Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Update.! Syarat Pinjaman UMKM BRI - Pinjaman hingga 50 jt

Bank BRI menawarkan berbagai pinjaman untuk program UMKM. Jenis pinjaman ini terbagi mulai dari Pinjaman Mikro, Retail Menengah dan juga Pinjaman Program. 

Syarat pinjaman UMKM BRI ini cukup mudah, berikut ulasannya.

syarat pinjaman umkm bri
syarat pinjaman umkm bri

Pinjaman Mikro

Pinjaman Mikro adalah jenis pinjaman dengan batas maksimal antara Rp 50 juta sampai dengan Rp 500 juta. 

Jenis pinjaman ini banyak macamnya diantaranya:

  1. KUR MIkro
  2. KUR Kecil
  3. KUR TKI Bank BRI. 

Beda jenis peminjaman, beda juga syarat untuk mengajukan pinjaman tersebut, lebih jeasnya seperti berikut:

Syarat Pinjaman KUR Mikro Bank BRI

Kredit ini diperuntukkan pada usaha kecil dan koperasi dengan batas maksimal pinjaman adalah Rp 50 juta. Ini diberikan pada individu yang menjalankan usaha produktif dan layak, serta sudah aktif minimal selama 6 bulan.

Peminjam disini tidak diperbolehkan mempunyai tanggungan kredit perbankan lainnya, misalnya Kartu Kredit atau KPR. Selain itu, peminjam perlu membawa Surat Izin Usaha, KTP, serta KK.

Syarat Pinjaman KUR Kecil Bank BRI

Pada pinjaman program ini batas maksimal pinjaman untuk debiturnya jauh lebih tinggi, yaitu Rp 500 juta. Program KUR Kecil Bank BRI sangat cocok untuk pelaku usaha yang membutuhkan modal besar untuk meningkatkan produksi usahanya.

Peminjam disini harus mempunyai usaha aktif dan produktif yang minimal telah beroperasi selama enam tahun dan tidak terlibat dalam kredit perbankan konsumtif lainnya. Peminjam juga harus mempunyai Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil atau IUMK maupun surat izin lainnya yang sederajat.

Sedangkan jumlah minimal pinjaman adalah Rp 50 juta dan batas maksimalnya Rp 500 juta. Sedangkan suku bunganya ada di angka 6%.

Syarat Pinjaman Kupedes

Kupedes adalah pinjaman yang disertai dengan program asuransi. Asuransi ini seperti asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Cicilan yang dibayarkan sesuai dengan kemampuan.

Syarat pinjaman UMKM BRI Kupedes ini adalah mempunyai usaha yang telah berjalan minimal 1 tahun. Selain itu, peminjam perlu membawa legalitas usaha atau surat keterangan minimal dari pasar, Kades atau Lurah dan membawa identitas diri bisa berupa KTP atau SIM.

Syarat Pinjaman KUR TKI Bank BRI

Pinjaman bank BRI tidak hanya untuk pelaku usaha, namun juga ada jenis pinjaman yang ditujukan pada TKI yang akan bekerja di luar negeri. Jumlah maksimum yang dipinjam adalah Rp 25 juta, atau sesuai dengan penetapan peraturan pemerintah.

Untuk suku bunganya 6% setiap tahunnya dan jangka pinjaman maksimal 3 tahun atau sesuai dengan kontrak kerja. Untuk syarat lainnya adalah Indetitas diri seperti KTP serta KK, surat perjanjian kerja dengan pengguna jasa dan surat perjanjian penempatan.

Peminjam juga perlu membawa Paspor serta Visa. Pinjaman ini hanya berlaku untuk TKI yang ditempatkan di Hong Kong, Brunei, Korea Selatan, Jepang, Singapura, dan Malaysia.

Pinjaman Program

Jenis pinjaman ini adalah pinjaman khusus yang ditujukan untuk pelaku usaha tertentu. Ada tiga jenis pinjaman program, yaitu:

  1. Kredit Pangan
  2. Resi Gudang
  3. Pinjaman Kemitraan

Berikut ini syarat pinjaman UMKM BRI untuk ketiga program tersebut:

Syarat Pinjaman Kredit Pangan

Disini, peminjam harus mempunyai usaha yang bergerak di bidang Sektor Ekonomi Produksi dan aktif berjalan selama minimal 1 tahun atau dua kali siklus tanam.

Selain itu, peminjam perlu melampirkan dokumen usaha seperti IUMK, TDP, SITU, Akta Pendirian Usaha, serta SIUP. Jangan lupa juga membawa KTP dan KK.

Syarat Pinjaman Resi Gudang

Syarat untuk mendapat pinjaman ini antara lain merupakan Anggota Petani atau Kelompok Tani dan punya kelompok aktif. Selain itu, perlu membawa dokumen legal dari pihak berwenang.

Syarat Pinjaman Kemitraan

Rincian persyaratannya adalah memiliki usaha produktif yang sudah berjalan minimal setahun dan menyertakan Surat Keterangan Usaha dari pasar, Lurah atau Kades. Selain itu, peminjam tidak sedang memperoleh pinjaman kemitraan lainnya dari BUMN.

Joko
Joko Suka nulis dan Suka kamu

Posting Komentar untuk "Update.! Syarat Pinjaman UMKM BRI - Pinjaman hingga 50 jt"