Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Langkah Bisnis Online Shop Tanpa Modal, Pantas Dicoba, Nih!

Langkah Bisnis Online Shop Tanpa Modal, Pantas Dicoba, Nih!

Bisnis toko online menjadi satu diantara bisnis yang disukai oleh beberapa orang sekarang ini. Bagaimana tidak, dahulu bila ingin membuka toko karena itu harus memiliki modal yang lumayan besar. Tetapi sekarang, kita dapat bisnis tanpa modal, lho!

Dahulu, tidak cuma perlu modal untuk memproduksi, tapi kita harus juga keluarkan uang untuk sewa tempat dan pikirkan ongkos untuk mengaryakan karyawan. Karena bagaimana juga, kita perlu kontribusi seseorang untuk mengurus toko off-line semacam itu.

Sayang, walau ongkos yang dikeluarkan untuk buka sebuah toko besar sekali, hal tersebut tidak menjadi agunan jika tokonya akan sukses. Kompetisi yang ketat, dan keadaan ekonomi dalam negeri yang tidak pasti, membuat beberapa toko mau tak mau gulung alas dan memikul rugi yang cukup banyak. Jangankan untung, dapat balik modal saja masih untung.

Tetapi, hal itu malah benar-benar berlainan bila Grameds buka online shop alias toko online. Tidak seperti toko biasa yang penting modal banyak, modal untuk buka toko online tidak besar. Karenanya jualan lewat cara online di website e-commerce, Grameds tidak membutuhkan ongkos untuk sewa toko atau tempat.

Pada awal membuka, Grameds tak perlu pikirkan ongkos untuk sewa karyawan karena kamu dapat menyelesaikannya sendiri. Baru sesudah toko makin sukses, kita mulai bisa mengambil karyawan untuk menolong.

Dengan keringanan ini, tidaklah aneh bila beberapa orang buka online shop di beberapa situs e-commerce ingin juga sosial media. Jika Grameds adalaah salah satunya orang yang berminat untuk buka toko online, karena itu saat sebelum mengawalinya Grameds harus dahulu nih baca panduan berikut ini!

5 Hal yang Harus Jadi perhatian Saat sebelum Buka Online Shop Tanpa Modal

Buka toko online di e-commerce memang gampang, yang penting Grameds kerjakan cuma mendaftarkan dan dalam beberapa saat, karena itu toko online punyamu siap berdiri. Grameds tak perlu modal besar, tak perlu karyawan, dan tak perlu pusing bagaimana mengongkosi semua pengeluaran operasional itu.

Tetapi, walau gampang tidak berarti Grameds jadi sembarangan dalam buka toko online. Berikut 5 hal yang perlu Grameds lihat saat sebelum buka toko online tanpa modal!

1. Targetkan semua dengan masak

Sebagai pemula, Grameds perlu berencana semua dengan masak. Dimulai dari produk yang hendak dipasarkan, kwalitasnya, harga, bagaimana mekanisme pengangkutannya, promo apa yang hendak Grameds kerjakan, kendala yang hendak ada dan bagaimanakah cara untuk menanganinya.

Sayang beberapa orang ceroboh buka toko online tanpa rencana yang bagus dan cuma tergoda dengan keuntungannya. Walau sebenarnya penghitungan dan rencana itu penting. Pertimbangkan segala hal secara baik, supaya esok lusa saat toko membuka, segala hal lancar dan ada di bawah kendalianmu.

2. Tentukan produk berkualitas

Di toko online, kita mempunyai kebebasan untuk jualan apa saja yang kita ingin. Dari barang yang normal seperti pakaian, buku, tas, dan sepatu, sampai beragam barang aneh dan unik yang trending sekarang ini.

Walau demikian, Grameds pun tidak dapat sembarangan saat menentukan produk yang hendak dipasarkan. Seharusnya, tentukan produk yang kerap Grameds pakai karenanya demikian Grameds tahu kwalitasnya. Membeli produk dari reseller yang paling dipercaya atau akan lebih bagus kembali bila itu ialah reseller online.

Misalkan, Grameds ingin berjualan make-up, karena itu belilah produk dari reseller resminya karena reseller sah tentu cuma jual produk original yang kwalitasnya telah paling dipercaya. Jauhi beli barang di reseller yang tawarkan harga terlampau murah, sebab bisa saja barang yang dipasarkan ialah barang palsu dengan kualitas yang buruk sekali.

3. Pikir bagaimana taktik marketingnya

Yang bernama jualan sudah pasti perlu promo agar beberapa orang tahu. Apa lagi jika memang online shopmu masih baru. Sebetulnya promo toko online lebih gampang daripada toko off-line.

Di toko online Grameds dapat lakukan promo di sosial media, juga bisa membuat giveaway untuk memancing ketertarikan konsumen. semuanya dapat dilaksanakan dengan memakai jasa afiliasi atau jika Grameds punyai uang lebih, kamu dapat memakai jasa selebgram yang punyai penganut beberapa ribu orang.

Selainnya promo di sosial media, Grameds pun tidak bisa lupa untuk lakukan promo di account e-commerce kamu. Dimulai dari sediakan voucer cashback, diskon, sampai gratis ongkos kirim untuk konsumen setia yang telah beli dengan keseluruhan di atas jumlah tertentu.

Taktik marketing penting, karenanya lakukan taktik semacam ini, toko online kamu akan dikenali oleh lebih beberapa orang. Apa lagi jika kualitas produk yang Grameds jual memanglah bagus, konsumen sudah tentu berbaris untuk cek out belanjaan di tokomu.

4. Membuka lapak

Membuat gagasan, pilih produk, dan pikirkan taktik marketing sampai pusing tidak ada fungsinya jika Grameds tidak selekasnya buka lapak. Sesudah semua gagasan siap, selekasnya daftarkan toko di website e-commerce. Agar capaiannya lebih luas, tidak boleh cuma buka toko di satu e-commerce, tetapi di sejumlah e-commerce sekalian.

Selainnya membuat online shop, kamu harus juga selekasnya membuat sosial media karenanya sosial media berikut kamu dapat berpromosi. Daftarkan toko online kamu di beberapa sosial media seperti Instagram, TikTok, dan Facebook.

5. Proses pengangkutannya

Selainnya promo, proses pengangkutan menjadi satu diantara hal yang penting. Pengangkutan yang lamban ditambahkan ongkos ongkos kirim yang mahal akan membuat konsumen jera untuk beli produk di toko online kamu kembali.

Untuk mengakalinya, Grameds dapat sediakan beberapa opsi pengangkutan, bahkan juga sediakan promosi bebas ongkos kirim bersyarat seperti gratis ongkos kirim untuk pembelian di atas jumlah tertentu. Untuk tutupi ongkos ongkos kirim yang perlu Grameds tanggung, kamu dapat meningkatkan sedikit harga produk yang dipasarkan.

5 Langkah Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Salah satunya keuntungan buka online shop ialah Grameds cuma memerlukan modal yang semakin sedikit daripada saat buka toko off-line. Menariknya, Grameds bahkan juga dapat buka toko online tanpa modal sama sekalipun. Tidak yakin? Berikut 5 langkah bisnis toko online tanpa modal yang dapat kamu coba.

1. Jadi dropshipper

Beberapa pemula umumnya memutuskan untuk jadi reseller. Selain modalnya tidak terlalu besar,dengan jadi reseller tak perlu menghasilkan produk yang Grameds jual, tetapi membeli ke vendor.

Tetapi, bila Grameds memang benar-benar tidak mempunyai modal, kamu dapat mengawali jadi dropshipper. Berlainan dari reseller, dengan jadi dropshipper Grameds tidak membutuhkan modal benar-benar karena kamu tak perlu beli produk apa saja. Grameds perlu buka toko online komplet dengan sosial media untuk promo.

Saat ada yang beli, Grameds dapat melanjutkan pesanan sang konsumen ke vendor. Nanti, vendor akan mengirim pesanannya. Lantas, bagaimana Grameds akan memperoleh keuntungan? Keuntungan didapat dari tiap pembelian yang sukses. Jumlah keuntungan tiap barang ditetapkan oleh vendor.

Misalkan, Grameds jual produk make-up. Dari vendor, harga sebuah make-up sekitaran Rp. 70.000 karena itu kamu dapat menjualnya pada harga Rp. 75.000 sampai Rp. 80.000. Dengan demikian, Grameds dapat memperoleh untung sejumlah Rp. 10.000 per produk. Bila ada 100 konsumen, karena itu kamu akan memperoleh untung sejumlah Rp. 1 juta. Cukup sekali, kan?

2. Buka jasa titip barang

Selainnya jadi dropshipper, Grameds bisa juga buka jasa titip barang. Misalkan nih, Grameds ada gagasan ke luar negeri, nach, kamu dapat menyampaikan kabar gagasan ini ke rekan-rekan atau follower kamu jika mereka dapat pesan produk tertentu yang cuma dipasarkan di negara itu. Dan yang bernama jasa titip barang, sudah tentu faksi konsumen atau pemesan wajib melakukan pembayaran lebih dulu, plus ongkos ongkos kirim, dan komisi untuk orang yang membeli di luar negeri.

Dengan buka jasa titip barang semacam ini, Grameds tak perlu modal benar-benar untuk beli barang, karena modal diberi oleh pemesan. Misalnya, kamu ingin ke Korea Selatan untuk berlibur. Kamu dapat menyampaikan kabarnya di post atau story Instagram. Nanti, follower yang ingin beli make-up Korea, cemilan, atau album idol K-Pop kecintaannya, dapat memercayakan daftar belanjanya ke kamu dan bayar beberapa uang lebih dulu. Di luar negeri, kamu dapat membelikan produk yang mereka pesan, lalu mengirimkan sesudah kamu kembali lagi ke Indonesia.

3. Jual barang titipan orang

Grameds yang punyai follower banyak, dapat memakainya untuk jualan. Yang dipasarkan dapat produkmu sendiri atau jika Grameds memanglah tidak mempunyai modal, kamu dapat jual barang titipan seseorang.

Misalkan, ada temanmu yang beli banyak album untuk ikut-ikutan penggemarign idol K-Pop kesukaannya. Dibanding albumnya diberi demikian saja, akan lebih bagus jika dipasarkan ulangi pada harga yang tambah murah. Mekanisme toko online semacam ini umumnya terjadi antara rekan. Pembayarannya juga telah disetujui di antara orang yang memercayakan dan yang jual produk itu.

4. Jual barang dengan mekanisme pre-order

Langkah bisnis toko online tanpa modal yang lain dapat kamu coba dengan jual barang memakai mekanisme pre-order. Mekanisme pre-order ini sebetulnya serupa sekali dengan mekanisme jasa titip online. Perbedaannya ialah di pembayaran.

Toko online yang jual barang pre-order umumnya akan minta pembayaran dari muka, entahlah itu pembayaran secara full atau uang muka. Mekanismenya ini, kamu buka pre-order untuk barang yang memanglah belum sah dipasarkan, kelak beberapa konsumen akan pesan dan membayar.

Umumnya pembayaran dipisah jadi dua langkah. Pertama, yakni mekanisme uang muka, yang mana beberapa konsumen memberi uang muka dengan besaran 1/2 dari harga barang, dan membayarnya saat barang telah dibelikan oleh faksi penjual. Sesudah pembayaran lunas, baru penjual mengirim barang ke konsumen.

Mekanisme pembayaran yang ke-2 ialah pembayaran penuh, yang mana konsumen harus bayar full sesuai harga yang ditetapkan, baru penjual akan membelikan barang yang diminta dan mengirimkan ke konsumen.

Mekanisme ini lebih banyak dilaksanakan oleh toko online album KPop. Umumnya penggemar K-Pop lakukan pre-order untuk album yang hendak di-launching. Mereka bayar uang muka dan membayarnya saat album telah di-launching dan dibelikan oleh penjual. Dengan mekanisme ini, kita dapat memprediksi berapakah barang yang perlu dibeli dan berapakah keuntungan yang kita peroleh.

5. Jual barang sisa alias preloved

Jual barang sisa yang pantas gunakan menjadi opsi memikat untuk kamu yang ingin mengawali bisnis toko online tanpa modal. Yang penting Grameds kerjakan cuma kumpulkan barang sisa yang pantas gunakan, selanjutnya membersihkan.

Barang yang telah bersih dapat dipasarkan kembali dengan harga terjangkau. Sudah pasti barang yang dipasarkan bukanlah barang yang telah hancur, tetapi barang sisa gunakan yang masih bagus kwalitasnya. Makin bagus kualitas barangnya, makin tinggi harga yang dapat kamu pasarkan.

Panduan Supaya Online Shop Masih tetap Ramai Konsumen

Buka toko online memang mudah, yang sulit ialah mempertahankannya untuk selalu jalan. Banyak toko online yang pada awal banyak memiliki pecinta, tetapi pada akhirnya gulung alas secara cepat karena sepi konsumen. Grameds pasti tidak mau itu terjadi, kan? Jika iya, kamu harus nih memerhatikan panduan berikut ini.

1. Buat promosi menarik

Toko online tidak dapat terlepas dari promosi. Untuk memancing ketertarikan konsumen, sebuah toko online harus memberi banyak promosi. Dimulai dari promosi gratis ongkos kirim, promosi diskon di tanggal-tanggal elok, sampai promosi diskon untuk keseluruhan pembelian dalam jumlah yang telah ditetapkan.

Kemungkinan diskon yang kamu beri tidak besar, tetapi yakin dech, hal tersebut akan punya pengaruh pada konsumen. Bagaimana juga, beberapa konsumen akan pilih beli di toko online yang tawarkan produk dengan harga lebih murah dari toko online awalnya. Bila harga yang kamu pasarkan sedikit murah, kemungkinan konsumen akan pilih beli di toko online kamu.

2. Beri servis yang ramah dan cepat

Selainnya harga yang lebih berteman, servis penjual akan memberi kesan-kesan sendiri ke konsumen. Rerata konsumen benar-benar suka dengan seller atau penjual yang fast response dan ramah dalam menjawab tiap pertanyaan.

Kebalikannya, mereka akan kecewa dengan penjual yang lama dalam membalasnya chat ketus. Tidak perduli sebaik apa saja produknya, konsumen semakin lebih pilih toko online yang lain tidak cuma memberi harga terbaik sama barang berkualitas, tapi juga servis yang ramah dan memberikan kepuasan.

3. Lihat kualitas produk yang kamu jual

Kualitas produk terang sebagai hal pertama kali yang harus Grameds lihat. Masalahnya saat beberapa konsumen pesan sebuah produk, mereka mempunyai harapan yang lumayan tinggi berkenaan produk yang hendak mereka peroleh. Baik itu dari sisi performa, atau kwalitasnya.

Bila rupanya sesudah diterima produknya buruk dan berkualitas rendah, konsumen sudah tentu akan berasa benar-benar sedih. Mengakibatkan, mereka akan protes di kotak kometar dan memberi peringkat rendah ke online shop kamu. Ini pasti benar-benar bikin rugi kamu dan toko online. Masih untung jika yang protes cuman satu, jika banyak? Dengan peringkat rendah, konsumen baru sudah tentu kabur karena tidak mau alami nasib yang serupa dengan konsumen awalnya.

4. Pengangkutan yang cepat dan aman

Paling akhir ialah pengangkutan. Yakinkan Gramed lakukan packing produk secara benar dan rapi, plus pastikan produk masih tetap aman. Kita memang tidak tahu apa yang hendak terjadi sepanjang perjalanan. Bahkan juga walau produk yang kita jual bagus dan berkualitas, packing yang jelek akan menghancurkan segala hal. Produk bisa jadi hancur saat sampai ke tangan konsumen.

Untuk menghindar hal tersebut, banyak toko online melapis produknya dengan bubble wrap yang tahan bentrokan, baru selanjutnya membuntelnya dengan packing biasa. Agar makin menarik kembali, banyak toko online memberi beragam bonus kecil saat pengangkutan seperti stiker atau tote bag.

Beberapa orang ingin mengawali sebuah toko online, tetapi tidak mempunyai modal yang cukup buat melakukan. Walau sebenarnya, bisnis toko online itu banyak jenisnya. Beberapa macam toko online bahkan juga tidak memerlukan modal untuk mengawalinya . Maka, buat Grameds yang ingin menjalankan bisnis melalui toko online, kamu tak perlu sangsi, ya!

Untuk Grameds yang ingin pelajari segala hal mengenai bisnis, kamu dapat sekali berkunjung www.gramedia.com. Di sini, kamu dapat memperoleh beragam buku sekitar bisnis dan ilmu dan pengetahuan yang lain. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu usaha untuk menyiapkan info terbaik dan terkini buat kamu.

Posting Komentar untuk " Langkah Bisnis Online Shop Tanpa Modal, Pantas Dicoba, Nih!"