Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Usaha Bisnis Peternakan Sukses yang Banyak Pembelinya

15 Usaha Peternakan SUKSES yang Banyak Pembelinya

Pilih usaha peternakan yang pas jika Anda ingin sukses pada sektor bisnis ini. Mencari yang dengan modal kecil tetapi customernya banyak.

Pada umumnya, ada banyak opsi ternak yang dapat diperbudidayakan di Indonesia. Ada yang memang sungguh memberikan keuntungan, memiliki sifat angin-anginan, dan ada juga yang keuntungannya biasa-biasa saja.

Saat sebelum mengawali upayanya, ketahui dahulu modal, langkah beternak, dan penjualannya ke mana. Maksudnya ialah supaya Anda tidak salah tentukan dan dapat meningkatkan usaha ini secara baik.

Kami akan memilihkannya beberapa usaha ternak yang telah bisa dibuktikan memberikan keuntungan di Indonesia. Baca sampai akhir.

3 Tipe usaha peternakan ayam

Salah satunya unggas yang terbagi dalam beragam tipe ialah ayam. Produk yang dipasarkan dapat daging atau telurnya, juga bisa ke-2 nya. Berikut ialah beberapa bisnis ternak ayam yang dapat digerakkan di Indonesia:

1. Ayam petelur

Telur sebagai salah satunya produk yang paling diperlukan di Indonesia. Nyaris tiap hari setiap rumah, tentu ada yang berbelanja telur untuk diproses sebagai lauk untuk memenuhi keperluan protein harian.

Anda dapat beternak ayam petelur, selanjutnya ikuti langkah sukses berdagang telur yang akurat.

Bila Anda ingin mengawali usaha ini, karena itu belilah induk yang siap bertelur di dalam 2 sampai tiga bulan. Maksudnya ialah supaya Anda selekasnya memperoleh keuntungan dari peternakannya hingga putaran uangnya bisa lebih cepat dan bisnis ternaknya dapat mengalami perkembangan cepat.

Mengawali usaha peternakan ayam petelur tidak susah. Anda perlu beli induknya, selanjutnya menjaganya dengan mempersiapkan makanan dan menjaganya secara simpel.

2. Ayam potong (broiler)

Selainnya ayam petelur, Anda bisa juga berusaha untuk beternak ayam potong. Berlainan dengan ayam petelur yang dinanti telurnya terus-terusan. Ayam potong dipasarkan dagingnya.

Tipe ayam ini langsung bisa dipasarkan ke pedagang di pasar atau bekerja bersama dengan hotel, restaurant, dan pemilik katering langsung. Tetapi sebagian besar ayamnya dipasarkan langsung ke pedagang besar di pasar hingga dapat dialokasikan ke end-user secara mudah.

3. Ayam daerah

Walau tidak seperti daging ayam potong yang pecintanya banyak, bisnis ternak ayam daerah masih tetap memberikan keuntungan asal ditelateni secara baik.

Ayam ini mempunyai market share sendiri. Terutamanya buat konsumen yang ada acara khusus atau mempunyai bayi yang perlu dijaga gizinya dengan konsumsi ayam daerah.

Bila ingin mengawali usaha peternakan ini, karena itu Anda perlu mengenal pangsa pasarnya secara baik. Ini karena harga ayamnya condong tambah mahal dibandingkan ayam potong atau ayam pedaging yang lain.

Kambing

Anda dapat mengawali usaha peternakan dengan beli sepasang kambing saja. Belinya tidak boleh cocok dekat hari raya idul adha supaya harga masih murah. Belilah 2 yang siap kawin dan melahirkan anak.

Sesudah terkumpul beberapa, Anda dapat menjualnya. Modal dapat cepat berkembang jika Anda menjualnya pada hari raya kurban. Karena ketika berikut kambing-kambing itu benar-benar diperlukan dan dibandrol pada harga yang mahal.

Untuk perawatannya, Anda cukup mempersiapkan kandang dan memberikan makan rumput. Rumputnya dapat dicari di sawah. Silahkan suruh orang atau kerjakan sendiri supaya tahu upayanya dimulai dari 0.

Kelinci, usaha ternak modal 300 ribu

Jika modal yang Anda punyai kecil, karena itu kelinci dapat menjadi salah satunya pilihan. Kelinci umur 2-3 bulan dibandrol pada harga 25 ribu sampai 35 ribu rupiah per ekor. Maknanya dengan 300 ribu, Anda dapat mendapat sekitaran 5 pasang untuk diperkembangbiakkan.

Tetapi harus dipahami jika hewan ini mempunyai market share sendiri . Maka, jika ingin laris keras Anda perlu mencari sasaran pasarnya secara baik.

Tergabung dengan komune pecinta hewan atau menjualnya di pasar hewan dapat menjadi salah satunya tehnik pemasaran yang bisa diaplikasikan.

Lele

Lele sebagai lauk yang selalu berada di meja makan selainnya telur dan ayam. Bibit ikat lele dibandrol pada harga yang relatif murah, bergantung usia atau ukuran.

Jika ingin memulai usaha peternakan lele bermodal kecil, karena itu coba beli dengan jumlah yang sedikit dahulu.

Uang Rp 2.500.000,- sampai Rp 5.000.000,- rasanya cukup untuk meningkatkan usaha ini dari sejak awalnya pembikinan kolam sampai penebaran bibit dan perawatan (pemberian vitamin dan pakan). Anda cukup memutar modal itu sampai lele dewasa dan ukuran telah pantas jual.

Anda dapat mengontak pedagang lele untuk membagikan ikan itu ke pembeli-pembeli langsung.

Burung puyuh

Burung puyuh dapat hasilkan telur dengan jumlah banyak. Dalam satu tahun, seekor unggas ini dapat hasilkan 200-300 butir telur. Kelebihan yang lain ialah mereka dapat bertelur di umur 35 hari.

Maknanya, Anda tak perlu semakin lama memiaranya. Pada sebuah bulan semakin sedikit, langsung bisa nikmati putaran uangnya.

Semakin umurnya, burung puyuh makin produktif dalam hasilkan telur. Umur produktif mereka berada di umur 40 sampai 50 hari.

Tetapi, beternak burung puyuh perlu perawatan yang bagus. Mereka gampang depresi hingga kandangnya harus jauh dari tempat permukiman masyarakat.

Disamping itu, baunya memanglah tidak sangat enak . Maka terkadang jika membuat terkadang dekat permukiman masyarakat, Anda akan terima protes pada mereka.

Kroto, bisnis budidaya unik

Di perdesaan, kroto dapat dicari di beberapa pohon dengan memanjat atau menggunakan galah. Tapi di perkotaan, cari kroto tidak dapat segampang itu. Bahkan juga relatif tidak ada.

Walau sebenarnya kroto mempunyai market share yang paling prospektif. Selain harga yang mahal, produk ini diperlukan pabrik untuk membikin pakan burung. Karena itu, Anda dapat ambil peluang untuk membudidayakannya.

Burung love bird

Burung ini banyak pecintanya. Selainnya hasil kicauannya yang baik, beberapa warnanya mempunyai ketertarikan kuat.

Modal untuk mengawali usaha peternakan love bird sedikit. Cuma perlu sekitaran Rp 1.000.000,- sampai Rp 1.500.000,- saja. Bermodal ini, Anda dapat membeli indukan, kandang, dan pakan.

Jika ditelateni secara baik, omset /bulan dapat capai Rp 60.000.000.

Yang penting dilaksanakan selainnya memberikan makan ialah latih agar kicauannya bagus. Kecantikannya harus juga dijaga. Karena kecantikan dan kicauan ini menjadi parameter saat calon konsumen ingin membawanya ke rumah mereka.

Lebah madu

Beternak lebah madu perlu pengetahuan yang bagus supaya tidak mencelakakan diri kita. Anda mulai bisa membaca mengenai beberapa cara di beberapa buku peternakan bila memang tertarik.

Rasanya ini worth it untuk dicoba karena lebah dapat hasilkan madu yang jika dipasarkan per kilo harga dapat sampai beberapa ratus ribu rupiah. Belum juga keperluan madu warga Indonesia semakin meningkat.

Jangkrik

Jika ada ternak burung, sudah tentu ada yang perlu bisnis ternak jangkrik sebagai pakannya. Beberapa pemilik usaha peternakan burung bisa memberikan makan burungnya dengan pakan yang dipasarkan di pasar.

Tetapi, karena jangkrik mempunyai semakin banyak protein, satu waktu mereka akan memberinya.

Belut

Sama dengan lele yang sedap saat jadi lahapan, belut juga begitu. Bahkan juga saat ini telah ada keripik belut dan hasil olahan belut yang lain.

Untuk buka usaha ini, modal awalannya dapat di bawah 1 juta rupiah. Khusus buat pemula yang ingin mengawalinya dari yang kecil dahulu.

Bebek

Bebek dapat dicicipi dagingnya, juga bisa telurnya saja. Dengan begitu, ada semakin banyak pilihan untuk menjualnya.

Dapat ke penjual lahapan atau pedagang di pasar yang jual daging. Juga bisa dipasarkan ke penjual martabak, pembikin telur asin, dan lain-lain.

Sapi perah

Sapi perah diambil susu segarnya. Ini sebagai keuntungan untuk Anda yang ingin mengawali usaha peternakannya.

Harga memang condong mahal, tetapi karena diambil susunya saja, tidak bakal menjadi permasalahan karena sapinya masih ada.

Cukup diberi makan dan dirawat secara baik supaya produksi susu berkualitas dengan jumlah yang bagus juga.

Sapi daging

Berlainan dengan sapi perah yang diambil susunya, sapi ini dipasarkan untuk digunakan dagingnya. Oleh karena itu, dari perhitungan modal, peternakan sapi daging ialah yang terbesar dibanding kesempatan usaha peternakan di atas.

Anda tidak dapat cuma punyai satu dua sapi jika ingin buka usaha sapi daging ini. Disamping itu, periode kawinnya pun tidak sekencang kambing.

Walau demikian, ingat jika saat dipasarkan hewan ini tawarkan keuntungan yang besar sekali karena harga dagingnya benar-benar mahal.

Begitu beberapa opsi usaha peternakan yang dapat sukses jika digerakkan di Indonesia. Dimulai dari yang modalnya kecil sampai besar. Semua punyai market share sendiri, pembelinya telah ada, tinggal Anda memasarkannya bagaimana.

Posting Komentar untuk " 15 Usaha Bisnis Peternakan Sukses yang Banyak Pembelinya"