Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Panduan Membuat Bisnis Kos-Kosan Komplet, Gampang untuk Pemula

6 Tips Membangun Bisnis Kos-Kosan Lengkap, Mudah untuk Pemula

Jumlahnya pendatang dan perantau ke Ibu-kota menggerakkan keinginan rumah atau tempat tinggal yang tinggi dengan pilihan kost-kosan atau rumah kontrak. Tidak ada kelirunya untuk berpikiran untuk mengembnagkan bisnis kost-kosan. Buka bisnis kost-kosan membuat Anda dapat mendapat penghasilan pasif dan berulang-ulang dari penyewa yang bekerja atau belajar dalam dekat lokasi tempat tinggal Anda. Untuk membuat bisnis ini nilai investasinya lebih kecil dibanding dengan sewakan apartemen berperabot komplet untuk dicarter oleh keluarga.

Membuat kost, paling simpel dapat diawali dari tanah kosong di samping rumah Anda atau ekstensi dari tempat tinggal rumah Anda. Kost-kosan berlainan dengan bisnis yang lain yang memerlukan uang modal lumayan besar untuk beli beberapa bahannya secara berulang-ulang. Di rumah kontrakan yang telah maka Anda cukup hanya isi dengan perlengkapan seperti tempat tidur, almari, lampu atau unit AC. Perlengkapan itu tidak perlu ditukar kembali saat penyewa baru masuk terkecuali jika alami kerusakan.

  • Untung Rugi Bisnis Kost
  • Langkah Mengawali Bisnis Kost
  • Ongkos Mengawali Bisnis Kost
  • Replikasi Balik Modal Bisnis Kost
  • Panduan Bisnis Kost
  • Untung Rugi Bisnis Kost-kosan

Tumbuh suburnya bisnis kost-kosan dipacu karena tingginya keinginan yang dapat membuat Anda untung. Misalkan banyak seorang mahasiswa yang meneruskan pengajaran di kota lain atau seorang fresh graduate yang baru mengawali karier, sudah pasti memerlukan rumah yang nyaman pada harga yang dapat dijangkau. Untuk mereka jika mengontrak sebuah rumah dengan ongkos sewa semakin tinggi dan harus dibayarkan didepan, sudah pasti memperberat. Mereka condong sewa sebuah kost yang dapat dibayarkan bulanan dengan opsi kost yang bisa disamakan dengan bujet.

Sebagai investor tingginya keinginan ini jadi kekuatan sebuah kost kost bisa lebih cepat berisi penuh dibanding cari penyewa sebuah rumah. Paling menyenangkan ialah jika Anda mempunyai usaha kost kost, Anda akan memperoleh penghasilan tambahan sebagai penghasilan sampingan. Bisnis kost kost bisa juga digerakkan tanpa mengusik tugas atau bisnis khusus Anda. Hingga, Anda dapat jalankan bisnis property kost-kosan sekalian bekerja atau menjalankan bisnis di bidang lain secara bertepatan, tanpa mengusik keduanya.

Tidak cuma investor, bisnis kost-kosan ditelateni beberapa selebriti tanah air karena keuntungannya yang prospektif. Masih ngontrak? Check opsi rumah di Cisauk pada harga di bawah Rp700 juta-an di sini!

Dibalik Untung, Ada Ruginya !

Dibalik keuntungan yang dapat Anda raup dari bisnis kost kost rupanya ada pula beberapa hal yang perlu Anda mengantisipasi. Diawali dari modal yang besar untuk mengawali sebuah bisnis kost. Modal itu dipakai untuk beli rumah kos dan mengisinya dengan perlengkapan dan perlengkapan electronic yang dibutuhkan oleh anak kos. Pemikiran rugi yang lain ialah kadang ada penghuni kos yang sulit ditata.

Kenakalan itu dapat berbentuk membuat kerusuhan dengan sama-sama penghuni kos, bawa masuk rekan musuh tipe ke kamar, menghancurkan sarana kos sampai menunggak pembayaran kos. Di lain sisi, kost Anda bisa juga jadi sepi penyewa jika kegiatan universitas atau pusat belanja disekitaran kos berpindah atau tutup.

Langkah Mengawali Bisnis Kost-kosan

Langkah pertama saat mengawali bisnis kost-kosan seperti beli sebuah rumah yang diinginkan. Permasalahan lokasi sebagai yang paling penting. Lokasi yang vital akan membuat usaha kost kost Anda ramai penyewa dan biaya sewa jadi lebih berkompetisi. Beberapa penyewa kan pilih lokasi yang dekat sama angkutan umum, dekat universitas atau kantor dan dekat sama pusat belanja. Maka dari itu, yakinkan Anda beli tempat atau rumah kontrakan yang vital.

Bangunan Kost-kosan

Ada beberapa pilihan untuk membuat kost-kosan. Jika Anda telah mempunyai tempat sendiri Anda tinggal membuat dna mengubahnya. Tetapi jika belum mempunyai tempat Anda harus memperbandingkan harga tanah dan cari yang harga tanahnya terendah. Lakukan penelitian dan survei pada tiap pemasaran tanah dan pertimbangkalah lokasinya supaya Anda dapat memperoleh harga yang terbaik.

Pilih Lokasi untuk Kost-kosan

Anda harus cari lokasi kost-kosan yang terbaik dan tepat. Lokasi yang mempunyai akses khalayak yang dekat, seperti sekolah, universitas, rumah sakit, atau perkantoran, memang condong tambah mahal. Tetapi, hal itu akan membuat harga sewa kamar kost-kosan Anda jadi mahal dan potensial. Anda tidak kesusahan dalam cari penyewa kamar.

Ide Kost-kosan

Sebaiknya anda membuat ide yang memikat, sesuai sasaran customer Anda. Hingga, kamar kost-kosan yang hendak Anda pasarkan mempunyai sasaran customer tertentu. Janganlah sampai memakai ide yang asal-asalan.

Misalnya, beberapa karyawan pabrik, kantoran, atau mahasiswa tentu saja semakin lebih pilih kamar dengan ide petak karena mereka hidupnya juga cuma sendiri. Berlainan sama yang telah memiliki keluarga, karena mereka lebih memerlukan rumah kontrak yang memiliki banyak ruang karena ada ruangan parkir, ruangan terbuka untuk menanam tanaman atau santai.

Sarana Kost-kosan

Selainnya sarana kamar kost, Anda pun harus memerhatikan beragam sarana yang lain, seperti pengadaan WiFi gratis, katering, dan service laundry. Hal itu akan menolong Anda dalam kompetisi kamar kost-kosan. Anda akan kesusahan dalam menarik calon penghuni kost bila tanpa sarana tambahan. Ditambah lagi, sekarang ini telah banyak kost-kosan yang telah sediakan service WiFi gratis.

Penelitian Harga Kost-kosan

Lakukan penelitian setiap lokasi dan perbandingkan harga supaya Anda dapat memperoleh harga yang terbaik. Jika Anda dapat meminimalkan modal untuk bisnis kost-kosan karena itu balik modal jadi lebih cepat.

Ongkos Mengawali Bisnis Kost-kosan

Saat mengawali bisnis kost kost, Anda perlu modal awalnya untuk membuatnya. Anda kemungkinan dapat mengawali dengan kamar kost memiliki ukuran kecil 5 kamar. Maka dari itu, Anda Untuk membuat kamar kost seharusnya Anda harus tahu luas tanah dan luas kamar untuk ketahui modal yang perlu dikeluarkan. Misalkan, Anda ingin membuat kamar kost 5 pintu dengan luas kamar 3x3 mtr. persegi dan kamar mandi dalam.

Ongkos tempat 15 mtr. persegi pada harga per mtr. persegi sejumlah Rp1 juta, karena itu harga tanah yang dibeli ialah Rp15 juta.

Ongkos bangun 2,lima juta per mtr. persegi, karena itu sama ukuran kamar 3x3 dan lima kamar keseluruhan luasnya 45 mtr. persegi.

Karena itu perhitungan ongkos membangun rumah ko ialah ,Luas 1 kamar kost x harga per mtr. persegi 9m2 x Rp2,lima juta = Rp22,lima juta dengan keseluruhan kamar kost 5 pintu x harga per mtr. persegi atau 45 mtr. persegi x Rp2,lima juta = Rp112,lima juta

Jadi prediksi ongkos bangunan kost-kosan 5 kamar yang perlu Anda siapkan sekitaran Rp112,lima juta.

Replikasi Balik Modal Bisnis Kost-kosan

Dengan ongkos pengeluaran sebesar Rp112,lima juta di atas, lalu berapakah keuntungan dan balik modal yang dapat Anda peroleh? Terlebih bila anda memutuskan harga sewa yang dikenai per kamar ialah Rp700.000, karena itu pendapatan /bulan ialah Rp500.000 x 5= Rp2.500.000 atau Rp30 juta satu tahun.

Sementara ongkos beli dan membuat tempat ialah Rp112 juta. Hingga Anda kurang lebih baru balik modal Rp 112 juta : Rp30 juta yaitu sekitaran 3,lima tahun lebih.

Panduan Bisnis Kos-Kosan

Tidak bisa disangkal jika kesuksesannya sebuah usaha kost kost tidak terlepas dari sarana yang diberi. Jika Anda inginkan harga sewa yang semakin tinggi, karena itu Anda harus memberi sarana yang bagus. Sarana yang komplet dan nyaman memberi daya magnet tertentu terutamanya untuk calon penyewa kelompok menengah ke atas. Sudah pasti ini bergantung pada lokasi dan sasaran pasar kost-kosan sekitaran.

Sarana yang sama sesuai

Secara umum sarana kost kost terbatas yang diberi untuk kota besar ialah kamar diperlengkapi pendingin ruang (air conditioner), kamar mandi dalam yang diperlengkapi pemanas air (water heater), koneksi internet tanpa kabel (wifi), parkir luas, dapur bersama-sama dan service keamanan 24 jam seperti keamanan dan CCTV. Beberapa kos terbatas bahkan juga mempunyai petugas yang berperan sebagai penerima tamu yang menerima tamu dan paket penghuni kost.

Sebagai pelaku bisnis kost kost, harus dipahami jika tidak selama-lamanya kost-kosan dengan sarana komplet yang hendak akan di berisi penuh. Kost kost dengan sarana yang umum saja akan berisi bila harga sewa yang dijajakan lebih dapat dijangkau dan sesuai pasar sekitaran lokasi kost kost.

Ongkos Sewa Sama sesuai Harga Pasaran

Yakinkan harga sewa kamar kost yang Anda pasarkan sesuai rate atau pasaran kamar kost di suatu wilayah punya pesaing Anda. Tidak boleh menetapkan harga semakin tinggi karena peluang penyewa akan berpindah ke rumah kontrakan lain. Namun, tidak boleh tawarkan pada harga terlampau murah.

Percantik Penampilan Fisik

Penampilan fisik sebagai hal khusus yang memengaruhi opsi seorang. Penampilan fisik rumah kontrakan kost yang baik akan memberi kesan-kesan aman serta nyaman. Berlainan bila keadaan fisik kost kost telah lusuh dan berkesan kedaluwarsa. Pasti memberi kesan-kesan seram dan menakutkan.

Iklankan Kost Kost Anda

Yakinkan Anda pun memasang iklan bisnis kost kost Anda pada media online. Di jaman zaman tehnologi ini, warga lakukan jual-beli pada media online. Saat seorang ingin cari suatu hal, karena itu orang itu tentu lakukan searching lebih dulu. Karena itu, yakinkan ada iklan Anda yang tampil lewat cara online.

Cari kost-kosan memang diperlukan kesabaran. Sering Anda tidak dapat memperoleh semua kemauan Anda. Kost-kosan yang beberapa langkah dari tempat kerja Anda dan berfasilitas komplet kadang harga kontraknya di luar bujet Anda. Begitu juga kebalikannya, saat Anda memperoleh harga sewa, lokasi vital dan sarana yang sama sesuai tetapi kost kost itu telah penuh berisi. Anda harus cermat cari info tentang kehadiran kost kost disekitaran Anda untuk memperoleh perbedaan.


Posting Komentar untuk "6 Panduan Membuat Bisnis Kos-Kosan Komplet, Gampang untuk Pemula"