Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8+ Contoh Bisnis Digital yang Mengantongi Keuntungan

8+ Contoh Bisnis Digital yang Mengantongi Keuntungan

Di zaman digital sekarang ini, membangun bisnis memang mempunyai rintangan sendiri. Cukup banyak beberapa pelaku bisnis melakukan ekspansi ke bisnis digital untuk mencapai pasar yang bertambah luas,

Lalu, bisnis digital apakah yang dapat kamu tentukan? Saat sebelum pilih bisnis digital yang hendak kamu kerjakan, seharusnya kamu ketahui akan pemahaman, kelebihan, dan cara yang penting dipersiapkan saat sebelum lakukan bisnis digital.

Apa Itu Bisnis Digital?

Bisnis digital ialah tipe usaha yang manfaatkan perubahan tehnologi untuk membuat atau pasarkan produk atau jasa. Bisnis digital dapat tingkatkan pengalaman beberapa konsumen setianya (pengalaman pengguna). Pada dasarnya, beberapa aktor usaha memakai bisnis digital untuk datangkan keuntungan dan membuat konsumen setia berkesan.

Apa yang Perlu Dipersiapkan untuk Memasuki Bisnis Digital?

Untuk memulai jalankan bisnis digital, beberapa pelaku bisnis minimal harus ketahui langkah untuk manfaatkan tehnologi digital dan cara yang diambil. Ini supaya tidak ada kekeliruan di saat menjalankannya. Berikut cara yang penting disiapkan saat sebelum memasuki bisnis digital.

1. Belajar Bisnis Digital

Untuk kamu yang baru mengenali mengenai bisnis digital tidak ada kelirunya untuk belajar. Langkah belajarnya juga benar-benar bermacam, seperti tergabung pada komune bisnis digital yang sudah mempunyai integritas, Dinas UKM Pemerintahan, dan orang pakar yang telah pahami bisnis digital.

2. Mengenal Opportunity (Kesempatan)

Semakin jumlahnya tipe bisnis yang berkembang pasti diimbangi dalam jumlah kesempatan bisnis yang ada. Kamu harus manfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh keuntungan.

Mulai dengan lakukan pengamatan seperti membuat to do daftar, lalu urutkan sesuai cara yang dapat kamu lakukan lebih dulu.

3. Lakukan Survey Keperluan dan Kekuatan Customer

Bisnis digital membutuhkan survey. Ini mempunyai tujuan untuk ketahui produk dan jasa yang diperlukan dan ketahui tehnologi yang dapat dicapai oleh customer.

4. Membuat Business Rencana

Seperti bisnis secara umum, jika tidak mempunyai business rencana yang bagus akan susah untuk capai arah dan jaga kelangsungan bisnis digitalmu untuk yang akan datang.

Di saat lakukan business rencana, kamu bisa membuat langkah untuk memperoleh produk dan jasa, lakukan pemasaran, dan berencana keuangan bisnis.

5. Atur Taktik yang Pas

Yakinkan jika kamu sudah membuat beberapa langkah yang bagus dan pas untuk kuasai pasar. Dengan memakai taktik yang pas, arah usahamu akan gampang terwujud.

6. Memaksimalkan Tehnologi

Upayakan bisnis digital yang kamu lalui bisa dicapai oleh piranti handphone. Berdasar hasil survey, pemakaian piranti digital handphone sekarang ini terbanyak dipakai. Ada optimalisasi tehnologi ini membuat usahamu semakin lebih gampang dicapai oleh customer.

Kelebihan Bisnis Digital

Jika kamu masih sangsi untuk masuk ke dunia bisnis digital, berikut banyak kelebihan bisnis digital yang bisa kamu menjadikan pemikiran, diantaranya:

1. Capaian Pasar yang Luas

Menekuni bisnis digital yang digerakkan lewat cara online, pangsa pasarnya semakin lebih luas. Ini karena kamu masih tetap dapat jalankan bisnis di mana saja kamu ada.

2. Opsinya Bermacam

Perubahan tehnologi diprediksikan belum stop sampai beberapa dasawarsa kedepan . Maka ada banyak pengembangan bisnis yang dapat dibuat sebagai kesempatan untuk raih keuntungan. Yang penting kamu kerjakan ialah memperhatikan keperluan pasar dan membuat produk atau jasa yang diperlukan audience atau customer.

3. Memberi Kenyamanan ke Konsumen

Bisnis digital sanggup tawarkan kenyamanan pada konsumen setia saat mereka tidak dapat beli suatu hal di off-line toko. Beri servis yang mengagumkan supaya mereka repurchase produk atau jasa yang kamu jual.

4. Hasilkan Pendapatan Tanpa Batasan

Bisnis digital yang kamu tawarkan lewat cara online berpotensi pendapatan tanpa batasan. Usahamu segera dapat dicapai konsumen setia dari seluruh dunia sesuai sasaran pasar usahamu. Tentu saja dengan pengembangan bisnis digital ini akan hasilkan omzet pendapatan yang berlipat, kan?

Tipe Bisnis Digital

Bisnis digital terdiri dari beberapa macam. Dari beberapa jenis itu dapat diperkembangkan ke bisnis digital yang lebih detil. Berikut tipe bisnis digital yang dapat kamu kenali.

1. E-Commerce

E-commerce mempunyai pendekatan satu segi. Yang maknanya tidak ada faksi ke-3 yang jual barang lewat basis itu. Perusahaan cuma jual stock mereka sendiri. Contoh dari e-commerce yang sukses ialah Amazon.

2. Marketplace

Tipe bisnis digital satu ini benar-benar terkenal karena menggamit beragam faksi untuk memeriahkan pemasaran di platform-nya.

Tipe bisnis digital seperti marketplace mempunyai pendekatan secara peer to peer atau two sided.

Marketplace yang ramai dipakai oleh warga di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, dan lain-lain.

3. On-demand

On-demand adalah tipe bisnis digital yang tawarkan produk virtual untuk dipasarkan dan bisa digunakan pemakainya dalam kurun waktu tertentu.

Contoh dari tipe digital ini ialah Apple TV+, Google Play Movies, Amazon Video, dan lain-lain.

4. Tipe Bisnis Digital Free

Kamu bisa tawarkan produk atau jasa untuk dipakai dengan gratis. Tetapi, penghasilan yang kamu dapatkan akan tiba dari iklan tanpa membutuhkan up-grade paket premium. Contoh dari tipe bisnis digital ini ibarat Google.

5. Freemium

Freemium ialah kombinasi dari kata Free dan Premium . Maka bisnis ini menyatukan paket free tapi sediakan paket premium untuk pemakai yang ingin up-grade experience-nya.

Secara umum program atau produk ini bisa dipakai dengan gratis dengan interval iklan di sela-selanya.

Untuk hilangkan iklan dan menambahkan feature yang tidak ada di paket gratis, konsumen setia harus beli paket premium untuk menikmatinya. Contoh tipe bisnis digital ini ialah Spotify.

6. Share Mode

Tipe bisnis digital share mode ialah service yang sediakan produk supaya bisa digunakan bersama. Contoh dari bisnis ini ialah Airbnb atau bisnis persewaan yang dapat diminta lewat program.

7. Ecosystem

Tipe bisnis digital satu ini benar-benar memberikan keuntungan. Tipe bisnis digital ini sediakan beragam service untuk dipakai oleh customer dan semua bisa tersambung jadi satu. Pada akhirannya akan membuat sebuah ekosistem yang hebat.

Contoh perusahaan yang telah lakukan bisnis digital ini ialah Tesla, Amazon, Google, Apple, Xiaomi dan lain-lain.

8. Pengalaman

Tipe bisnis digital satu ini untuk produksi barang yang hendak mendatangkan pengalaman baru (pengalaman) dalam suatu industri yang dulunya belum masukkan elemen tech (tekonologi) sebagai sisi pemakai experience-nya.

Tesla adalah perusahaan yang mengimplementasi tipe bisnis digital yang ini.

9. Subscription (Langganan)

Bisnis ini tawarkan ongkos untuk abonemen. Ini untuk nikmati semua content yang disuguhi dengan feature tertentu dan dalam saat yang telah diputuskan. Contoh dari bisnis ini ialah Netflix dan Microsoft.

10. Open Source

Untuk beberapa developer dan tech savvy kemungkinan istilah ini umum didengarkan. Bisnis ini sediakan barang dan dipakai dengan gratis, bahkan juga dibuat bersama dengan komunitasnya secara bebas. Penghasilan khusus dari bisnis ini datang dari sponsorship, royalti dan partnership. Contoh perusahaan mengaplikasi bisnis ini ialah Linux dan Firefox.

Contoh Bisnis Digital

Sesudah kamu ketahui pemahaman, cara awalan yang harus dilaksanakan, dan tipe bisnis digital, berikut delapan contoh bisnis digital yang mengantongi keuntungan.

1. Affiliate Digital

Affiliate ialah wujud aktivitas pemasaran produk atau jasa punya seseorang dengan imbalan berbentuk komisi.

Langkah kerja dari affiliate digital ini terdiri jadi tiga, yakni:

  • Daftarkan diri kamu di suatu program affiliate, lalu kamu akan memperoleh code referal atau link
  • Lakukan aktivitas pemasaran produk dengan manfaatkan web atau media sosial.
  • Jika ada konsumen yang memakai code referal atau ikuti link yang kamu beri, kamu akan memperoleh pendapatan.

2. Membuat Online Toko

Membuat toko online ialah membuat suatu web atau basis sebagai tools transaksi bisnis jual-beli online. Karena kekuatan bisnis e-commerce yang besar di Indonesia, jualan online sebagai salah satunya contoh bisnis digital terbaik untuk dilaksanakan.

3. Jadi Konten Creator Handal

Jika kamu memiliki hoby membuat video, seharusnya kamu gunakan kesempatan itu menjadi konten creator. Langkah yang dapat kamu kerjakan yakni membuat video menarik dengan niche tertentu. Kamu juga dapat membuat video dengan jumlah banyak dan janganlah lupa seting iklan setiap video yang kamu upload. Ini supaya kamu memperoleh pendapatan dari viewers yang menyaksikan iklan di videomu.

4. Bisnis Dropship

Dropship adalah bisnis digital yang memungkinkanmu untuk jual satu produk tak perlu kewalahan pikirkan gudang dan pengangkutan produk.

Simpelnya, dropshipper berperan sebagai penyambung di antara faksi konsumen dan faksi produsen barang.

Keuntungan yang dapat kamu peroleh dari bisnis dropship ini ialah memperoleh beda uang yang kamu peroleh dari konsumen dalam jumlah uang yang kamu bayarkan pada produsen barang.

5. Menulis Digital Konten

Apa kamu mempunyai ketrampilan menulis? Di zaman digital seperti sekarang ini, kamu dapat manfaatkan ketrampilan menulismu untuk hasilkan penghasilan semakin banyak dengan menulis content digital. Ditambah lagi, sekarang ini juga telah banyak web yang sanggup siap bayar Anda untuk sebuah tulisan yang paling berkualitas.

Jika kamu telah memiliki website dan pengunjung blogmu banyak, kamu dapat membuat content yang memikat buat kamu unggah dan kamu dapat menambah Ads (iklan) di blogmu. Ads berikut yang hendak mendapatkan uang saat ada pengunjung blogmu mengklik iklan itu.

Digital konten ini dapat kamu kerjakan secara membuat content menarik di Instagram. Kerjakan penelitian lebih dulu berkaitan hal yang disukai beberapa pemakai Instagram supaya kontenmu menarik mereka untuk membacanya.

6. Pelatihan Online

Contoh bisnis digital ini berbentuk jasa mengajarkan. Kamu dapat membuat pelatihan online dengan memberi materi evaluasi berbentuk video atau file pdf. Pelatihan online sendiri benar-benar disukai beberapa orang karena beberapa anggota tak perlu tiba ke arah tempat pelatihan langsung dan fleksibel dilaksanakan dimanapun anggota ada.

7. Jasa Optimasi Web

Optimasi web sendiri terbagi dalam beberapa elemen, seperti content tulisan, design, dan SEO.

Ahli di bagian SEO (Search Engine Optimize) benar-benar dicari oleh beberapa perusahaan yang ingin usahanya dikenali di internet. Saat lakukan SEO, kamu harus cermat dalam tentukan kata kunci bisnis client. Kata kunci SEO ada di situs penelusuran dan akan bertindak selaku pemasaran tools untuk memancing ketertarikan orang.

8. Bisnis Plugin WordPress

Beberapa WordPress banyak dan hal itu menjadi prospect usaha yang memberikan keuntungan.

Kamu bisa jualan template dan plugin premium WordPress. Agar sukses dalam bisnis ini, pastikanlah kamu kuasai beberapa bahasa pemrograman dalam cakupan web seperti CSS, JavaScript, HTML, dan PHP.

Ringkasan

Bisnis digital ialah bisnis yang prospektif sampai sekian tahun di depan karena perkembangan dari tehnologi yang semakin berkembang.

Bermacam contoh bisnis digital sudah dikatakan sebagai bahan pemikiran agar kamu bisa pilihnya sendiri sesuai sasaran market-mu.

Kunci dalam raih keberhasilan bisnis ialah beraktivitas marketing dan atur anggaran secara tepat dan real time.

Tidak perlu cemas kembali, sekarang ini ada program majoo yang ada feature akuntansi. Majoo akan mempermudahmu dalam atur penghasilan atau penghasilan bisnis digital yang kamu lalui.

Feature akuntansi ini untuk menulis kegiatan membuat invoice dan faktur, menulis ongkos dan pengeluaran, kas dan bank, register akun dan buku besar, neraca keuangan seperti neraca, rugi keuntungan, cash flow, dan diperlengkapi lebih dari 30 tipe laporan pemasaran dan keuangan detil dengan diagram dan tabel. Semua laporan bisnis bisa di-download berbentuk file Excel.

Disamping itu ada feature online shop. Feature ini untuk jualan online komplet yang terpadu dengan web yang diperlengkapi dengan beragam opsi pembayaran online dan pengantar pengangkutan, dan penampilan yang responsive pada monitor smartphone dan computer. Feature online shop terpadu dengan semua marketplace paling besar (Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak) untuk memudahkan mengolah pemasaran dari 1 tempat. Inventory akan automatis tersinkronisasi dari semua kanal pemasaran.


Posting Komentar untuk " 8+ Contoh Bisnis Digital yang Mengantongi Keuntungan"