Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 IDE BISNIS PARUH WAKTU UNTUK MENGHASILKAN UANG LEBIH BANYAK

7-IDE-BISNIS-PARUH-WAKTU-UNTUK-MENGHASILKAN-UANG-LEBIH-BANYAK

Bisnis paruh waktu. Kesibukan sampingan. pekerjaan akhir pekan. Pertunjukan kedua.

Apa pun sebutannya, kita semua pernah mendengar cerita tentang orang-orang wirausaha yang telah menemukan kesuksesan bekerja di luar pekerjaan standar 9-ke-5 mereka.

Jika Anda lapar untuk memulai bisnis Anda sendiri atau hanya mencari uang ekstra untuk hidup lebih nyaman, ada banyak kemungkinan di luar sana.

Tapi kami tidak akan menutupinya dengan gula: itu tidak mudah. Untuk menyeimbangkan bisnis paruh waktu ekstra, Anda harus menghabiskan beberapa jam luang berharga yang Anda miliki setelah seharian bekerja atau selama akhir pekan. Kabar baiknya adalah jika Anda melakukan riset, berpikir secara strategis, dan tetap bertekad, Anda mungkin menemukan diri Anda di tempat-tempat yang hanya Anda impikan.

Dalam artikel ini, kita akan melihat tujuh ide bisnis paruh waktu untuk membantu Anda mencapai tujuan yang Anda inginkan.

7 ide bisnis paruh waktu untuk dijalankan di waktu luang Anda

Cetak sesuai permintaan

Mencetak sesuai permintaan adalah cara yang bagus untuk melatih otak kreatif Anda (dan menghasilkan uang dalam prosesnya). Saat itulah Anda bekerja dengan perusahaan percetakan untuk menyesuaikan produk seperti mug dan casing ponsel dengan desain Anda sendiri. Perusahaan mencetak dan mengirimkan barang Anda ke pelanggan berdasarkan pesanan, artinya Anda tidak perlu menyimpan inventaris untuk mulai menjual.

Mencetak sesuai permintaan sebagai bisnis paruh waktu membutuhkan sedikit investasi. Anda hanya perlu memilih perusahaan cetak sesuai permintaan untuk bekerja sama, mengunggah desain Anda, dan menambahkan produk ke toko Shopify. Karena produk khusus Anda akan diproduksi setelah pelanggan memesan, Anda tidak perlu membayar barang tersebut sampai Anda menjualnya. Namun, Anda harus meluangkan waktu, tenaga, dan pemikiran untuk membuat desain Anda, karena mereka akan berfungsi sebagai wajah merek baru Anda.

Beberapa niche print-on-demand yang dapat Anda targetkan meliputi:

  • hewan peliharaan
  • Gerak badan
  • Bepergian
  • Gaya hidup vegan
  • Skateboard
  • lelucon kutu buku
  • budaya pop

Pengiriman drop

Dropshipping adalah peluang bisnis yang paling jelas bagi sebagian besar pengusaha paruh waktu. Ini adalah model bisnis di mana Anda menjalankan toko online tetapi tidak menyimpan produk apa pun. Sebagai gantinya, Anda membeli barang dari pemasok setelah pesanan dilakukan dan mereka mengirimkannya ke pelanggan Anda.

Sebagian besar bisnis dropshipping tidak membutuhkan banyak waktu atau uang untuk menyiapkan dan menjalankannya. Persyaratan utamanya adalah memiliki situs web e-niaga, yang dapat Anda bangun dan pelihara dengan mudah melalui Shopify. Untuk dropshipping, Anda akan menggunakan aplikasi seperti DSers untuk menemukan dan menambahkan produk dari pemasok.

Beberapa produk dropshipping yang bisa Anda jual:

  • Lemari pakaian dan aksesori (jeans ibu, baju olahraga, legging)
  • Rumah dan kamar tidur (kipas langit-langit, keset, pembersih udara)
  • Produk kantor (tempat pensil, kacamata cahaya biru, mikrofon podcast)
  • Dapur dan bahan makanan (ceret listrik, lemari es anggur, teh puasa)
  • Peralatan dan perbaikan rumah (colokan pintar, dispenser sabun otomatis)
  • Aksesori kamera dan ponsel (lampu cincin, tripod iPhone, skin ponsel)

Anda tidak perlu berhenti dari pekerjaan harian Anda setelah meluncurkan toko dropshipping. Luangkan waktu untuk meningkatkan toko Anda terlebih dahulu, menemukan pemasok terbaik, dan membangun merek yang solid, hingga Anda melihat arus kas yang sehat. Meskipun mungkin tampak menantang pada awalnya, ide bisnis ini dapat memberi Anda penghasilan pasif dan bahkan gaji penuh waktu jika dilakukan dengan benar.


Menawarkan layanan perawatan hewan peliharaan

Mencari ide bisnis paruh waktu yang tahan pandemi dan mudah dijalankan? Cobalah tangan Anda di perawatan hewan peliharaan. Ini melibatkan merawat hewan peliharaan orang lain dan membelikan mereka produk seperti makanan mentah, sweater, dan tempat tidur. Secara global, pasar perawatan hewan peliharaan bernilai $232 miliar pada tahun 2021, dan diperkirakan akan tumbuh lebih jauh karena semakin banyak orang tua hewan peliharaan yang mempekerjakan orang untuk menjaga kesehatan bayi berbulu mereka.

Jika Anda ingin masuk ke industri hewan peliharaan, pertimbangkan untuk menawarkan layanan seperti jalan-jalan dan perawatan anjing. Anda hanya perlu situs web Anda sendiri untuk memulai. Bagikan tautan situs web Anda dengan orang tua hewan peliharaan di keluarga Anda, serta di grup Facebook dan Pinterest yang terkait dengan hewan peliharaan. Jika layanan Anda bagus, Anda dapat mulai mendapatkan klien melalui referensi yang bernilai dan dapat mengembangkan bisnis sampingan Anda menjadi sesuatu yang lebih purna waktu.

Let the Dog Out menawarkan layanan berjalan-jalan dengan anjing di Guelph, Ontario. Perusahaan menyelenggarakan sesi temu dan sapa gratis untuk membiarkan anjing bertemu dengan orang tua baru mereka (Anda) dan mengenal mereka.

Bahkan jika Anda tidak suka mengajak anjing jalan-jalan, Anda juga bisa masuk ke:

  • Produk hewan peliharaan seperti mug atau t-shirt yang dipersonalisasi
  • Persediaan hewan peliharaan seperti dispenser makanan
  • Fotografi hewan peliharaan dan rendering digital

Tuan rumah tur di samping

Jika Anda tinggal di kota wisata, mengapa tidak menghabiskan hari libur Anda dengan mengadakan tur bagi pengunjung? Ini bisa berupa niche—seperti tur berpemandu ke kota tua—atau aktivitas tertentu, seperti berkemah, mencicipi makanan, atau tur jalan kaki. Pikirkan tentang tempat-tempat yang layak dikunjungi dan mulailah merencanakan rencana perjalanan untuk grup Anda. Anda mungkin perlu membuat skrip atau lembar fakta untuk menjelaskan area kota Anda kepada tamu Anda.

Kemudian, mulailah berpikir tentang bagaimana Anda dapat menemukan pelanggan untuk memulai bisnis tur Anda. Anda dapat membuat situs web Anda sendiri dan mengoptimalkannya untuk kata kunci yang kemungkinan ditelusuri pengunjung, seperti:

  • “[kota Anda] tur pribadi dengan pemandu selama 2 jam”
  • “wisata malam [kota Anda]”
  • “Perjalanan akhir pekan dari [kota Anda]”“[kota Anda] tur pribadi dengan pemandu selama 2 jam”

Tetapi jika Anda tidak suka mengambil rute itu, Anda dapat bergabung dengan platform seperti Showaround. Di Showaround, ada peluang untuk menarik wisatawan dengan menawarkan untuk menjadi tuan rumah tur khusus kota Anda. Anda mungkin berada di tempat kafe paling keren. Atau mungkin Anda mengetahui taman indah yang hanya diketahui oleh penduduk setempat. Pikirkan tentang apa yang dapat Anda tawarkan kepada turis yang mungkin belum pernah mereka lakukan atau alami sebelumnya.

 

Memulai bisnis furnitur

Apakah woodworking hobi favorit Anda? Apakah Anda senang membuat furnitur untuk teman, tetangga, dan kerabat? Jika jawabannya ya untuk kedua pertanyaan tersebut, maka bisnis furnitur paruh waktu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Mulailah dengan membuat apa yang Anda bisa dengan alat yang Anda inginkan. Jual furnitur dan investasikan kembali keuntungan awal untuk memperluas lini produk Anda.

Ada beberapa pekerjaan yang bisa Anda ciptakan sendiri untuk memulai bisnis mebel sampingan:

  • Desainer: Seseorang yang mendesain furnitur dan memiliki pabrikan yang membangunnya.
  • Pembuat: Seseorang yang membuat furnitur dengan tangan.
  • Pengecer: Seseorang yang mengkurasi barang-barang dan menjual berbagai barang dari berbagai merek.
  • Dropshipper: Seseorang yang bekerja dengan pemasok untuk mengatur dan memenuhi pesanan.

Menjadi pemasar afiliasi

Afiliasi pemasaran adalah model bisnis di mana Anda mempromosikan produk atau layanan perusahaan lain dan dibayar untuk memberikan hasil tertentu. Sebagian besar perusahaan afiliasi membayar komisi atas penjualan, tetapi program lain memberikan pembayaran untuk unduhan, prospek, klik, dan hasil lain yang diinginkan. Karena ini adalah bisnis berbasis kinerja, Anda dapat mengubah pemasaran afiliasi dari usaha paruh waktu menjadi bisnis yang menghasilkan sisa pendapatan.

Program afiliasi biasanya gratis untuk bergabung, jadi diperlukan investasi awal yang rendah. Terdapat program untuk beberapa kategori produk, antara lain:

  •  Uang: bitcoin, kartu kredit, dan dana pensiun
  • Hobi: perjalanan, fotografi, dan kasino
  • Gaya hidup: perhiasan, fashion, kencan online
  • Kesehatan dan kebugaran: kebugaran, yoga, penurunan berat badan, nutrisi
  • Teknologi: Game, VPN, WordPress, perangkat lunak webinar
  • bisnis sampingan berbiaya rendah: pemasaran afiliasi

Menjadi penyiar langsung

Streaming langsung telah berkembang jauh dari hari-hari ketika hanya gamer profesional yang menggunakan media untuk menyiarkan konten. Hari ini, "hanya mengobrol" dan streamer IRL—orang-orang yang menyiarkan aktivitas kehidupan nyata kepada penontonnya—secara aktif menyelenggarakan live stream untuk mendapatkan penonton.

Streamer menghasilkan uang secara online melalui langganan, donasi, sponsor, dan iklan. Jika Anda menggunakan platform streaming seperti Twitch, Anda juga dapat menjual merchandise untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan. Beberapa streamer Twitch juga menghasilkan pendapatan dari crowdfunding Patreon, di mana mereka memberi insentif kepada pemirsa untuk menyumbangkan uang kepada mereka setiap bulan di Patreon dengan imbalan hadiah yang mereka buat.

Ada banyak kategori streaming langsung, dari orang-orang yang menyiarkan sesi latihan mereka hingga musisi streaming konser, dan banyak lagi:

  • Sekedar ngobrol
  • Perjalanan dan luar ruangan
  • Pembuat dan kerajinan
  • Olahraga dan kebugaran
  • Pentas seni
  • Acara bincang-bincang dan podcast

Streaming langsung menjadi bisnis paruh waktu yang hebat karena membutuhkan investasi minimal. Anda dapat melakukan siaran langsung hanya dengan ponsel dan tripod, yang bisa Anda dapatkan seharga $30. Dan memiliki begitu banyak pilihan untuk apa yang Anda dapat streaming dan menghasilkan uang tidak lain adalah mendorong. Pilih niche, lalu buat akun di Livestream atau Twitch untuk mulai streaming hari ini.

 

Maju dan kerjakan ide bisnis paruh waktu Anda

Ini dia: gudang ide-ide segar untuk menggerakkan roda gigi Anda dan membantu Anda mengetahui ide bisnis paruh waktu Anda berikutnya.

Ingat saja: itu akan banyak pekerjaan. Tetapi jika Anda memiliki semangat, dedikasi, dan kecerdasan, Anda akan senang mengambil risiko dan mendorong diri Anda keluar dari zona nyaman Anda.

Posting Komentar untuk "7 IDE BISNIS PARUH WAKTU UNTUK MENGHASILKAN UANG LEBIH BANYAK"