Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Menjalankan Bisnis Food Truck yang Sukses

10-Tips-Menjalankan-Bisnis-Food-Truck-yang-Sukses

Jika Anda memiliki hobi makanan tetapi tidak ingin membuka restoran, pertimbangkan untuk membuka bisnis truk makanan. Ini lebih murah daripada memulai restoran bata-dan-mortir dan cara yang bagus untuk memulai karir di industri makanan.

Truk makanan lebih populer saat ini daripada sebelumnya; Anda mungkin pernah melihatnya di festival, pesta ulang tahun, pernikahan, dan acara khusus lainnya. Selain itu, sejak pandemi COVID-19 dimulai, banyak pelanggan yang memilih membeli makanan dari food truck daripada mengunjungi restoran.

Jika Anda tertarik menjalankan food truck atau sudah memilikinya dan ingin belajar cara mengembangkan bisnis food truck, baca terus postingan ini!

Kegilaan Truk Makanan Berlanjut

Ide truk makanan dimulai pada tahun 1961 ketika pedagang kaki lima menjual makanan dari gerobak di New York. Pekerja konstruksi, petugas pengiriman, dan pekerja garmen membeli daging, sandwich, dan buah. Pada tahun 1974, truk taco pertama King Taco menjadi hidup dan menghasilkan rantai restoran bata-dan-mortir yang sukses di California Selatan.

Sejak itu, industri ini telah berevolusi untuk menampilkan eksterior berwarna cerah, seringkali dengan merek yang unik. Banyak dari pemilik bisnis ini berfokus pada jenis makanan tertentu, seperti pizza, taco, keju panggang, dan kue mangkuk.

Misalnya, The French Quarter adalah truk di New Jersey yang menawarkan jambalaya ala Cajun, udang goreng, dan makanan khas New Orleans lainnya.

Truk makanan telah tumbuh secara eksponensial sejak resesi pada tahun 2008. Pada 2019, ada lebih dari 23.000 truk makanan di Amerika Serikat, menghasilkan sekitar $ 1 miliar setiap tahun.

Ketika mereka pertama kali muncul di kancah makanan pada tahun 2008, truk makanan dianggap "trendi". Hari ini, bagaimanapun, mereka adalah konsep utama yang sering lebih disukai daripada restoran dan makanan cepat saji.

Di Dalam Pertumbuhan Industri Food Truck

Sementara industri restoran telah tumbuh sekitar 2 persen dalam beberapa tahun terakhir, truk makanan telah meroket pada tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 7,9 persen. Kegemaran truk makanan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat karena orang-orang melihat truk makanan sebagai cara yang menyenangkan dan terjangkau untuk mencoba makanan baru.

Semakin banyak orang menyadari pertumbuhan industri ini dan mengejar usaha truk makanan sebagai hasilnya. Inilah alasannya: mereka membutuhkan investasi awal yang jauh lebih kecil daripada restoran. Biaya awal akan bergantung pada negara bagian Anda, tetapi biasanya hanya $30.000 hingga $40.000.

Meskipun ada truk makanan di sebagian besar kota, truk itu lazim di tempat-tempat seperti Austin, Los Angeles, Portland, dan Seattle. Mereka sering kali merupakan usaha bisnis yang sukses yang dapat dikunjungi pelanggan di jalan-jalan yang sibuk, kawasan bisnis, pasar petani, bar, tempat olahraga, pompa bensin, dan di mana pun mereka diizinkan secara hukum.


10 Tips Sukses Food Truck:

Meskipun lebih mudah dan lebih terjangkau untuk memulai truk makanan daripada lokasi bata-dan-mortir, itu membutuhkan waktu dan upaya untuk memastikan kesuksesan. Strategi khusus dapat membantu Anda menonjol dari truk makanan lain, mendapatkan pelanggan baru, mempertahankan yang setia, dan memaksimalkan keuntungan Anda.

Mari selami lebih dalam beberapa kiat terbaik untuk memulai dan mengembangkan bisnis yang sukses di industri ini.

1. Lakukan Riset Pasar yang Luas

Sebelum Anda membeli truk makanan, luangkan waktu untuk melakukan riset pasar secara menyeluruh.

Penelitian Anda akan membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • “Apakah ada tren makanan yang sedang berkembang di kota atau kota Anda?”
  • “Apakah area tertentu membutuhkan truk makanan?”
  • "Apakah ada banyak truk makanan jenis tertentu?"

Jika Anda mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, Anda akan lebih mudah membuat keputusan bisnis yang strategis.

 

2. Pilih Masakan Truk Anda dengan Bijak

Pilihannya tidak terbatas ketika memilih jenis bisnis truk makanan yang ingin Anda buka. Anda dapat menawarkan masakan seperti:

  • Pizza
  • barbekyu
  • Penggeser
  • Taco
  • Keju panggang
  • Hidangan penutup

Untuk memilih masakan truk makanan yang sempurna, Anda perlu melakukan riset pasar. Jika Anda menemukan banyak truk makanan keju panggang di daerah Anda, tetapi tidak ada truk pizza, itu mungkin menginformasikan keputusan Anda.

Cobalah untuk memilih truk makanan yang memungkinkan persaingan lebih sedikit, juga terjangkau, dan sesuai dengan minat Anda.

 

3. Buat Daftar Kebutuhan Yang Diperlukan

Anda akan membutuhkan berbagai persediaan untuk membuka dan menjalankan bisnis makanan keliling Anda dalam jangka panjang. Daftar Anda kemungkinan akan mencakup item seperti:

  • Sarung tangan sekali pakai
  • Alumunium foil
  • Wadah
  • Cucian piring
  • peralatan
  • Alat bersih-bersih
  • Perlengkapan keselamatan.

Setelah Anda membuat daftar, Anda dapat berbelanja untuk menemukan penawaran terbaik untuk persediaan dan inventaris. Kemungkinan besar, strategi sederhana ini dapat menghemat banyak waktu dan uang Anda.

 

4. Beli Truk yang Tepat

Tidak semua truk makanan diciptakan sama; Percaya atau tidak, food truck memiliki kisaran harga mulai dari $50.000 hingga $250.000. Selain itu, Anda dapat membeli truk baru atau bekas atau bahkan mempertimbangkan untuk menyewa truk. Biasanya, truk baru dapat disesuaikan tetapi bisa sangat mahal.

Di sisi lain, truk bekas lebih murah daripada yang baru tetapi memiliki risiko perawatan yang lebih mahal. Pilihan lain adalah menyewa truk untuk menguji usaha Anda dan menghabiskan lebih sedikit uang setiap bulan.

Saat Anda mengetahui jenis truk makanan apa yang ingin Anda beli atau sewa, pergilah ke dealer truk terkemuka seperti Prestige Food Trucks, Cruising Kitchens, atau FoodTrucks.net.

Terakhir, Anda harus mempertimbangkan cara membiayai pembelian truk makanan Anda. Banyak pemilik bisnis mengejar pinjaman bisnis truk makanan untuk membeli kendaraan mereka dalam situasi ini. Setelah Anda menerima pinjaman truk makanan, Anda akan memiliki dana untuk membeli truk Anda tanpa mengambil arus kas dari pengeluaran bisnis lainnya.

 

5. Menggabungkan Untuk Melindungi Aset Anda

Anda bisa memulai bisnis truk makanan Anda sebagai kepemilikan tunggal dan menggabungkannya di jalan. Namun, langkah bijak adalah memasukkan bisnis Anda sejak awal. Karena Anda akan menjual produk makanan, yang dapat membuat orang sakit, menggabungkan dapat melindungi aset Anda jika terjadi tuntutan hukum.

Pertama, tentukan nama dan daftarkan bisnis Anda di negara bagian Anda. Kemudian, dapatkan Nomor Identifikasi Pemberi Kerja (EIN) dari IRS. Memastikan bahwa Anda memiliki semua lisensi dan izin yang diperlukan akan sangat penting.

 

6. Tetapkan Anggaran dan Kejar Pembiayaan

Anggaran yang solid adalah bagian penting dari rencana bisnis truk makanan. Untuk membuat proyeksi keuangan, Anda harus menuliskan jumlah uang yang ingin Anda keluarkan untuk setiap komponen bisnis. Komponen-komponen ini mungkin termasuk peralatan dapur, mempekerjakan operator truk, pemeliharaan kendaraan, dan pemasaran.

Ingatlah bahwa pasar dan peraturan truk makanan kemungkinan akan menyebabkan perubahan anggaran seiring waktu. Juga, pastikan anggaran Anda realistis dan memungkinkan Anda untuk mengambil utang sesedikit mungkin.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pinjaman truk makanan bisa menjadi cara yang bagus untuk membiayai bisnis Anda. Jadi, setelah anggaran Anda selesai, teliti pilihan pembiayaan bisnis seperti:injaman atau Sewa Peralatan)

  • Lini Bisnis KreditPinjaman Usaha Kecil
  • Pembiayaan Peralatan (Pinjaman atau Sewa Peralatan)
  • Lini Bisnis Kredit
  • Kartu Kredit Bisnis
  • Pinjaman SBAPinjaman Usaha Kecil
  • Pembiayaan Peralatan (Pinjaman atau Sewa Peralatan)
  • Lini Bisnis Kredit
  • Kartu Kredit Bisnis
  • Pinjaman SBA
  • Kartu Kredit Bisnis
  • Pinjaman SBA

 

7. Coba Taktik Pemasaran Kreatif

Pemasaran adalah salah satu kunci keberhasilan bisnis, sehingga Anda harus membuat strategi pemasaran yang melibatkan banyak pendekatan. Berikut adalah beberapa contoh teratas:

  • Cobalah strategi pemasaran digital seperti iklan Facebook dan Search Engine Optimization (SEO).
  • Buat buletin email, menginformasikan pelanggan terdekat di mana truk Anda diparkir dan apa saja menu Anda
  • Berinvestasi dalam inisiatif tradisional seperti pemasaran surat langsung.
  • Upaya pemasaran Anda harus berkelanjutan dan akan berkembang seiring Anda mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak.

 

8. Parkirkan Truk Anda di Lokasi Volume Tinggi

Sebagai pemilik truk makanan, Anda memiliki kebebasan untuk membawa bisnis Anda ke mana saja. Pikirkan di mana pelanggan ideal Anda paling sering nongkrong, lalu dapatkan izin untuk memarkir truk Anda di sana dan lihat apakah lokasi tersebut menarik lalu lintas pejalan kaki yang signifikan.

Truk makanan tampil optimal di festival, kawasan bisnis, dan taman truk makanan. Namun, sejak pandemi COVID-19, truk makanan juga menjadi populer di daerah pemukiman, karena pelanggan suka mendapatkan makanan dan memakannya dengan aman di rumah mereka.

 

9. Pantau Ulasan Online

Saat ini, ulasan dapat membuat atau menghancurkan bisnis kecil Anda. Karena alasan ini, Anda sebaiknya memantau ulasan Anda secara teratur.

Jika memungkinkan, tanggapi semua ulasan pelanggan, terlepas dari apakah ulasan tersebut baik atau buruk. Dengan cara ini, calon pelanggan yang mencari bisnis Anda secara online akan tahu bahwa Anda menghargai pelanggan Anda dan selalu ingin meningkatkan diri.

Untuk meningkatkan ulasan, Anda mungkin ingin menawarkan insentif (seperti diskon) agar pelanggan mengulas truk makanan Anda dan Anda membangun kepercayaan secara online.

 

10. Manfaatkan Media Sosial

Pemasaran media sosial dapat melakukan keajaiban untuk bisnis truk makanan Anda. Buat halaman Facebook, Twitter, dan Instagram yang menarik dan perbarui sesering mungkin. Bagikan informasi seperti:

  • Item menu terpanas Anda
  • Di mana truk Anda akan diparkir
  • Penawaran
  • Hadiah

Buat orang-orang tertarik dengan bisnis Anda sehingga mereka menjadi pengikut; ini dapat mendorong mereka untuk membagikan konten Anda dengan jaringan mereka.

 

Pemikiran Akhir Tentang Kesuksesan Truk Makanan

Bisnis truk makanan bisa menjadi cara yang menarik untuk menjadi wirausahawan, mencari nafkah, dan membuat perbedaan positif di komunitas Anda. Namun, sama seperti bisnis apa pun, dibutuhkan kerja keras, dedikasi, dan kesabaran. Selama Anda memilih opsi pembiayaan yang tepat dan mengikuti tips ini, peluang Anda untuk sukses sangat tinggi.

 

Posting Komentar untuk "10 Tips Menjalankan Bisnis Food Truck yang Sukses"