Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Panduan Bisnis Pemula yang Harus Dijumpai

8 Panduan Bisnis Pemula yang Harus Dijumpai

Bila Anda baru ingin mengawali menjalankan bisnis, seharusnya Anda membaca beberapa panduan bisnis pemula lebih dulu. Mengawali bisnis untuk pertamanya kali akan berkesan menakutkan. Tetapi, bila Anda sudah pelajari cara-cara yang pas, peluang Anda tidak berhasil akan makin turun.

Berikut panduan menjalankan bisnis untuk pemula yang harus dijumpai.

Apa Saja Panduan Bisnis Untuk Pemula Yang Bisa Jadi Tutorial?

1. Mulai Saat Anda Masih Mempunyai Penghasilan Masih tetap

Berapakah lama seorang dapat hidup tanpa uang? Jawabnya ialah: sesaat. Kemungkinan perlu waktu yang lama saat sebelum bisnis baru Anda betul-betul hasilkan keuntungan. Oleh karena itu, ada baiknya kalau Anda mulai jalankan bisnis baru Anda saat Anda masih kerja atau masih mempunyai penghasilan rutin.

Anggaplah penghasilan rutin Anda saat ini sebagai safety net kalau-kalau bisnis yang Anda lakukan tidak berhasil. Bila Anda mempunyai safety net, Anda akan dapat coba kembali dan kembali sampai Anda mempunyai bisnis yang sukses.

2. Ketahui Kemampuan dan Kekurangan Anda

Tiap orang mempunyai ketrampilan, kekuatan, pengetahuan, dan pengalaman yang berbeda yang dapat memberi mereka keunggulan tertentu dalam tiap keadaan yang ditemui. Tetapi, tidak ada orang yang mengusai dalam segalanya yang dapat memberi mereka keuntungan pada kondisi apa saja

Hal itu juga terjadi dalam mengawali bisnis baru, Anda harus pahami kemampuan dan kekurangan diri Anda. Janganlah sampai Anda ceroboh membuat bisnis yang di luar kekuatan Anda. Hal itu nanti cuma akan menyusahkan Anda dan peluang membuat bisnis Anda tidak berhasil.

Minimal Anda harus pelajari beberapa hal dasar dalam menjalankan bisnis saat sebelum mengawali, ketahui beberapa hal dasar berkenaan sektor bisnis yang hendak Anda lalui. Hal itu supaya Anda bisa menyesuaikan dan memberi keunggulan bila ada keadaan tertentu yang mencelakakan (contoh: rugi, peluang pailit, dll.).

3. Buat Gagasan Bisnis

Argumen khusus untuk membikin gagasan bisnis lebih dulu saat Anda ingin mengawali bisnis baru untuk mengefisienkan waktu, tenaga, dan uang punya Anda. Bila Anda tidak mempunyai gagasan bisnis yang masak, hal itu cuma akan membuat Anda ketidaktahuan di tengah-tengah jalannya proses pembikinan bisnis itu, yang memiliki arti cuma akan menghabiskan waktu, tenaga, dan uang Anda.

Bila Anda mempunyai gagasan bisnis yang masak, peluang bisnis Anda sukses akan makin bertambah . Maka, selalu yakinkan untuk membikin gagasan bisnis lebih dulu saat sebelum memilih untuk mengawali bisnis baru.

4. Kerjakan Penelitian

Untuk membikin gagasan bisnis yang masak, Anda wajib melakukan penelitian berkenaan industri, pasar, customer, pesaing, dan lain-lain. Anda harus pahami sangkut-paut paling dalam dari bisnis yang hendak Anda mulai.

Dengan pahami segala hal mengenai bisnis yang hendak Anda mulai, peluang Anda lakukan kekeliruan saat menjalankannya akan makin sedikit. Bila ada kekeliruan sekali juga, Anda dapat menanganinya karena Anda telah memahami bisnis yang Anda lalui.

5. Peroleh Kontribusi Professional

Karena hanya Anda mengawali bisnis, tak berarti Anda harus jadi pakar dalam segalanya. Bila Anda bukan seorang akuntan, karena itu Anda harus mengambil seorang akuntan. Bila Anda perlu menulis kontrak, dan Anda bukan advokat, karena itu Anda harus sewa advokat.

Anda akan buang lebih beberapa waktu, dan kemungkinan uang, dalam periode panjang, bila Anda coba lakukan segala hal seorang diri. Apa lagi bila Anda tidak mempunyai kekuatan yang diperlukan pada sektor itu.

6. Yakinkan Anda Mempunyai Uang Modal yang Cukup

Tidak boleh mengharap bila Anda ingin mengawali bisnis, selanjutnya jalan ke bank untuk menghasilkan uang utang untuk modalnya dan memperolehnya demikian saja. Pemberi utang seperti bank tidak menyenangi gagasan baru atau bisnis tanpa reputasi yang bisa dibuktikan.

Oleh karena itu, yakinkan Anda telah mempunyai uang modal yang cukup. Bila Anda sendiri tidak memiliki, minimal Anda harus telah mempunyai calon investor untuk bisnis Anda. Terangkan ke bank atau calon investor berkenaan gagasan bisnis Anda, bila gagasan itu memanglah bagus karena itu mereka akan memberi utang atau melakukan investasi pada bisnis Anda.

7. Kerjakan Marketing Digital

Untuk bisnis apa saja, Anda membutuhkan kedatangan digital yang mendalam. Minimum, Anda membutuhkan website yang kelihatan professional, daftar e-mail yang memungkinkannya Anda berbicara dengan calon konsumen setia dengan teratur, dan kedatangan di sosial media yang peluang kerap didatangi oleh calon konsumen setia Anda.

Walau Anda kemungkinan memperoleh banyak konsumen setia Anda dari langkah mulut ke dalam mulut, referensi, atau rekan, Anda masih memerlukan kedatangan digital yang kuat. Argumennya: calon konsumen setia condong cari Anda di internet saat sebelum mereka memilih untuk beli produk Anda. Coupon, penawaran khusus, dan info promosi yang lain yang dikirim ke e-mail calon konsumen setia bisa menggerakkan mereka untuk beli produk Anda atau bahkan juga lakukan pembelian berulang-ulang.

8. Mulai Bangun Usahamu

Janganlah sampai gagasan bisnis Anda cuma jadi gagasan saja. Saat ini telah banyak basis yang bisa menolong Anda jualan lewat cara online seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan sebagainya. Ketahui ketidaksamaan dari tiap marketplace, keunggulan dan kekurangan masing-masing. Tentukan marketplace yang sesuai gagasan bisnis Anda.

Tetapi, bila Anda memilih untuk jualan di sejumlah marketplace sekalian, Anda dapat memakai mekanisme omnichannel dari iSeller. Feature ini akan mempermudah Anda memadukan tiap marketplace yang ada, hingga benar-benar efektif dalam membuat bisnis yang Anda lakukan. Mudah-mudahan artikel mengenai panduan bisnis pemula ini bisa menolong Anda untuk mengawali bisnis Anda!


Posting Komentar untuk " 8 Panduan Bisnis Pemula yang Harus Dijumpai"