Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apakah itu Bank Investasi? Pengertian Bank Investasi

Istilah bank investasi banyak mulai dibahas saat terjadi kritis ekonomi di tahun 2008. Banyak yang mengetahui dan memulai menanyakan berkenaan ketidaksamaan bank investasi dan bank umum.

Dalam ulasan ini kali, kita akan membahas berkenaan pengertian bank investasi dengan singkat hingga gampang dimengerti beberapa pembaca sekaligus.

Apakah itu Bank Investasi? Pengertian Bank Investasi


Pengertian Bank Investasi

Bank investasi sebagai salah satunya instansi keuangan yang bekerja di bagian keuangan kelas atas dengan menolong perusahaan untuk terhubung pasar modal, dengan arah untuk pengembangan atau keperluan yang lain.

Misalkan saja Coca-Cola ingin jual obligasi untuk membuat pabrik baru di Asia, karena itu bank investasi akan menolongnya mendapati konsumen, dan menolong tangani masalah administrasi, bersama dengan team advokat dan akuntan.


Peranan Bank Investasi

Bank investasi bisa bertindak selaku mediator di antara investor (pemilik modal) dan perusahaan yang memerlukan modal untuk perkembangan usaha mereka.

Pada umumnya, bank investasi dipisah jadi dua, untuk pembelian dan pemasaran. Segi pemasaran umumnya merujuk pada pemasaran saham IPO (initial public offering) yang baru dikeluarkan, tempatkan permasalahan obligasi baru, turut serta dalam service pembikinan pasar, atau jadi saranator transaksi bisnis client.

Dalam pada itu, segi pembelian berperan untuk atur dana pensiun, reksadana, dan hedge funds untuk mengoptimalkan keuntungan pada perdagangan atau investasi di surat bernilai seperti saham atau obligasi.


Tiga Type Service Bank Investasi

Banyak bank investasi dipisah jadi tiga kelompok kantor yang terkait dengan service front office, middle office, dan back office.

Service front office investment

Kantor depan umumnya terbagi dalam perbankan investasi yang hendak menolong perusahaan untuk aktivitas misalnya:

Merger dan pemerolehan, keuangan perusahaan seumpama mengeluarkan miliaran dollar dalam kertas komersil untuk menolong memodali operasi sehai-hari

Management investasi profesional untuk lembaga atau pribadi dengan kekayaan bersih yang tinggi

Merchant banking yang disebut kata eksklusif untuk ekuitas swasta di mana bank masukkan uang ke perusahaan yang tidak diperjualbelikan secara khalayak dengan imbalan pemilikan

Laporan investasi dan penelitian pasar modal dipersiapkan oleh riset profesional bagus untuk info pemakaian di dalam rumah atau untuk dipakai satu kelompok client yang selective

Pendefinisian taktik terhitung patokan seperti peruntukan asset dan batasan risiko

Service middle office investment

Service investasi middle office meliputi kepatuhan pada ketentuan pemerintahan dan limitasi untuk client professional seperti bank, perusahaan asuransi, seksi keuangan, dll. Middle office seringkali dipandang seperti back office yang menolong memantau masuk keluarnya uang dari perusahaan buat tentukan jumlah likuiditas yang penting dijaga oleh perusahaan supaya tidak alami permasalahan keuangan.

Team yang bertanggungjawab atas saluran modal bisa memakai info itu untuk batasi perdagangan dengan kurangi daya membeli / perdagangan yang ada untuk seksi yang lain.

Service back office investment

Back office bisa dimisalkan sebagai baut dan mur untuk bank investasi. Karena back office tangani beberapa hal seperti

  • Verifikasi perdagangan
  • Pastikan jika sekuritas yang betul dipasarkan, dibeli, dan dituntaskan dengan jumlah yang betul
  • Sediakan basis piranti lunak dan tehnologi yang memungkinkannya pedagang untuk lakukan tugas mereka secara hebat dan profesional, membuat algoritme baru, dll.

Tugas dalam back office seringakali di anggap remeh, walau begitu, tanpa mereka beberapa hal tidak jalan dengan seharusnya.


Aktivitas Bank Investasi

Secara umum, bank investasi akan kelihatan dalam beberapa aktivitas berikut:

  • Meningkatkan modal ekuitas, seperti menolong mengeluarkan IPO atau membuat kelas khusus saham prefen yang bisa ditaruh dengan investor hebat seperti perusahaan asuransi atau bank
  • Meningkatkan modal utang seperti mengeluarkan obligasi untuk menolong kumpulkan uang buat pengembangan pabrik
  • Mengasuransikan obligasi atau mengeluarkan produk terkini
  • Turut serta dalam perdagangan terbatas di mana team manajer uang in-house melakukan investasi atau memperdagangkan uang prusahaan sendiri untuk account personal.

Misalnya saja, bank investasi yakin emas akan naik hingga mereka bertaruh dalam emas berjangka, mendapat pilihan panggilan pada perusahaan pertambangan emas, atau beli emas batangan langsung untuk penyimpanan dalam peti uang yang aman.


Service Penjaminan di Bank Investasi

Usaha memerlukan uang agar bisa bekerja dan tumbuhkan usaha mereka. Oleh karena itu banker menolong perusahaan menghasilkan uang dengan pasarkan perusahaan pada investor. Adapun beberapa jenis penjaminan bisa berbentuk:

  • Loyalitas tegas - Penjamin emisi (barisan kenaikan modal dan penjaminan yang bekerja di antara investor dan perusahaan) sepakat untuk beli semua saham dan bertanggung jawab keuangan penuh untuk setiap saham yang tidak terjual.
  • Usaha terbaik - penjamin emisi memiliki komitmen untuk jual sebanyak-banyaknya saham pada harga yang telah disetujui tetapi bisa kembalikan saham yang tidak terjual pada penerbit tanpa tanggung-jawab keuangan.
  • All-or-none - Bila semua saham tidak bisa dipasarkan pada harga seperti pada penawaran, karena itu persetujuan dapat diurungkan dan perusahaan penerbit tidak terima apa saja.


Client Perbankan

Client bank investasi mencakup:

Pemerintahan

Bank investasi bisa kerja bersama pemerintahan untuk kumpulkan uang, memperdagangkan sekuritas, dan beli dan jual mahkota sekuritas.

Korporasi

Banker bekerja dengan perusahaan swasta dan khalayak untuk menolong mereka go public, tingkatkan modal, tumbuhkan usaha, lakukan pemerolehan, dll.

Lembaga

Bank bekerja dengan investor buat mengurus uang perusahaan lain untuk menolong mereka memperdagangkan sekuritas dan sediakan penelitian. Mereka bekerja bersama dengan perusahaan ekuitas swasta untuk menolong mengakuiasi perusahaan portofolio dan keluar status itu dengan jual ke konsumen vital.

Sampai dasawarsa paling akhir, kehadiran bank investasi belum juga bisa diterima di sejumlah negara, misalnya saja Amerika Serikat yang tidak mengizinkan bank investasi menjadi sisi dari bank komersial oleh karena aktivitasnya.

Walau begitu, bank investasi dipandang lebih baik bila diatur secara baik dan mempunyai resiko yang lebih besar dibanding utang tradisionil yang ditangani oleh bank komersial.

Posting Komentar untuk "Apakah itu Bank Investasi? Pengertian Bank Investasi"