beli Motor Bekas"