Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

21 Peluang Usaha Online Terbaik di Tahun 2022

21 Peluang Usaha Online Terbaik di Tahun 2022

Ada banyak sekali peluang usaha online yang bisa Anda coba di era modern seperti sekarang ini. Orang-orang kini tidak hanya mencari hiburan, tapi juga mulai mencari cara mendapatkan uang dari internet. Dengan semakin canggihnya teknologi digital, siapa saja bisa memulai bisnis mereka sendiri.

Dalam artikel ini, kami akan membahas 21 peluang usaha online yang bisa menginspirasi Anda untuk menjalankan bisnis sebagai pekerjaan utama atau sampingan. Nantinya, Anda bisa menemukan ide bisnis online yang sebenarnya tidak sulit untuk dijalankan dan akan membantu Anda sukses. Tanpa berlama-lama lagi, berikut peluang bisnis internet terbaik untuk sukses secara online.

21 Peluang Bisnis Online Terbaik 2021

1. Menghasilkan Uang dari Blog

Tentunya ada banyak alasan mengapa sampai sekarang ini orang-orang masih suka membuat blog, seperti ingin berdiskusi dengan pikiran yang lebih terbuka, membagikan informasi dan pengetahuan, dan
menghasilkan uang.

Lalu, bagaimana caranya memperoleh uang dari blog? Pertama, jika belum punya blog, buatlah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Beli hosting. Kami sarankan pilih cloud hosting terbaik untuk mendapatkan performa optimal.
  • Beli domain dan segera daftarkan
  • Pilih platform
  • Mulailah membuat postingan di blog
  • Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca panduan Cara Membuat Blog.

Selanjutnya, cara menghasilkan uang dari blog:

  • Google Adsense– bacalah kisah Jack Herrick (WikiHow) yang mendapatkan uang sebanyak 2 juta USD per bulan hanya dari Adsense.
  • Menjual eBook (buku digital)– jika ingin sukses seperti Carol Tice yang berhasil meraih keuntungan 45.000 USD dari penjualan eBook, Anda bisa mulai dari sekarang dengan memanfaatkan blog.
  • Review/ulasan berbayar– hanya dengan menulis review di blog, Anda bisa mendatangkan sejumlah rupiah. Berlatihlah sesering mungkin. Jika sudah ahli, daftarkan diri dan blog Anda di platform Famebit.
  • Afiliasi– menurut Pat Flynn, untuk menghasilkan uang, dibutuhkan waktu yang tak sedikit. Namun, dengan mengikuti program pemasaran afiliasi atau affiliate marketing, mencari uang di internet bukan lagi perkara yang sulit.

2. Membuat Situs Ecommerce

Ecommerce melibatkan proses jual beli jasa dan barang melalui internet. Amazon dan eBay adalah contoh ecommerce yang sudah pasti tak asing lagi di telinga Anda.

Salah satu peluang usaha online yang masuk dalam daftar kami adalah membuat situs ecommerce. Kesempatan untuk mendapatkan uang di industri ini sangatlah besar.

Selain dua contoh di atas, ada Etsy yang juga bisa Anda jadikan inspirasi. Situs ini merupakan platform yang menjual produk buatan tangan, seperti perhiasan dan mainan.

Sama seperti blog, untuk membuat situs ecommerce, Anda membutuhkan:

  1. Web hosting
  2. Nama domain
  3. Produk untuk dipajang di toko online Anda
  4. Baca panduan Cara Membuat Toko Online Sendiri.

3. Situs untuk dropshipping

Anda memiliki kemampuan bisnis dan berjualan produk tapi tidak punya tempat yang cukup untuk menyimpannya? Cobalah cara menjadi dropshipper.

Dengan metode ini, Anda akan mendapatkan keuntungan atau profit dari berjualan produk milik suatu individu atau perusahaan.

Pada saat seseorang melakukan pembelian terhadap suatu produk, uang yang dibayarkan akan diterima oleh Anda, kemudian diteruskan ke supplier (pemasok barang). Nantinya supplier-lah yang mengirimkan produk tersebut ke si pembeli.

Jadi, keuntungan yang didapat berasal dari biaya beli yang diberikan pelanggan dikurangi dengan uang yang Anda teruskan ke supplier (dalam hal ini Anda-lah yang membeli produk si supplier). Tak hanya itu, karena bukan Anda yang mengurus persediaan dan pengiriman barang, tidak ada biaya tambahan yang harus dipenuhi.

Dropshipping adalah salah satu ide usaha online yang bisa Anda coba karena:

  • Sedikitnya modal awal yang dibutuhkan
  • Minimnya risiko
  • Biaya overhead rendah

Sama seperti dua jenis usaha sebelumnya, jika ingin menjalankan bisnis dropshipping, Anda perlu membuat website untuk menampilkan barang-barang yang disediakan oleh supplier. Setelah itu, pelanggan akan melakukan pembelian melalui website Anda.

Oberlo adalah salah satu contoh situs dropshipping yang berhasil mendatangkan keuntungan berlipat. Melalui platform ini, lebih dari 85 juta produk telah terjual ke seluruh dunia.

4. Pemasaran Afiliasi/Affiliate Marketing

Affiliate marketing bertujuan untuk mempromosikan produk pihak lain.

Jika seseorang membeli produk yang direkomendasikan, Anda akan mendapatkan komisi. Metode ini sudah diterapkan di sejumlah bidang usaha, termasuk web hosting, layanan online, produk kesehatan, dan bahkan kebutuhan fisik paling mendasar, seperti kasur tidur.

Untuk mengambil peluang usaha online ini, terlebih dulu Anda harus bergabung di program pemasaran afiliasi. Setelah itu, Anda akan mendapatkan link khusus yang kemudian dipasang di website dan postingan media sosial. Link inilah yang nantinya akan mengarahkan orang-orang untuk membeli produk tertentu.

Anda bisa memanfaatkan website untuk menjalankan bisnis afiliasi dengan cara:

  • Menampilkan iklan/banner di halaman web
  • Menulis review atau ulasan produk dan menyertakan link di dalamnya
  • Baca panduan menjalankan bisnis afiliasi. 

5. Menjadi Freelance Content Writer (Penulis Lepas)

Kemampuan menulis yang dimiliki saat ini akan mengantarkan Anda untuk sukses di dunia online.

Tersedia banyak website yang bersedia membayar untuk konten yang Anda tulis. Salah satunya adalah Cracked. Situs bertemakan humor ini selalu mencari penulis kreatif (creative writer) untuk mengisi platformnya dengan berbagai macam artikel lucu. Anda bisa mendapatkan penghasilan sebesar 250 USD/artikel sambil mengasah kemampuan menulis.

Anda juga bisa, lho, memanfaatkan blog untuk mendapatkan pekerjaan tambahan di bidang kepenulisan. Danny Margulies adalah salah satu contoh figur yang berhasil meraih kesuksesan dengan menjadi penulis lepas.

6. Pengembangan Aplikasi (App Development)

App Development adalah salah satu jenis usaha online yang bisa menghasilkan rupiah secara online. Spotify atau Instagram adalah dua dari sekian contoh App Development yang mencetak rekor.

Ada banyak cara untuk berhasil menjalankan bisnis di internet melalui pengembangan aplikasi, terutama aplikasi untuk perangkat mobile:

Menawarkan layanan ‘freemium’ (user bisa menggunakan aplikasi secara gratis, tapi harus membayar biaya berlangganan jika ingin menikmati fitur tingkat lanjut atau premium)

  1. Iklan dalam aplikasi (in-app advertisement)
  2. Berlangganan (subscription)
  3. Pembelian dalam aplikasi (in-app purchase)

7. Membuat Podcast

Podcast hadir dalam bentuk file audio atau video yang dibuat secara berseri dan didistribusikan ke subscriber secara online. Belakangan ini, podcast mendulang popularitas yang cukup tinggi.

Podcast memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, yakni broadcaster (yang membuat podcast) dan subscriber (yang mendengar atau menonton podcast). Broadcaster akan mendapatkan sejumlah uang dari hasil podcast-nya, sedangkan subscriber bisa mendengarkan/menontonnya dari mana saja.

Meskipun awal pembuatan podcast pastilah sulit dan membutuhkan waktu yang lama, percayalah podcast yang Anda bikin akan sebesar Wondery.

Lalu, bagaimana caranya podcast membawa keuntungan bagi Anda sebagai seorang broadcaster?

  1. Melalui sponsorship atau kerja sama
  2. Pemasaran afiliasi (affiliate marketing)
  3. Crowdfunding (penggalangan dana)

8. Desain Grafis

Punya keahlian dalam desain grafis? Anda bisa menangkap peluang usaha online ini untuk mendatangkan keuntungan.

Ada banyak website, seperti 99designs, yang akan menghubungkan Anda dengan klien dari berbagai negara. Hingga saat ini, sudah lebih dari 97.000.000 desain yang bisa ditemukan di 99designs. Bergabung dengan website ini memungkinkan Anda untuk memperoleh penghasilan dari mengerjakan sejumlah proyek yang dipilih.

9. Twitch Streaming

Twitch streaming layak dicoba bagi Anda yang gemar bermain game. Tak hanya menyenangkan, tapi melalui platform ini pula Anda bisa menghasilkan sejumlah uang dengan streaming game favorit.

Twitch adalah salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh para gamer untuk melakukan streaming footage yang menampilkan kegiatan bermain video game mereka.

10. Cryptocurrency Mining/Trading

Cryptocurrency adalah mata uang virtual yang menggunakan cryptography sebagai sistem keamanannya.

Anda membutuhkan komputer yang andal dan powerful untuk menjalankan peluang usaha online ini.

Bitcoin mining menggunakan unit yang disebut block. Setiap block dikunci dengan serangkaian rumus matematika untuk mengamankan transaksi. Jika Anda menjadi orang pertama yang berhasil memecahkan rumus tersebut, Anda akan mendapatkan penghargaan atau reward.

Jumlah reward untuk menyelesaikan satu block adalah 12.5 Bitcoin. Harga satu Bitcoin sendiri sekitar 6,500 USD. Jadi, untuk satu block, Anda akan mendapatkan reward sebesar 81,250 USD. Namun, yang paling sering dilakukan oleh mereka dalam cryptocurrency mining adalah menukar/menjual (trade), mengonversi, dan deposit bitcoin sebelum terbentuk block penuh.

Berikut beberapa hal yang wajib Anda butuhkan jika ingin melakukan cryptocurrency mining:

  1. Hardware– Anda memerlukan dana hingga 4,000 USD untuk satu aluminum rig frame, 6x GPU, PSU, sistem pendingin (karena pastinya akan cepat panas), dll.
  2. Listrik– daya listrik yang terserap untuk mining berkisar di 20 KWh setiap harinya. Jadi, pastikan untuk lebih dulu menghitung kapasitas dan biaya listrik.
  3. Perawatan (maintenance)– Anda akan membutuhkan biaya untuk memperbaiki mining rig jika terjadi suatu masalah.
  4. Waktu– buat penghitungan berapa banyak waktu yang diperlukan komputer sampai Anda mendapatkan hasil yang memuaskan.

11. Streaming di YouTube

Membuat video streaming di YouTube bisa jadi salah satu peluang usaha online terbaik bagi mereka yang punya banyak ide kreatif.

Siapa tahu di kemudian hari Anda bisa setenar atau bahkan lebih tenar dari Pewdiepie? Maka dari itu, cari dan buatlah konten seunik mungkin.

Sebagai inspirasi, Anda bisa menonton channel Ryan’s World yang merupakan salah satu channel dengan perkembangan paling pesat di YouTube.

Sudah punya ide? Mulailah dari sekarang untuk mencari konten, membuat channel, dan mendatangkan sebanyak mungkin subscriber atau mereka yang bersedia berlangganan channel Anda.

Hasilkanlah uang dari video YouTube yang Anda tayangkan. Pastikan video Anda memiliki 4000 jam tayang (seberapa sering orang-orang menonton video Anda) dan 1000 subscriber.

12. Pengembangan Web (Web Development)

Seorang web developer bisa mendapatkan penghasilan sebanyak 3,000 USD dengan bekerja dari rumah.

Apabila Anda menguasai bidang pengembangan web atau web development, cobalah untuk mencari proyek dari klien di internet dan hasilkan pendapatan yang menggiurkan. Upwork dan Guru adalah dua contoh platform yang didedikasikan bagi para pekerja lepas. Dua situs ini menawarkan berbagai peluang menarik bagi web developer.

Anda juga bisa membuat website portofolio untuk menampilkan hasil karya. Melalui website ini, calon klien yang berpotensi bisa dengan mudah melihat hasil kerja Anda dan menawarkan proyek.

Terlepas dari status pekerjaan yang digeluti saat ini, entah freelancer developer atau full-time developer, mencari keuntungan melalui bidang web development sangatlah menjanjikan.

Posting Komentar untuk " 21 Peluang Usaha Online Terbaik di Tahun 2022"