Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbankan di Indonesia

Perbankan di Indonesia


Perbankan di Indonesia - Di semua Jakarta ada beberapa bank asing dan lokal yang semua tawarkan beragam service perbankan. Banyak tawarkan baik Rupiah dan mata uang asing (umumnya US$) tabungan dan giro, deposito berjangka, dan rekening kartu credit dan debet dan service valuta asing. Safe deposit box ada di sejumlah bank.

Bank Asing biasanya mempunyai syarat-syarat untuk buka rekening bank individu terhitung surat rekomendasi dari majikan atau sponsor Anda dan salinan paspor dan kartu ITAS Anda. Untuk rekening giro, rekomendasi dari bank Anda awalnya, Nomor Dasar Harus Pajak perusahaan Anda dan surat dari perusahaan Anda yang mengonfirmasi jika pajak pendapatan Indonesia dibayarkan oleh perusahaan kemungkinan dibutuhkan. Untuk buka rekening individu dalam US$ beberapa bank membutuhkan deposit minimal yang hendak tutupi ongkos penutupan rekening; lainnya memerlukan kesetimbangan yang lumayan besar untuk dipertahankan. Karena beragam service dan peraturan yang unik untuk tiap-tiap bank, dianjurkan untuk menghubungi dan bertanya langsung, selanjutnya tindak lanjuti dengan lawatan individu.

Banyak ekspatriat yang tinggal di Indonesia pilih pilihan untuk menjaga account khusus mereka di negara asal mereka. Majikan mereka selanjutnya bisa mentransfer upah mereka tiap bulan langsung ke rekening ini. Selanjutnya, Anda bisa memutuskan untuk terima beberapa dari upah Anda dalam mata uang Rupiah untuk tutupi pengeluaran bulanan Anda di Indonesia.

 

Mesin Teller Automatis

ATM berada di pusat belanja, cabang bank yang semakin besar, dan kompleks perkantoran perkotaan, banyak toko serba ada, dan di sejumlah wilayah yang kerap didatangi wisatawan. Beberapa orang lebih sukai beraktivitas perbankan online atau di mesin ATM untuk menghindar antrean nasabah yang menanti service di bank dan terbatasinya jam perbankan di luar jam kerja; tetapi, barisan dapat menjadi benar-benar panjang untuk ATM! ATM bekerja dengan kartu credit dan debet internasional yang berafiliasi dengan: Alto, Pakar, Cirrus, Plus, Master Card, dan Visa.

Bila Anda mempunyai rekening dolar di bank lain seperti BCA atau BII, Anda dapat lakukan penarikan ATM dari rekening Dolar AS Anda tapi penarikan tunai akan dilaksanakan dalam mata uang Rupiah. Tetapi Anda tidak bisa mentransfer mata uang asing dari sarana perbankan online karena dokumentasi hardcopy harus diisi sendiri untuk tiap transfer yang sudah dilakukan. Ini mewajibkan Anda ke bank langsung setiap lakukan transfer bank mata uang asing. Saksikan, bukannya di perusahaan pengangkutan uang online untuk mempermudah transfer ini.

Nasabah bisa manfaatkan service yang lain dijajakan ATM seperti pembayaran bill listrik, tv, air, atau internet, pembayaran berbelanja online, transfer ke bank lain, dan pembelian pulsa untuk smartphone.

Saat sebelum buka rekening bank, check apa bank Anda berafiliasi dengan jaringan ATM Sempurna Rintis Sejahtera. Oleh karenanya, ini memberikan Anda penarikan dan kelebihan ATM yang lain di ATM di jaringan bank yang luas di semua Indonesia. Saat memakai ATM di lokasi selainnya bank penerbit kartu ATM, beberapa ongkos kemungkinan berlaku untuk transaksi bisnis Anda.

Di ATM tercantum secara jelas apa penarikan akan terbatasi pada pecahan Rp 50.000 atau pecahan Rp 100.000. ATM terpisah untuk pembayaran bill dikasih cap "Non-tunai" (non tunai) atau mesin khusus untuk cetak buku bank Anda.

Banyak ATM bisa dijangkau 24 jam satu hari. Di mesin ATM, bertindak yang pas untuk menghindar perhatian yang tidak diharapkan, khususnya saat keluarkan uang dengan jumlah besar; pakai mesin yang jelas dan aman dan lokasi penukaran uang. Yakinkan untuk simpan uang Anda dengan aman saat sebelum Anda tinggalkan mesin ATM.

 

Transfer Dana Luar Negeri - Pengangkutan Uang Online

Di Indonesia, bank mewajibkan konsumen setia mereka tiba sendiri dan berdiri dalam antrean konsumen setia reguler untuk lengkapi document untuk mengawali transfer bank internasional. Pakta ini memiliki arti transfer bank mewajibkan istirahat sepanjang jam kerja dan pengangkutan uang AS ke luar negeri harus menantang jalan raya untuk sampai ke bank Anda. Ongkos berkaitan tidak selamanya kelihatan karena akan ditanggung ke pengirim dan yang menerima dana.

Beberapa usaha internasional tawarkan alternative - langkah cepat, gampang dan ekonomis untuk mentransfer dana dari rekening bank Indonesia Anda ke negara lain, tanpa ongkos tinggi yang umumnya berkaitan dengan transfer bank tradisionil.

Perusahaan pengangkutan uang online ini bisa dijangkau lewat computer atau program telephone Anda yang memungkinkannya Anda lakukan transfer aman pada hari yang serupa langsung ke rekening bank arah. Biaya bersaing antara perusahaan memungkinkannya Anda untuk "belanja" untuk service yang paling sesuai keperluan Anda.

Banyak beberapa perusahaan pengangkutan uang internasional sudah meningkatkan program yang menerangkan nilai ganti dan ongkos transaksi bisnis. Transfer Anda bisa secara mudah dicari lewat cara online dan sesudah info yang menerima berada di account Anda, Anda tak perlu isi formulir setiap Anda mengirimi dana.

Saat menentukan perusahaan pengangkutan uang online, bandingkan beberapa faktor seperti ongkos (biaya masih tetap atau bergantung dalam jumlah yang ditransfer), nilai ganti yang dipakai, kekuatan untuk mentransfer ke negara opsi Anda, keringanan pemakaian, keamanan, rekam jejak, apa perusahaan pengangkutan uang mempunyai lisensi atau mungkin tidak, dan diawasi di Indonesia oleh Bank Indonesia, apabila mereka mempunyai aliran service konsumen setia yang berbasiskan di Indonesia untuk jawab pertanyaan.

Satu perusahaan sesuai persyaratan itu - TopRemit. Datangi website dan program mereka untuk pelajari selanjutnya mengenai pengangkutan uang internasional tanpa ribet dari Indonesia dengan perusahaan yang bersertifikasi dan diawasi oleh Bank Indonesia semenjak 2009 untuk pastikan keamanan 100%. Mereka tawarkan empat langkah untuk terima uang yang ditransfer: transfer bank, ambil tunai, pengisian pulsa, dan e-Wallet.

 

Penukaran Uang

Penukaran uang berada vital di semua kota dan di mayoritas pusat belanja, department toko, dan hotel. Dianjurkan untuk cuman bawa uang kertas baru yang tidak bertanda, karena uang kertas lama, kotor atau bertanda kerap ditampik atau diperjualbelikan pada harga yang lebih rendah oleh penukaran uang. Mereka lebih sukai uang kertas dolar AS dalam pecahan $50 dan $100.

Sebagai perbedaan, beberapa bank lokal (BII, BNI, BCA, dan lain-lain) sering memberi nilai ganti yang minimal sama bagusnya dengan money changer. Bank mempunyai resiko lebih rendah untuk memberi uang Indonesia palsu ke Anda. Tetapi bank tutup lebih cepat dan dapat memerlukan waktu semakin lama untuk mengganti uang. Penukaran uang membuka di akhir minggu tetapi kurs akhir minggu kemungkinan sedikit bertambah untuk menyeimbangi fluktuasi kurs mencolok yang kemungkinan terjadi saat pasar membuka di hari Senin.

Sesudah Anda pahami mistis mekanisme uang dan perbankan Indonesia, Anda akan selekasnya berasa nyaman dengan mata uang lokal. Untuk mayoritas ekspatriat dengan upah mata uang asing untuk dibelanjakan, Indonesia tawarkan banyak penawaran luar biasa!

 

Syarat Pembukaan Rekening Bank di Indonesia

Tiap bank tentu saja mempunyai syarat tertentu untuk orang asing untuk buka rekening bank. Anda akan mendapati ketidaksamaan besar di antara beberapa bank Indonesia dan beberapa bank asing. Berikut syarat-syarat sekarang ini untuk contoh:

 

Bank Mandiri - Rekening Tabungan

• Orang Asing harus memperlihatkan paspor dan KIMS/ITAS (Ijin Tinggal Sementara/Ijin Bertandang Sementara)

• Paspor

• Surat dari majikan yang mengatakan jika Anda ditempatkan kerja oleh perusahaan Anda

• Setoran awalnya minimum Rp 500.000


Bank Mandiri - Tabungan Valuta Asing

• Pelanggan Perseorangan

• Dapat dibikin atas nama 2 orang (rekening bersama)

• Salinan ID yang benar

• Fotokopi Paspor dan Ijin Tinggal (KIMS)/ Ijin Tinggal Sementara (ITAS)/ Ijin Tinggal Masih tetap (ITAP)

• Setoran awalnya minimal USD 100

• Saldo minimum USD 100

• Dikenakan ongkos administrasi bulanan

• Biaya untuk saldo di bawah minimal


Bank Central Asia (BCA) - Rekening Dolar

• Fotokopi Paspor dan Ijin Tinggal (KIMS)/ Ijin Tinggal Sementara (ITAS)/ Ijin Tinggal Masih tetap (ITAP)

• Setoran awalnya minimal USD 100 atau SGD 200

• Surat Rekomendasi / Surat dari perusahaan yang mengaryakan yang mengatakan jika ia ialah pegawai dari perusahaan itu

• Akun Dikenai ongkos administrasi bulanan


BCA - Tabungan Tingkatan

• Fotokopi Paspor dan Ijin Tinggal (KIMS)/ Ijin Tinggal Sementara (ITAS)/ Ijin Tinggal Masih tetap (ITAP)

• Setoran awalnya minimum Rp 500.000

• Surat Rekomendasi / Surat kerja dari majikan Anda

• Akun dikenai ongkos administrasi bulanan


Rekening Tabungan Citibank

• 10 lokasi di Jakarta

• Orang Asing harus memperlihatkan KIMS/ITAS (Ijin Tinggal Sementara/Ijin Bertandang Sementara)

• Satu kembali wujud ID - Surat Ijin Berkendara

• Paspor

• Setoran awalnya minimum Rp 5.000.000

• Wajib jaga saldo /bulan sejumlah Rp50.000.000, saldo yang kurang dari minimal akan dikenai denda sejumlah Rp100.000 /bulan

• Biaya transfer dari Citibank Indonesia ke luar negeri dikenai ongkos % atau 0,125% dari keseluruhan nilai transfer

• Kartu debet akan selekasnya diedarkan atau dalam kurun waktu 24 jam bila mesin ATM tidak ada di lokasi.

• Dapat ajukan permintaan Kartu Credit tapi akan mendapatkan kesepakatan. Akan memerlukan waktu 7- 14 hari kerja untuk kesepakatan

• Transfer dari Citibank ke Citibank tanpa ongkos

• Transfer dari Citibank ke bank lain umumnya 1/8% dari keseluruhan transfer dengan minimum USD$ 10 (2014 ada promosi jadi ongkos ini ditarik). Bila dibutuhkan untuk mentransfer "jumlah penuh" bakal ada ongkos USD$ 32 untuk bank yang menerima

• Akun bisa dibuka dalam: Dolar Singapura, Pound Sterling, Dolar AS, Dolar NZ, Dolar Aus


Bank Standar Chartered

• 15 Lokasi di Jakarta

• Orang asing harus memperlihatkan KIMD atau ITAS, Paspor dan Slip Upah yang diedarkan ke orang dari perusahaan yang berada di Indonesia. Pembayaran harus dalam mata uang IDR atau USD

• Setoran awalnya minimal - Sama dengan individu Rp 10.000.000; Lebih dicintai sama dengan Rp100.000.000; Fokus sama dengan Rp500.000.000.

• Kartu debet akan selekasnya diedarkan

• Dapat ajukan permintaan Kartu Credit tapi akan mendapatkan kesepakatan. Harus sediakan rekening koran dari bank lain. Akan memerlukan waktu 7- 14 hari kerja untuk kesepakatan

• Transfer ke bank lain 1,13% dari keseluruhan + Rp 30.000

• Jika dibutuhkan untuk mentransfer "jumlah penuh" bakal ada ongkos USD$ 25 untuk bank yang menerima

• Rekening bisa dibuka dalam: Dolar AS atau IDR

• Persyaratan Standar Chartered tidak mempertimbangkan orang yang menggenggam paspor dari: Burma, Kuba, Iran, Korea Utara, Suriah, Sudan, atau Myanmar


Hongkong Shanghai Banking Corporation (HSBC)

Syarat untuk ekspatriat buka rekening bank:

Perbankan di Indonesia


Kartu credit

Mayoritas bank nasional dan internasional besar di Indonesia keluarkan kartu credit. Syarat dasar untuk mengeluarkan kartu di Indonesia ialah pemegangnya harus berumur 21 tahun, mempunyai pendapatan bulanan dalam jumlah yang ditetapkan oleh masing-masing bank. Sering batasan credit awalnya diputuskan optimal 3x penghasilan bulanan Anda, yang bisa dipertingkat seiring berjalannya waktu sesudah Anda menunjukkan kelaikan credit Anda. Kartu tambahan bisa dikasih ke anak-anak dari pemegang kartu khusus saat mereka cukup usia. Sudah pasti, peraturan masing-masing bank berlainan.

Tiap bank mempunyai syaratnya sendiri untuk mengeluarkan kartu credit ke ekspatriat, dan syaratnya benar-benar bervariatif! Beberapa bank akan tawarkan Anda kartu bahkan juga tanpa mempunyai rekening di bank mereka. Umumnya tipe kartu ini akan mempunyai batasan rendah.

Untuk kartu dengan batasan yang semakin tinggi, beberapa ekspatriat kemungkinan berasa susah untuk memperoleh kartu credit lokal karena bank nasional dan internasional kerap kali membutuhkan setoran yang berarti atau kisah perbankan yang dijumpai pada kartu credit, kadang sampai 80-110 % dari batasan credit yang ada pada kartu.. Lainnya hadapi keadaan di mana program mereka nampaknya tidak diolah (tidak ada respon yang diterima dari program mereka) atau pelamar ekspat dikasih tahu jika ia tidak penuhi persyaratan karena mereka bukan masyarakat negara Indonesia. Banyak ekspatriat, bagaimana juga, cuman terus memakai kartu asing mereka yang diterima secara luas di Indonesia. Tetapi satu kekurangan lakukan ini ialah tingkat alterasi yang dipakai umumnya tinggi.

Bank semestinya cuman membutuhkan paspor, bukti domisili lokal, dan ijin tinggal sementara (ITAS), dan bukti pendapatan yang cukup, untuk penuhi persyaratan untuk memperoleh kartu credit, tapi bank di Indonesia dapat minta syarat "fleksibel" yang lain saat mengolah pelamar non-Indonesia. Misalkan, surat pernyataan dari majikan ekspat berkenaan status kerjanya bisa menolong memberikan fasilitas proses. Beberapa bank kemungkinan menimbang apa Anda mempunyai atau sewa rumah Anda sebagai factor dalam kesepakatan kartu credit. Ini membuat beberapa ekspatriat kesusahan, karena mayoritas mereka sewa rumah atau apartemen sepanjang mereka tinggal. Pelamar yang telah mempunyai kartu credit dari pemberi utang lain kemungkinan lebih gampang memperoleh lajur credit tambahan dari perbankan Indonesia.Nampaknya mempunyai kisah dengan bank tertentu (menggenggam rekening lain di situ) akan membuat pengajuan kartu credit jadi lebih gampang.

Disaksikan sebagai lebih mobile dibanding rerata Indonesia, ekspatriat kerap dilihat oleh bank lokal mempunyai factor resiko yang semakin besar.

 

Kartu credit prabayar

Kartu prabayar seperti Flazz dan Emoney BCA ialah wujud pembayaran non-tunai yang terkenal. Kartu chip RFID ini memungkinkannya pembayaran cepat tanpa ongkos transaksi bisnis dan gampang diisi ulangi di ATM non tunai BCA, merchant kartu Flazz, dan pusat isi ulangi mandiri di semua Indonesia.

Kartu-kartu ini menolong membuat perlindungan Anda dari penipuan kartu credit karena jumlah pada kartu terbatas dan ditetapkan oleh Anda saat Anda isi kartu. Saat Anda ingin bayar, cukup tempatkan kartu Anda di reader dan transaksi bisnis tanpa uang kontan Anda usai. Biasa dipakai di mini pasar, supermarket, SPBU, toko buku, untuk tempat parkir, dan transportasi umum. Anda bisa beli kartu prabayar ini di merchant atau bank yang berperan serta.

 

Penipuan kartu credit

Ekspatriat dianjurkan untuk benar-benar waspada memakai kartu credit yang diedarkan asing di Indonesia karena bahaya penipuan kartu credit, diketemukan di penjuru dunia dan di Indonesia !. Kejahatan yang terkait dengan penyimpangan kartu credit umum terjadi dan terhitung pemakaian kartu credit curian atau palsu untuk transaksi bisnis internet. Jubir Federasi Kartu Credit Indonesia (AKKI), mengaku bank sering mempunyai syarat tambahan untuk masyarakat negara asing yang mencari credit.

Lebih bagus memakai uang kontan atau kartu debet untuk pembelian. Beberapa merekomendasikan tidak untuk memakai kartu debet VISA atau Master Card yang berkaitan dengan account Anda saat lakukan pembelian, karena kartu debet memungkinkannya maling untuk hapus jumlah keseluruhan dari account sekarang ini.

Turunkan eksposur Anda dengan buka rekening bank lokal cukup dengan sedikit uang. Hancur semua pertanda terima kartu credit Anda (umumnya mereka mempunyai nomor kartu credit komplet Anda dan tanggal lewat waktu dari mereka) dan document dengan info individu. Bawa beberapa minimal kartu credit dan tulis nomornya dan siapa yang perlu dikontak bila diculik atau lenyap; buka rekening bank lokal dapat kurangi eksposur Anda.

Posting Komentar untuk "Perbankan di Indonesia"